-->

17 Makanan Dan Minuman Yang Dapat Merusak Gigi

Banyak orang bertanya, apa penyebab gigi kuning dan faktor apa saja yang dapat merusak gigi? Gigi merupakan alat pengunyah makanan, dimana semua asupan yang kita konsumsi selalu dicerna olehnya sebelum masuk ke dalam perut. Bayangkan jikalau seseorang tidak memiliki gigi atau ompong, tentu saja ia tidak dapat mengunyah makanan dengan baik.

17 Makanan Dan Minuman Yang Dapat Merusak Gigi
Disebabkan pentingnya menjaga kesehatan gigi, ada beberapa faktor penyebab kerusakan gigi. Selain malas menyikat gigi, sejumlah makanan dan minuman tertentu ternyata menjadi penyebab rusaknya enamel gigi.

Kebanyakan orang kurang peduli dampak buruk yang timbul, sebagai akhir kesukaan mereka terhadap makanan atau minuman tertentu.

Tanpa mereka sadari, basil dapat bersarang di sela-sela gigi kemudian menumpuk dan menimbulkan plak. Keadaan ini dapat menjadikan gusi bengkak ataupun gigi berlubang.


17 Makanan Dan Minuman Yang Dapat Merusak Gigi


Berkumur dan menggosok gigi secara rutin, merupakan langkah sempurna untuk membuat gigi tetap sehat dan kuat. Zat tertentu dalam beberapa jenis minuman dan makanan juga dapat merusak alat pengunyah makanan ini. Di bawah ini yaitu makanan dan minuman yang bisa memicu kerusakan pada gigi:

1. Minuman bersoda

Setelah menyantap sate kambing atau krengsengan, sangat cocok ditutup dengan minuman soda. Tapi soda sangat buruk untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk gigi. Kadar asam yang sangat tinggi di dalamnya bisa merusak enamel gigi.

2. Buah-buahan yang masam

Buah-buahan yang rasanya sangat asam dapat merusak email gigi, sehingga anda akan mencicipi ngilu dikala mengkonsumsinya. Pilih buah matang untuk dikonsumsi, sehingga kebutuhan nutrisi harian dapat tercukupi dan tidak merugikan kesehatan gigi anda.

3. Air kemasan

Untuk meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh, air mineral memang cukup efektif. Tapi menurut Brett Silverman - dokter gigi di Georgia, air kemasan mineral biasanya melalui proses pemurnian yang membuatnya makin asam dan dapat menyebabkan kerusakan gigi.

4. Kopi dan teh

Minum kopi secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan gigi. Selain dapat membuat gigi berwarna kuning, minuman berkafein ini juga mengandung banyak asam. Demikian setelah minum teh yang kental, sebaiknya menyikat gigi anda hingga bersih.

5. Sirup obat batuk

Efek minum sirup obat batuk terhadap gigi, tidak jauh beda dibandingkan makan permen. Pastikan anak anda menyikat giginya, setelah minum obat batuk berbentuk sirup.

6. Makanan yang mengandung cuka

Sering makan soto atau pempek tidaklah menguntungkan bagi kesehatan gigi. Pasalnya, cuka yang ditambahkan pada makanan ini. Cuka memiliki kadar asam yang sangat tinggi, yang dapat mengikis lapisan gigi.

7. Daging

Dapat dimaklumi bahwa daging menjadi penyebab kerusakan gigi, disebabkan serat atau cuilan daging yang tertinggal di antara gigi anda. Untuk mengatasinya, flossing cukup efektif untuk mengeluarkan sisa daging tersebut.

8. Selai kacang

Sisa-sisa selai kacang yang melekat di sela gigi dapat menjadi makanan bakteri. Gosok gigi anda hingga bersih, setelah mengkonsumsi makanan ini.

9. Acar dan asinan

Untuk melenyapkan rasa kantuk, mungkin asinan merupakan pilihan yang tepat. Tapi makanan ini tidak baik untuk dikonsumsi terlalu sering, karena kandungan asam di dalamnya buruk untuk gigi anda.

10. Saus tomat

Keasaman saus tomat cukup bisa untuk menggerus lapisan gigi anda. Berkumurlah setelah anda makan saus tomat.

11. Yogurt

Produk susu ini menyediakan nutrisi yang baik untuk badan anda. Tapi makan yogurt secara berlebihan tidaklah baik, terutama bagi kesehatan gigi anda.

12. Jagung rebus dan popcorn

Cemilan satu ini cocok untuk mengisi waktu kalem anda. Popcorn dengan pemanis caramel, cokelat, susu, dan gula dapat mengikis email gigi. Sedangkan jagung rebus atau jagung bakar dapat dikonsumsi dengan aman, jikalau anda menyikat gigi hingga bersih setelahnya.

13. Permen

Bukan hanya bawah umur saja yang menyukai permen. Orang pandai balig cukup akal pun suka makanan manis ini, begitu juga dengan bakteri. Bakteri sangat menyukai sisa makanan manis yang melekat di gigi anda.

14. Roti dan kue

Biskuit dan kudapan manis lainnya yang lengket tidak baik untuk dikonsumsi secara terus-menerus. Pasalnya, jenis makanan ini dapat meninggalkan sisa yang melekat di sela-sela gigi. Dampak buruk yang mungkin timbul yaitu plak dan karang gigi. Pelajari: 10 Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa Ngilu

15. Minuman isotonik

Minuman berenergi sangat cocok diminum dikala dahaga dan lelah. Tapi minuman ini mengandung gula yang sangat tinggi, yang tidak baik untuk kesehatan gigi.

16. Es batu

Siapa sih yang tidak suka minum es? Sayangnya, minuman cuek dapat menjadi penyebab gigi menjadi sensitif.

17. Keripik

Setelah makan keripik, anda sebaiknya menyikat gigi hingga bersih. Sisa-sisa keripik dapat tertinggal di sela gigi, yang pada karenanya dapat memicu terbentuknya karang gigi.

Nah, itulah 17 daftar makanan dan minuman yang dapat menyebabkan kerusakan gigi. Kesehatan gigi sangat penting untuk dijaga. Anda dapat tersenyum manis, jikalau gigi anda sehat, putih, kuat, dan cemerlang. Menarik untuk disimak: Arti 7 Warna Lidah Bagi Kesehatan Anda

Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "17 Makanan Dan Minuman Yang Dapat Merusak Gigi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel