-->

14 Cara Cepat Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Bau ekspresi yang tidak sedap tentu membuat rasa percaya diri akan hilang secara mendadak. Bukan hanya itu, nafas tak segar pastinya akan mengganggu orang di sekitar kita. Untuk mengetahui cara menghilangkan anyir ekspresi secara permanen, maka anda harus mengetahui apa saja penyebab kondisi ini.

14 Cara Cepat Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami
Bau ekspresi atau dalam istilah medis disebut halitosis tidak hanya disebabkan oleh jengkol, petai, atau bawang mentah yang gres saja disantap. Namun, dilema ini mungkin saja berkaitan dengan kesehatan ekspresi atau kebiasaan yang tidak sehat.

Penyebab anyir ekspresi tak sedap

Banyak faktor yang dapat menyebabkan anyir nafas menjadi tidak sedap, menyerupai kondisi ekspresi yang tidak selalu bersih. Sisa makanan yang ada di dalam ekspresi merupakan media sempurna bagi basil untuk berkembang.

Faktor berikutnya yaitu penyakit tertentu, menyerupai sariawan atau gigi berlubang. Luka akhir sariawan dapat mengakibatkan abses bakteri, yang dapat memicu anyir mulut. Demikian pula gigi berlubang berakibat abses basil yang sangat merugikan kesehatan mulut, termasuk anyir nafas menjadi tidak harum.

Faktor penyebab lainnya mungkin di luar dugaan anda. Apakah itu? Melewatkan sarapan dapat berakibat halitosis. Bakteri penyebab anyir ekspresi dapat dibilas oleh air liur. Nah, saat anda melewatkan sarapan di pagi hari, maka basil ini tidak hilang.


14 Cara Cepat Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami


Supaya anyir nafas menjadi segar dan aromanya harum, ada beberapa cara alami untuk mengatasi gangguan kesehatan ini. Berikut ini yaitu cara cepat menghilangkan anyir ekspresi secara alami:

1. Kunyah abu kopi


Biji kopi yang telah disangrai dan digiling menjadi abu merupakan solusi terbaik untuk menghilangkan anyir ekspresi dengan sangat cepat. Kunyah 1 sdt abu kopi sampai larut dalam ekspresi anda. Silahkan telan setelah abu terlarut, atau tambahkan gula pasir bila terlalu pahit.

2. Gunakan ketumbar

Untuk mengharumkan anyir mulut, anda dapat menggunakan ketumbar. Caranya, rebus ketumbar selama beberapa menit kemudian minum airnya setelah agak dingin.

3. Kunyah beras

Mungkin terdengar aneh, dengan mengunyah beras tanpa memasaknya dapat menghilangkan anyir ekspresi dengan cepat. Giling beras menggunakan gigi anda, sampai lembut. Tak usah ditelan, buang saja setalah beras menjadi lembut.

4. Minum teh hijau

Cara ampuh untuk mengusir anyir ekspresi dengan minum secangkir teh hijau tiap hari. Senyawa catechin dalam teh hijau bisa mencegah plak dan membasmi basil yang melekat di ekspresi dan gigi anda.

5. Minum susu manis

Selain memiliki kegunaan untuk mengharumkan nafas, nutrisi dalam susu memiliki kegunaan untuk mematikan basil penyebab anyir ekspresi dan mencegah kerusakan pada gigi. Jadi, minumlah susu manis dengan rutin di pagi hari dan sebelum tidur malam.

6. Gunakan kencur

Anda dapat membuat ramuan herbal untuk mengatasi anyir mulut. Siapkan adas, kencur, daun sirih, dan pinang. Takaran untuk setiap materi yaitu 10 gram. Rebus empat materi ini bersama ½ liter air sampai mendidih selama 5 menit. Biarkan airnya dingin, tambahkan madu atau gula aren untuk membuat rasanya manis. Minum sebelum tidur malam, dengan rutin 2 kali dalam seminggu.

7. Makan buah-buahan dan sayuran

Untuk mengatasi anyir ekspresi yang disebabkan oleh sariawan, perbanyak makan buah-buahan terutama jeruk atau buah lain yang kaya akan vitamin C. Silahkan pilih sesuai selera anda, menyerupai apel, nanas, mangga, pisang, dsb. Sayuran juga dapat dikonsumsi untuk menumpas basil di mulut, menyerupai seledri, wortel, dll.

8. Lengkuas dan daun sirih

Agar anyir ekspresi menjadi harum, anda dapat membuat obat kumur rumahan. Caranya, rebus daun sirih dan lengkuas bersama segelas air dan berkumur dengan airnya selagi hangat.

9. Jeruk nipis

Selain efektif sebagai obat batuk, ramuan jeruk nipis dan madu ternyata memiliki kegunaan untuk menyingkirkan anyir ekspresi yang tak sedap. Belah jeruk nipis dan peras untuk mengambil airnya, kemudian tambahkan madu murni. Aduk keduanya dan minum ramuan ini setiap pagi dan malam hari.

10. Berkumur dengan air garam

Air garam memiliki kegunaan untuk menekan pertumbuhan basil di ekspresi dan membilasnya. Tambahkan garam ke dalam segelas air hangat, kemudian berkumur dengannya.

11. Gunakan kayu manis

Rempah ini juga efektif untuk menyegarkan nafas anda. Seduh sepotong kayu manis bersama segelas air panas, minum setelah airnya bermetamorfosis hangat. Lakukan cara ini 2 kali dalam sehari.

12. Gosok gigi secara teratur

Anda dapat membersihkan gigi anda dengan pasta gigi berbahan siwak untuk mencegah plak dan karang gigi. Anda juga dapat menggunakan siwak secara pribadi untuk membersihkan gigi. Gosok dengan sikat lembut dan lakukan dengan hati-hati untuk mencegah kerusakan.

13. Jauhi makanan berbau menyengat

Beberapa jenis makanan dapat mengakibatkan anyir mulut. Jadi, hindari semua makanan yang dapat menyebabkan nafas tidak wangi. Makanan yang dimaksud menyerupai jengkol, petai, dan sebagainya.

14. Gunakan benang gigi

Sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi dapat membentuk plak, sehingga basil betah tinggal di sana. Benang gigi merupakan salah satu solusi untuk menghilangkan sisa makanan di sela gigi anda.

Nah, itulah 14 cara menghilangkan anyir ekspresi secara alami dan cepat. Jaga kebersihan ekspresi dan gigi anda untuk nafas yang segar. Bagaimana pun, nafas yang harum dan segar dapat menawarkan kepribadian yang baik. Simak juga: Arti 7 warna pengecap Bagi kesehatan anda!


Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "14 Cara Cepat Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel