-->

11 Manfaat Daun Miana Untuk Kesehatan Tubuh

Miana merupakan nama lain dari tanaman iler yang sarat dengan manfaat kesehatan, disebabkan adanya minyak atsiri dan antioksidan di dalamnya. Kecantikan warnanya membuat tumbuhan ini sering digunakan sebagai bunga hias. Daun miana termasuk tanaman obat yang bisa mengatasi banyak sekali jenis penyakit ringan menyerupai bisul, hingga penyakit berat menyerupai diabetes dan wasir.

Daun Miana
Habitat daun iler yaitu pematang sawah atau sepanjang pinggir sungai. Nama ilmiah untuk tanaman miana yaitu Coleus scutellarioides atau Coleus atropurpureus, tergolong ke dalam keluarga Labiatae.

Ciri-ciri daun miana

Tanaman miana atau iler biasanya tumbuh subur di dataran tinggi, sekitar 1500 meter di atas permukaan laut. Bentuk daunnya menyerupai hati dengan lekuk-lekuk cantik di pinggirnya. Daun iler berwarna cerah dan warna memiliki variasi sesuai varietasnya. Bunga iler menyembul dari ujung tangkai batangnya.

Tinggi dari pohon iler dapat mencapai 30-150 cm, dengan batang tanaman yang mudah patah. Tumbuhan ini merayap dengan batang yang memiliki penampung berbentuk persegi.

Nutrisi dalam daun iler / miana

Sujumlah zat kimia yang terdapat di dalam daun iler menyerupai tannin, pectic substances, fitosterol, dan kalsium oksalat. Daun iler juga dilengkapi dengan minyak atsiri menyerupai eugenol yang bersifat anti-nyeri, karvakrol yang memiliki sifat antibiotik, dan etil salisilat yang bersifat anti-iritasi. Daun miana juga mengandung lemak dan lendir.


11 Manfaat Daun Miana Untuk Kesehatan Tubuh


Bukan sekedar tumbuhan hias, tapi bunga miana memang layak dimasukkan ke dalam jenis tanaman obat yang bisa mengobati banyak sekali gangguan kesehatan. Berikut ini yaitu manfaat daun miana untuk kesehatan dan cara membuat ramuan dengannya:

1. Mengobati diabetes melitus

Untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes, gunakan daun iler. Caranya, cabut tanaman iler kemudian basuh dengan air mengalir. Rebus daun, batang, dan bunga miana bersama seliter air hingga mendidih selama beberapa saat. Minum ramuan ini di pagi dan sore hari, masing-masing ½ gelas.


11 Manfaat Daun Miana Untuk Kesehatan Tubuh
2. Mengobati ambeien

Kurang asupan serat dapat menimbulkan gangguan pencernaan yang pada hasilnya berisiko terkena ambeien atau wasir. Untuk mengatasi wasir secara alami, ada dua ramuan tradisional yang dapat dibuat.

Cara pertama, siapkan 3 rimpang kunyit, 5 lembar daun ngokilo, dan 15 lembar daun iler. Rebus tiga materi ini bersama 5 gelas air hingga airnya berkurang segelas. Minum dengan rutin tiap hari sebanyak segelas.

Cara kedua, sediakan 7 lembar daun wungu, 17 lembar daun iler, dan ½ cangkir daun pegagan. Cuci semua materi kemudian tumbuk hingga lumat. Tambahkan ½ gelas air, aduk hingga merata. Saring dan minum airnya setiap hari.

3. Mengobati demam dan panas



Jangan panik dan cemas, ketika anak anda terserang demam. Obati dengan ramuan alami. Ambil batang dan daun iler secukupnya, rebus dengan 3 gelas air hingga susut segelas. Minum di pagi dan malam hari dengan takaran ½ gelas.

4. Mengatasi bisul

Rasa sakit jawaban abuh muncul di kulit tentu sangat menyiksa. Atasi bisul dengan cara mudah. Basahi daun miana dengan minyak kelapa, panaskan dengan api kecil hingga layu. Kompres pada abuh untuk membuatnya cepat matang.

5. Sebagai pereda mulas dan sakit perut

Rasa mulas tentu mengganggu rutinitas harian, atasi dengan ramuan herbal. Caranya, rebus akar miana bersama 2 gelas air hingga susut segelas. Saat airnya masih hangat, minum dengan segera.

6. Mengobati menstruasi tidak teratur

Banyak wanita mengalami siklus menstruasi tidak teratur, terkadang lebih cepat atau lebih lambat. Untuk mengobati gangguan kesehatan ini, gunakan daun miana. Minum air rebusan dari daun miana, beberapa hari sebelum masa haid yang biasa anda alami.

7. Mengatasi sembelit

Pola makan tidak sehat dapat berdampak buruk bagi pencernaan, salah satunya yaitu sembelit (konstipasi). Untuk mengatasinya, siapkan 10 lembar daun miana. Rebus dengan dua gelas air hingga menyusut setengahnya. Minum airnya dengan rutin di pagi hari.

8. Sebagai obat batuk dan flu

Daya tahan badan yang rendah akan rentan dengan serangan penyakit, menyerupai flu dan batuk. Apalagi cuaca berubah-ubah di demam isu penghujan. Di balik rasanya yang pahit, daun miana efektif untuk meredakan batuk yang diderita oleh seseorang selama beberapa hari.

Daun miana bisa mengencerkan dahak di tenggorokan dan paru-paru. Sehingga dapat meredakan influenza dan radang tenggorokan. Caranya, tumbuk daun iler dan peras untuk menerima sarinya. Tambahkan 1 sdm madu dan kuning telur, aduk merata. Minum airnya dengan rutin selama 5 hari.

9. Mengatasi mata merah jawaban iritasi

Untuk mengobati iritasi pada mata, siapkan 5 lembar daun miana. Untuk pengobatan dari dalam, rebus bersama segelas air hingga tersisa 2,5 gelas. Minum airnya dengan teratur. Untuk obat luar, remas daunnya kemudian teteskan airnya pada mata yang sakit.

10. Mengobati luka borok

Untuk menyembuhkan luka yang tidak sembuh dalam waktu lama, gunakan materi alami. Remas atau tumbuk daun iler hingga lumat, terapkan pada luka yang timbul borok. Ganti ramuan ini 3 kali dalam sehari.

11. Mengatasi haid yang tidak lancar

Sediakan kunyit dan 3 lembar daun iler, basuh dan tumbuk kedua bahan, Tambahkan sedikit garam dan 3 sdm air bersih, peras dan campur dengan air jeruk nipis. Minum airnya hingga habis. Simak juga: 7 cara mengatasi nyeri haid secara tradisional!

Nah, itulah 11 manfaat daun iler untuk pengobatan. Kini, anda dapat menambah koleksi tanaman hias yang kaya akan manfaat kesehatan. Selain menambah keindahan pemandangan, banyak keuntungan kesehatan dapat diperoleh dengan mudah.


Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "11 Manfaat Daun Miana Untuk Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel