-->

12 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Juga Kecantikan

Manfaat temulawak untuk kesehatan dan kecantikan terkait dekat dengan aneka macam nutrisi di dalamnya. Temulawak mengandung sejumlah senyawa aktif yang efektif dalam mengobati penyakit ringan sampai berat. Rempah ini memiliki warna kuning oranye yang lebih cerah dari kunyit. Bedanya, ukuran kunyit lebih kecil dan memiliki tekstur yang lebih lembut.

12 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Juga Kecantikan
Fakta Nutrisi di dalam Temulawak

Tanaman obat ini mengandung nutrisi non gizi menyerupai kurkumin, minyak atsiri, zat xanthorizol, borneol, trisiklin, germaken, sineal, allo aromadendren, turmerol, phelandren, fellandren, kamfer, glikosida, serat, dll.

Sekitar setengah episode temulawak terdiri dari zat tepung (pati). Minyak atsiri di dalamnya memiliki sifat anti-inflamasi, juga efektif untuk menunda penuaan, mengobati jerawat, dan menghilangkan flek hitam di wajah.


12 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Juga Kecantikan

Bukan hanya terkenal sebagai jamu tradisional ataupun minuman segar. Lebih dari itu, temulawak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan menyerupai berikut ini:

1. Mencegah Radang Sendi

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kurkumin dalam temulawak memiliki efektifitas yang setara dengan 100mg fenilbutazon, yang bisa meredakan nyeri sendi dan peradangan.



Masyarakat India telah menggunakan temulawak sebagai obat arthritis. Fenilbutazon ialah obat keras yang dapat menimbulkan efek samping menyerupai risiko anemia aplastik dan menurunkan produksi sel darah putih. Bahkan penggunaan obat kimia ini pada jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Berbeda dengan kurkumin yang aman bagi tubuh.

2. Melawan Kanker

Temulawak mengandung curcumin yang berguna untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker prostat. University of maryland medical center mengambarkan bahwa seluruh pertumbuhan pembuluh darah penyebab kanker dapat dihentikan oleh curcumin.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Hasil penelitian oleh journal clinical gastroenterology and hepatology pada tahun 2006, menyampaikan bahwa pasien yang mengkonsumsi ramuan temulawak selama 6 bulan punya daya tahan yang lebih baik daripada pasien yang tidak melakukannya.

4. Mengurangi kadar lemak dalam darah

Kurkuminoid yang hadir dalam ekstrak temulawak punya kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol dan lemak di dalam darah. Sehingga mencegah serangan jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya.

5. Menyehatkan Hati

Salah satu nutrisi dalam temulawak ialah katagoga, zat yang berperan dalam produksi empedu pada hati dan mengosongkan kantung empedu. Hal ini berarti menjaga fungsi hati dari aneka macam potensi kerusakan.


Manfaat temulawak untuk kecantikan kulit

6. Mengobati Jerawat

Untuk menghilangkan jerawat bandel, minum air rebusan dari temulawak secara teratur. Sedangkan pengobatan dari dalam dengan cara menerapkan parutan temulawak sebagai masker wajah. Cara ini juga bekerja untuk mencerahkan kulit secara alami.

7. Menghaluskan kulit

Cukup dengan menggunakan temulawak sebagai scrub bagi wajah. Lakukan dengan rutin setiap malam hari. Cara alami ini juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka dan noda hitam, serta berguna untuk mengencangkan kulit dan mencegah kanker kulit.


Manfaat Temulawak sebagai Obat tradisional

8. Mengobati Bisul

Untuk menyembuhkan bisul, gunakan obat alami ini. Rebus rimpang temulawak yang telah dikupas, bersama 2 gelas air dan tambahkan sedikit gula aren. Biarkan airnya menyusut segelas, tambahkan sepotong asam Jawa. Setelah airnya dingin, minum ramuan ini dengan segera. Baca: 10 Cara Alami Mengobati Bisul Dengan Cepat.

9. Mengobati penyakit ginjal kronis

Sediakan temulawak, segenggam daun kumis kucing dan meniran. Rebus semua materi ke dalam panci berisi 4 gelas air, sampai airnya tinggal 2 gelas saja. Minum 3 kali dalam sehari.

10. Mengobati Hepatitis

Untuk mengobati penyakit liver secara alami, dapat menggunakan herbal temulawak. Kupas temulawak seukuran 2 jari, kemudian rebus ke dalam ½ liter air setelah diiris-iris. Tambahkan gula merah, dan biarkan sampai airnya tersisa segelas saja. Minum airnya di waktu pagi dan malam hari.

11. Meredakan Asma

Rebus setengah rimpang temulawak bersama 5 gelas air, tambahkan gula merah secukupnya. Biarkan airnya tinggal 2,5 gelas saja. Minum obat asma ini, 3 kali dalam sehari.

12. Melancarkan ASI

Sediakan 20gr temulawak, parut dan peras untuk mengambil airnya. Rebus sampai airnya mendidih selama beberapa menit. Tambahkan 2 sdm madu murni, saat air menjadi dingin. Minum setiap pagi dan sore hari.

Efek Samping Temulawak

Mengkonsumsi temulawak dengan rutin dalam jangka panjang dan jumlah besar, dapat menimbulkan iritasi pada lambung dan rasa mual.

Bagi ibu hamil atau menyusui sebaiknya konsultasi dengan dokter sebelum menggunakan rempah ini sebagai obat, untuk menjaga kesehatan janin di dalam perut.

Itulah manfaat temulawak untuk mengobati penyakit ringan sampai berat. Tanaman ini mudah ditemukan di pasar tradisional. Anda juga dapat menanamnya sendiri di pekarangan rumah atau kebun.

foto via authoritynutrition.com


Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "12 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Juga Kecantikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel