-->

11 Tips Tetap Bugar Tidak Lemas Saat Puasa Ramadhan

Hai, sahabat tips sehat. Gimana kabar kalian hari ini? Apakah tetap sehat di hari ke sekian di bulan Ramadhan? Tubuh kita seharusnya tetap sehat dan bugar meskipun sedang berpuasa. Sayangnya banyak orang merasa tidak berenergi ketika menjalani puasa. Tubuh terasa lemas lunglai, seolah otot dan tulang kehilangan kekuatannya.

11 Tips Tetap Bugar Tidak Lemas Saat Puasa Ramadhan
Sebagian orang mencicipi pusing dan pandangan kabur ketika menjalani puasa di siang yang panas. Sebagian lagi justru mengalami penambahan berat tubuh secara drastis, alasannya yaitu mereka makan berlebihan ketika berbuka puasa dan sahur.

Jadi, bagaimana puasa yang benar dan menyehatkan tubuh?

Puasa bukanlah sekedar mengubah jam makan saja. Jika anda menjalani puasa menyerupai itu, maka anda tidak akan menerima manfaat kesehatan dari puasa. Padahal, jikalau anda melaksanakan diet sehat ini dengan benar tentunya banyak manfaat akan anda peroleh.


11 Tips Tetap Bugar Tidak Lemas Saat Puasa Ramadhan


Supaya tubuh tetap bugar ketika menjalani puasa sebulan penuh, ikuti tips di bawah ini:

1. Makan sekali saja ketika berbuka puasa

Jika anda makan terlalu banyak ketika berbuka puasa ditambah lagi makan di tengah malam, maka sewaktu sahur anda akan kehilangan nafsu makan. Efeknya, tubuh akan merasa lemas sepanjang hari.

2. Hindari makanan yang terlalu lembek



Salah satu penyebab tubuh lemas ketika berpuasa yaitu makanan yang dikonsumsi terlalu lunak. Menu sahur dengan makanan lunak hanya akan membuat tubuh kurang energi di siang harinya.

3. Jangan kurangi kegiatan harian

Usahakan tetap menjalani rutinitas harian, tanpa bermalas-malasan. Dengan begitu, setelah bulan pahala berlalu maka tubuh anda lebih sehat dari sebelumnya. Aktivitas yang kurang di siang hari menjadikan berat tubuh melonjak, alasannya yaitu lemak yang tersimpan dalam tubuh tidak dapat dibakar secara maksimal.

4. Pilih makanan dengan indeks glikemik rendah ketika sahur

Makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi menyerupai mie instan, hanya akan membuat tubuh cepat lapar. Lebih lengkap: 13 Makanan yang harus dihindari ketika diet

5. Cukupi kebutuhan serat harian anda

Jangan hanya menyantap makanan yang mengandung karbohidrat saja, ketika sahur. Tambahkan juga buah dan sayur yang kaya akan serat. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga dapat menjadi sumber serat yang baik. Asupan serat yang memadai akan membuat perut kenyang lebih lama, sehingga tubuh berenergi sepanjang hari.

6. Minum jus buah

Pilih jus buah yang kaya akan vitamin C untuk diminum ketika sahur. Vitamin ini sangat efektif untuk menjaga energi tubuh, sehingga anda tetap terlihat bugar selama berpuasa.

7. Penuhi kebutuhan protein

Kekurangan protein akan menjadikan tubuh merasa lemas dan tidak berenergi. Perbanyak asupan protein ketika makan sahur. Sumber protein dapat diperoleh dari telur dan ikan. Tempe dan tahu juga mengandung protein yang cocok dikonsumsi bagi vegetarian.

8. Lakukan olahraga ringan

Olahraga memiliki kegunaan untuk menjaga kinerja otot sehingga tidak menjadi kendur. Dengan olahraga ringan ketika puasa, tubuh anda tetap bugar dan tidak kehilangan energi.

9. Sertakan juga lemak baik dalam menu sahur

Lemak baik atau disebut juga HDL diharapkan oleh tubuh untuk perembesan gizi dari makanan. Sumber lemak baik dapat anda peroleh dari buah alpukat, kacang-kacangan, ikan, dan minyak kelapa murni. Lemak baik juga akan diubah menjadi energi bagi tubuh.

10. Cukupi kebutuhan cairan

Perbanyak minum air putih ketika berbuka puasa dan sahur. Selain untuk menjaga hidrasi tubuh, asupan air yang cukup akan menjaga energi tubuh selama puasa.

11. Kurangi asupan garam

Makanan asin akan membuat anda merasa cepat haus dan lapar. Bukan hanya itu, dengan mengkonsumsi garam secara berlebihan dapat menjadikan dehidrasi. Dampak yang paling aktual yaitu tubuh merasa lemas dan tidak berenergi.

Nah, itulah 11 tips tetap bugar dan tidak lemas ketika berpuasa sebulan penuh. Jangan tinggalkan tarawih selama anda bisa, alasannya yaitu banyak manfaat kesehatan yang juga anda dapatkan darinya. Semoga anda lulus dalam menjalani diet sehat ini.


Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "11 Tips Tetap Bugar Tidak Lemas Saat Puasa Ramadhan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel