-->

10 Cara Mencegah Batu Ginjal Dengan Mudah

Batu ginjal yaitu kristal padat yang timbul akhir endapan zat-zat sisa hasil sekresi tubuh. Batu ginjal umumnya disebabkan oleh kadar kalsium dalam tubuh yang berlebih. Awalnya endapan berukuran kecil, namun dapat tumbuh semakin besar. Gangguan kesehatan ini menyebabkan nyeri hebat, abses yang menimbulkan urin bercampur darah, dan menyumbat pemikiran kemih.

10 Cara Mencegah Batu Ginjal
Sistem sekresi ginjal bekerja untuk menyaring darah, sehingga kadar mineral dalam tubuh menjadi seimbang. Vitamin atau mineral yang berlebih dalam tubuh akan dibuang oleh ginjal.

Tetapi, bila hal ini berlangsung secara terus-menerus maka berakibat penurunan fungsi ginjal. Misalnya kalsium yang berlebih dalam tubuh dan terjadi secara berulang-ulang, maka akan mengendap dan membentuk kristal padat yang disebut kerikil ginjal.

Penyebab lain kerikil ginjal yaitu kadar sitrat yang terlalu rendah, dimana zat ini berperan untuk menghambat pembentukan kerikil kalsium. Batu ginjal juga terbentuk akhir kadar oksalat yang terlalu tinggi. Faktor penyebab lainnya termasuk kekurangan asupan air putih.

Gejala kerikil ginjal

Gejala yang timbul sangat dipengaruhi oleh ukuran kristal atau batu. Gejala umum yang sering tejadi menyerupai nyeri punggung atau nyeri kolik yang luar biasa, demam dan menggigil, dan urin bercampur dengan darah. Sebagian kasus tidak menyampaikan gejala apapun.

Gangguan berkemih tidak selalu menjadi tanda adanya kerikil ginjal, karena penyempitan jalan masuk kemih atau pembesaran prostat juga dapat menimbulkan gejala ini. Untuk mengetahui secara pasti, harus dilakukan tes urinalis dan rontgen.


10 Cara Mencegah Batu Ginjal Dengan Mudah


Upaya untuk mencegah pembentukan kerikil ginjal harus dilakukan, terutama bagi seseorang yang memiliki risiko tinggi mengalami kerikil ginjal. Batu ginjal yang dibiarkan dapat menyebabkan abses jalan masuk kemih. Berikut ini yaitu beberapa cara untuk mencegah kerikil ginjal:

1. Perbanyak konsumsi serat

Makanan berserat yang mengandung fitat dapat membantu mencegah timbulnya kerikil ginjal. Senyawa ini bisa mencegah penimbunan kalsium yang akan membentuk kristal.

2. Kurangi asupan protein hewani



Daging merah merupakan makanan yang kaya protein, menyerupai halnya kerang. Protein hewani ini, bila dikonsumsi secara berlebihan dan terus-menerus dapat berisiko menimbulkan kerikil ginjal.

3. Hindari minuman bersoda

Penelitian mengungkapkan bahwa minuman yang mengandung soda, dapat menyebabkan kerikil ginjal.

4. Perbanyak minum air putih

Kebutuhan cairan pada setiap orang memang tidak sama. Namun, penelitian mengungkap bahwa minum air dengan cukup akan menurunkan risiko kerikil ginjal. Konsumsi air yang disarankan oleh The Institute of Medicine bagi pria yaitu sekitar 3 liter, dan 2,2 liter untuk wanita. Jika anda berolahraga, tentu kebutuhan ini makin besar.

5. Perbanyak asupan asam sitrat

Jus limau dan jeruk nipis kaya akan asam sitrat, yang bertindak sebagai penghambat kristal kerikil ginjal.

6. Kurangi komplemen kalsium

Makanan alami yang mengandung kalsium, tidak berisiko menimbulkan kerikil ginjal. Berbeda dengan komplemen kalsium, yang rentan dengan risiko pengembangan kerikil ginjal. Baca juga perihal Penyakit akibat kekurangan Kalsium.

7. Kurangi asupan oksalat

Jika anda punya riwayat kerikil kalsium, sebaiknya jauhi makanan yang banyak mengandung oksalat untuk mencegah terbentuknya kerikil ginjal. Asupan oksalat sebaiknya tidak melebihi 50mg per hari. Makanan yang mengandung oksalat dalam jumlah tinggi (di atas 10mg per porsi) menyerupai gandum, kacang-kacangan, buah anggur, bit, jeruk, kentang, daun bawang, okra, kentang, paprika, bayam, zucchini, wortel, terong, seledri, kangkung, dan buah zaitun.

8. Perbanyak asupan kalium dan magnesium

Kedua jenis mineral ini bisa mengurangi risiko terbentuknya kerikil ginjal.

9. Kontrol berat tubuh Anda

Kegemukan rentan dengan risiko mengalami penyakit kerikil ginjal. Kurangi berat tubuh anda, dengan menjalani kegiatan diet yang sehat.

10. Kurangi asupan natrium

Konsumsi garam secara berlebihan dapat berakibat kerikil ginjal, karena kadar kalsium dalam urin akan naik. Hindari makanan kemasan yang banyak mengandung natrium dan sodium.

Itulah 10 cara mencegah pembentukan kerikil ginjal. Batu ginjal sering dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat dan contoh makan yang buruk, selain faktor kelainan genetik. Jadi, mulai olahraga dengan teratur dan cobalah mengikuti kegiatan diet yang sehat.
Simak juga perihal Cara Cuci Ginjal Secara Alami Dan Murah.

Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "10 Cara Mencegah Batu Ginjal Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel