-->

19 Kebiasaan Buruk yang Membuat Seseorang Cepat Tua

Kinisehat - Kebiasaan buruk yang dilakukan secara terus-menerus, ternyata dapat membuat seseorang nampak lebih renta dari usia sebenarnya. Gaya hidup yang tidak sehat dapat memunculkan tanda-tanda penuaan, lebih cepat. Apa saja kebiasaan yang membuat seseorang menjadi lebih cepat tua? Nah, pelajari faktor penyebab penuaan dini sebelum terlambat.


19 Kebiasaan Buruk yang Membuat Seseorang Cepat Tua
Tentunya anda pernah melihat seorang renta tetapi wajahnya kekal muda. Begitu juga sebaliknya, anda menyangka sedang berhadapan dengan orang renta tapi ternyata usianya masih sangat muda. Pastinya anda merasa penasaran, kenapa ini bisa terjadi? Adakah belakang layar yang membuat seseorang terlihat kekal muda?

Sobat kini sehat, untuk menerima tubuh sehat dan kekal muda, anda harus benar-benar menghentikan teladan makan yang tidak sehat dan kebiasaan buruk. Jika anda tidak percaya, tanyakan kepada orang renta yang masih memiliki wajah yang segar dan stamina yang baik.


19 Kebiasaan Buruk yang Membuat Seseorang Cepat Tua


Penuaan akan terjadi pada semua orang, namun beberapa rutinitas sehari-hari dapat membuat seseorang menjadi cepat tua. Beberapa faktor penyebab penuaan dini sering tidak disadari, sehingga kita melaksanakan kebiasaan buruk tersebut secara terus-menerus. Berikut ini yakni beberapa kebiasaan buruk yang membuat seseorang menjadi lebih cepat tua:

1. Sering terkena paparan sinar UV


Perawatan kulit sangat penting untuk mencegah penuaan dini. Jagalah kelembaban kulit anda dengan menggunakan krim malam sebelum tidur, yang memiliki kegunaan untuk membantu dalam proses regenerasi kulit.

Gunakan tabir surya ketika anda beraktivitas di luar ruangan. Hal ini akan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini menyerupai flek hitam, kerutan halus, dan pori-pori kulit membesar.

2. Mendengarkan bunyi musik terlalu keras

Kebiasaan mendengarkan bunyi keras akan mengurangi kemampuan pendengaran untuk mendengar. Tidak hanya terjadi pada kulit, tapi penuaan dini juga dialami oleh pendengaran. Simak wacana cara mengatasi pendengaran berkurang.

3. Menghisap nikotin

Kebiasaan menghisap asap tembakau akan mengaktifkan enzim yang memecah elastisitas kulit. Kebiasaan buruk ini juga dapat menjadikan kerutan halus di wajah, dan membuat kulit menjadi kering, keriput, dan pucat.

4. Kebiasaan duduk terlalu lama

Duduk di depan TV atau komputer dalam waktu lama, tidak menyehatkan tubuh anda. Penelitian oleh para andal dari University of Queensland, menyampaikan bahwa menonton TV dalam durasi sangat lama akan meningkatkan risiko terkena penyakit Alzheimer.

5. Stres yang berlarut-larut

Stres bukan hanya buruk untuk mental anda, tetapi juga berdampak buruk bagi kondisi fisik. Stres akan membuat anda terlihat jauh lebih renta dari yang usia sebenarnya. Untuk mengatasi stres, pelajari: 10 Cara menghilangkan stres dengan cepat.

6. Jarang berolahraga

Salah satu manfaat olahraga yakni meningkatkan sirkulasi darah di kulit, sehingga kulit akan nampak bercahaya dan muda. Mulailah olahraga dengan rutin di pagi hari selama 30 menit.

7. Olahraga berlebihan

Olahraga berat secara berlebihan juga berdampak buruk bagi kesehatan. Rutinitas ini juga dapat menyebabkan persendian menjadi kaku dan memicu radang sendi, sehingga membuat seseorang cepat terlihat tua.

8. Minum air menggunakan sedotan

Kebiasaan minum menggunakan sedotan dapat berdampak buruk bagi wajah anda. Gerakan bibir dikala menyedot minuman, dapat menyebabkan munculnya garis-garis halus di sekitar bibir anda.


Kebiasaan Buruk Membuat Cepat Tua
9. Kebiasaan menggunakan pendingin ruangan

Berada di dalam ruangan ber-AC terlalu lama, dapat membuat kulit menjadi kering. Kebiasaan ini dapat membuat kulit menjadi keriput, sehingga seseoran akan terlihat lebih tua.

10. Kurang asupan buah dan sayuran

Orang renta tidak membutuhkan kalori dalam jumlah tinggi. Untuk mengurangi efek penuaan menyerupai keriput, perbanyak asupan makanan yang bergizi. Buah-buahan dan sayuran baik untuk mencegah penuaan dini.

11. Konsumsi makanan terlalu manis

Jika kadar gula darah dalam tubuh anda terlalu tinggi, maka akan berakibat proses glikasi yang merusak kolagen dalam kulit. Hal ini akan mengurangi elastisitas kulit, sehingga menjadikan kerutan di kulit.

12. Bekerja berat

Fungsi dan kinerja tubuh yang dipaksa untuk bekerja terlalu berat, dalam jangka panjang akan mengalami penurunan dan membuat seseorang terlihat lebih renta daripada usia aslinya.

13. Kurang Tidur

Jam biologis mengatur waktu tidur anda secara alami. Dengan tidur malam yang cukup, maka tubuh akan memperbaiki banyak sekali kerusakan dan mengeluarkan toksin yang tidak berguna. Kekurangan waktu tidur akan mengganggu proses regenerasi sel, sehingga menyebabkan penuaan kulit.

14. Tidur dengan riasan wajah

Berbagai kotoran dan polusi yang bercampur dengan riasan di wajah, dapat menjadikan problem kulit menyerupai flek hitam dan jerawat. Jadi, hapus make-up di wajah anda sebelum tidur malam.

15. Makan gorengan terlalau sering

Makanan yang digoreng mengandung lemak buruk yang berlimpah. Lemak ini dapat menyebabkan kulit mengalami penuaan.

16. Diet rendah lemak

Mengurangi makanan berlemak untuk menurunkan berat badan, bukan sebuah kesalahan. Tetapi perlu diperhatikan bahwa mengurangi asupan omega-3 dapat berdampak negatif, yaitu mempercepat penuaan. Jadi, cukupi kebutuhan omega-3 dengan mengkonsumsi ikan laut, minyak ikan, biji-bijian, atau kacang kenari.

17. Mengkonsumsi minuman berkarbonasi

Kebiasaan mengkonsumsi minuman berkarbonisasi, dapat berisiko mengalami obesitas. Minuman menyerupai ini memiliki kadar gula tinggi yang tidak baik dikonsumsi secara terus-menerus.

18. Berfikir keras

Kebiasaan berfikir memang baik, tapi jikalau dilakukan dengan mengerutkan dahi dan membuat fikiran makin penat, maka dampaknya buruk. Kebiasaan ini akan memunculkan garis-garis di dahi, dan pedoman darah menjadi tidak lancar.

19. Menyimpan dendam

Meskipun terasa berat, cobalah untuk melupakan dendam dan memaafkan kesalahan orang lain. Dendam akan membuat seseorang mudah mengalami penuaan dini.

Itulah 19 kebiasaan buruk yang membuat seseorang cepat tua. Jika anda ingin kekal muda, maka hindari semua kebiasaan buruk yang telah disebutkan di atas. Baca dan ketahui: 10 Cara mengatasi penuaan dini. Semoga tips ini membantu anda, untuk tetap sehat dan kekal muda.


Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "19 Kebiasaan Buruk yang Membuat Seseorang Cepat Tua"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel