-->

32 Bahaya Sakarin, Siklamat, Dan Aspartam Bagi Tubuh Kita

Gaya hidup sehat harus dimulai dari kesadaran diri sendiri, termasuk memperhatikan setiap makanan atau minuman yang masuk ke dalam verbal kita. Produk minuman atau makanan yang rasanya enak dan manis, belum tentu menyehatkan tubuh kita. Salah satu perhiasan buatan yang sering ditambahkan ke dalam produk minuman yakni sakarin. Banyak orang bertanya, apa ancaman sakarin dan aspartam bagi kesehatan?

Sakarin ialah perhiasan buatan yang rasanya 200 sampai 700 kali lipat dari manisnya sukrosa (gula). Bahan ini sering digunakan oleh produsen makanan atau minuman, disebabkan harganya yang murah.

Sayangnya sakarin punya rasa yang getir, sehingga perhiasan buatan ini sering dicampur dengan siklamat. Rasa manis dari siklamat, 30 kali lipat daripada sukrosa. Awalnya, perhiasan ini digunakan untuk mengurangi rasa pahit dari obat-obatan antibiotik. Seiiring perkembangan zaman, zat ini dikomersilkan oleh produsen makanan dan minuman.

Selain dua materi tadi, perhiasan lain ibarat aspartam sering juga digunakan dalam pembuatan minuman ringan, gelatin, selai, permen, bumbu salad, dan lainnya.


32 Bahaya Sakarin, Siklamat, Dan Aspartam Bagi Tubuh Kita


FDA menunjukkan batasan konsumsi sakarin tiap harinya yakni 15 mg per kg berat badan. Tapi bila anda terus-menerus mengkonsumsi perhiasan ini, tentu saja racun menumpuk dalam tubuh anda. Nah, berikut ini dampak buruk yang dapat terjadi akhir sakarin dan aspartam:

1. Obesitas

Hasil studi oleh University of Minensota, menunjukkan bahwa sakarin yang dikonsumsi secara terus-menerus dapat berakibat naiknya berat tubuh secara signifikan. Masalah kegemukan sangat rentan dengan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

2. Risiko kanker kandung kemih

Penelitian oleh FDA di tahun 1958 menunjukkan risiko pertumbuhan kanker kandung kemih, akhir konsumsi sakarin yang dilakukan secara terus-menerus.

Meskipun kini sakarin dapat dibuat dengan mencampur asam anthraniliac dengan klor, ammonia, asam nitrat, dan belerang dioksida, tetap saja risiko kanker masih tinggi.

3. Menghambat perkembangan otot pada bayi

Beberapa produk makanan yang dikhususkan untuk bayi, terkadang menambahkan sakarin ke dalam formula. Jika dikonsumsi oleh bayi dalam jumlah kecil sih tidak masalah. Tapi formula ini sangat berbahaya bila dikonsumsi secara terus-menerus dalam jumlah besar.

Dampak buruk yang sering terjadi yakni disfungsi otot, sehingga pertumbuhan otot bayi dan fungsinya tidak berlangsung dengan semestinya. Risiko paling parah yakni iritabilitas pada otot bayi, dimana otot bayi kehilangan kepekaan.

4. Alergi

Sakarin pada umumnya mengandung sulfonamide, senyawa sulfat yang dapat menyebabkan alergi pada sebagian orang. Gejala yang timbul ibarat pusing, sulit bernafas, gangguan kulit, dan diare.

5. Risiko diabetes

Sakarin yang dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu naiknya kadar gula darah, terlebih bagi ibu hamil dan anak-anak. Kadar gula yang melonjak secara drastis menyebabkan produksi insulin meningkat.

Jika kadar insulin tidak memadai, dapat berakibat gangguan metabolisme. Pada jangka panjang kondisi medis ini dapat memicu risiko diabetes gestasional, tekanan darah tinggi, dan kebutaan.


Bahaya Aspartam Bagi Tubuh Kita


Aspartame merupakan perhiasan buatan yang banyak ditemukan dalam permen karet bebas gula, minuman ringan, dan sejumlah multivitamin.


Bahaya aspartame bagi kesehatan sangat nyata. Konsumsi aspartame secara berlebih dapat mengganggu sistem antibodi. Dampak buruk dari konsumsi aspartame yang sering terjadi seperti:

6. Mual.
7. Sulit bernafas.
8. Pegal-pegal.
9. Gangguan pendengaran.
10. Gangguan penglihatan.
11. Gangguan jantung.
12. Obesitas.
13. Insomnia.
14. Sulit bicara.
15. Kelelahan.
16. Sulit menelan makanan.
17. Gangguan indera perasa.
18. Diare.
19. Bintik-bintik pada kulit.

Mengkonsumsi aspartame dalam jangka panjang juga dapat memicu:

20. Depresi
21. Phobia
22. Perubahan tingkah laku
23. Gelisah
24. Lemahnya daya ingat (pikun).
25. Tumor otak
26. Epilepsi
27. Multiple sklerosis
28. Alzheimer
29. Penyakit lupus
30. Parkinson
31. Limfoma
32. Cacat mental.


Bahaya Siklamat Bagi Kesehatan


Sedangkan siklamat dapat menjadikan gangguan kesehatan seperti:

33. Migrain
34. Tremor
35. Bingung
36. Asma
37. Kebotakan
38. Kanker otak.

Meskipun rasanya lembut di lidah, tapi zat ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.


Tips sehat bagi penyuka makanan manis


  • Bikin pudding sendiri di rumah. Gunakan materi ibarat pisang, pier, atau buah apel.
  • Campuran yogurt dengan susu atau buah, dapat menjadi makanan sehat yang aman untuk dikonsumsi setiap hari.
  • Buatlah sereal yang menyehatkan tubuh, dengan menambahkan susu dan buah.
  • Bagi pecinta jus buah, cobalah buat smoothie dari buah-buahan dan sayuran. Anda dapat memilih apel, pisang, bayam, brokoli, atau sayur kale.
  • Sediakan selalu buah anggur di atas meja makan anda. Buah ini dapat menjadi cemilan sehat yang kaya akan vitamin, zat besi, kalsium, dan magnesium.
Nah, itulah 38 ancaman sakarin dan aspartame bagi kesehatan tubuh. Jauhi semua produk makanan atau minuman yang mengandung materi tersebut. Artikel ini hanyalah saran bagi anda yang ingin tetap sehat dan bugar, tentunya. Harusnya anda tahu: Waspadai Bahaya Gluten Bagi Kesehatan Tubuh!

Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "32 Bahaya Sakarin, Siklamat, Dan Aspartam Bagi Tubuh Kita"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel