-->

11 Manfaat Tidur Dengan Posisi Miring Ke Kanan

Setiap orang tentu punya kebiasaan tidur dengan posisi tertentu, ada yang miring ke kanan, kiri, atau terlentang. Meskipun sepanjang malam posisi tidur mungkin berubah-ubah, tapi kecenderungan pada posisi tertentu sulit untuk diubah.

11 Manfaat Tidur Dengan Posisi Miring Ke Kanan
Posisi tidur punya efek yang signifikan terhadap kesehatan. Posisi tidur yang disarankan oleh para andal kesehatan ialah miring ke kanan.

Tidur menghadap ke samping sangat direkomendasikan dokter, terkait adanya gaya gravitasi yang memengaruhi organ badan bab dalam.


11 Manfaat Tidur Dengan Posisi Miring Ke Kanan


Mungkin sebagian orang berkata, "Itu kan soal selera aja, mau tidur menghadap ke mana saja tidak masalah.. sama aja kok". Silahkan dengan opini anda. Berikut ini ialah manfaat kesehatan yang diperoleh dengan tidur miring ke kanan:

1. Membuat badan lebih bugar

Hampir semua organ badan menerima waktu cukup untuk istirahat, kalau anda tidur miring ke kanan. Anda dapat mencicipi badan terasa lebih bugar dan segar ketika terbangun di pagi hari.

2. Otak kiri punya waktu untuk beristirahat


Aktivitas seharian membuat otak kiri terlalu penat, alasannya sentra saraf ini paling sering digunakan. Dengan merebahkan badan anda miring ke kanan ketika tidur, akan menunjukkan kesempatan bagi otak kiri untuk istirahat sejenak.

Kondisi ini sangat bermanfaat untuk mencegah pengecilan pembuluh darah, pengendapan lemak, bekuan darah, dan asam sisa oksidasi.

3. Mengurangi ketegangan pada otot punggung

Supaya otot punggung tidak tegang, tidurlah dengan posisi miring ke kanan sambil menekuk lutut anda.

4. Meminimalkan beban jantung

Meletakkan badan anda pada posisi miring ke kanan ketika tidur, akan berdampak lancarnya distribusi darah ke seluruh tubuh. Darah yang mengalir ke jantung dan keluar darinya menjadi lebih lambat, yang berakibat denyut jantung menurun. Demikian pula tekanan darah akan turun akhir situasi ini. Posisi tidur ini membuat jantung tidak terbebani oleh badan anda.

5. Memudahkan untuk bernafas

Tidur miring ke kiri atau ke kanan dapat mencegah turunnya pangkal pengecap kea rah tenggorokan. Hal ini menguntungkan pernafasan, berbeda dengan tidur telentang yang dapat mengakibatkan pangkal pengecap menghalangi tenggorokan yang pada akibatnya dapat memicu ngorok. Bukan hanya itu, dampak buruknya termasuk kekurangan oksigen sehingga berakibat henti nafas sekian kali dalam semalam. Pelajari: 8 Cara Cepat Menghentikan Ngorok Secara Tradisional

6. Meringankan kerja lambung   

Tidur menghadap ke kiri dapat mengganggu proses pencernaan makanan yang bercampur asam lambung. Keadaan ini akan menyulitkan proses pengosongan lambung. Dampak yang mungkin terjadi ialah naiknya asam lambung, serta erosi pada dinding lambung.

7. Mengurangi beban paru-paru

Paru-paru kanan mempunyai ukuran lebih besar daripada sebelah kiri. Tidur menghadap ke kanan membuat posisi jantung agak ke kanan, sehingga menekan paru-paru. Bagaimana sekiranya paru-paru yang ditekan ialah bab kiri, yang lebih kecil?

8. Mengurangi risiko kerikil empedu

Posisi tidur miring ke kanan membuat fatwa chiem menjadi lancar, yang pada akibatnya meningkatkan getah pankreas. Situasi ini sangat menguntungkan badan kita, alasannya akan mencegah terbentuknya kerikil kantung empedu.

9. Mengatasi pegal-pegal

Rutinitas sehari-hari lebih banyak menggunakan kaki kanan, sedangkan kaki kiri bertugas untuk menyeimbangkan tubuh. Sebagai rujukan beban, tentu saja kaki kiri mengalami tekanan lebih berpengaruh sehingga mudah pegal.

Tidur miring ke kanan bermanfaat untuk mengosongkan vena kaki kiri, sehingga menghilangkan pegal dan linu.

10. Mencegah sembelit

Tidur miring ke kanan berkhasiat untuk mencegah dan meringankan sembelit. Pasalnya, usus besar sigmoid lebih cepat terisi. Ketika isinya penuh, maka usus besar berkontraksi sehingga pengeluaran kotoran lebih mudah.

11. Penyerapan gizi lebih optimal

Makanan yang masuk ke usus akan dicerna lebih lama, kalau posisi badan anda ketika tidur ialah miring ke kanan. Tentu saja nutrisi makanan dapat diserap dengan baik.

Nah, itulah 11 manfaat tidur menyamping ke kanan bagi kesehatan. Penting untuk dipelajari: 14 Bahaya Pengawet Makanan Bagi Kesehatan. Bagaimana dengan anda? Silahkan mengisi kolom komentar, kalau anda punya pengalaman tidur yang menyehatkan tubuh.


Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "11 Manfaat Tidur Dengan Posisi Miring Ke Kanan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel