-->

11 Manfaat Gambir Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Wajah

Gambir merupakan ekstrak dari getah tanaman yang berjulukan Uncaria gambir. Tanaman ini biasanya tumbuh secara merambat, dengan banyak duri pada batangnya. Adanya antioksidan dalam materi alami ini membuatnya punya khasiat untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan. Gambir juga memiliki kegunaan untuk merawat kecantikan kulit, sebagai obat bisul dan penghilang flek hitam.

11 Manfaat Gambir Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Wajah
Cara membuat gambir dengan menyeduh ranting dan daun uncaria gambir, bersama air panas. Setelah dibiarkan selama beberapa saat, maka terbentuklah endapan keras berwarna kuning. Endapan ini pada jadinya bermetamorfosis coklat kekuningan atau hitam. Kristal gambir dapat dipotong-potong atau dihaluskan sebagai bubuk, kalau materi ini akan digunakan.

Ciri-ciri tanaman gambir yang paling khas yaitu daunnya yang terlihat sangat lebat. Bunganya berwarna merah muda atau pink, sangat bagus sebagai tanaman hias. Sekilas, tanaman ini menyerupai dengan dengan cengkih. Bedanya pohon cengkih tidak memiliki duri.

Kandungan tanaman gambir

Gambir mengandung zat penting yang memiliki sifat antioksidan, menyerupai katekin, flavonoida, gambir tanin, okso tannin, dihidro tannin, dan zat penyamak.


11 Manfaat Gambir Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Wajah


Di balik rasanya yang sangat pahit dan kelat, gambir kaya akan manfaat kesehatan dan kecantikan. Nah, inilah khasiat dari getah tanaman gambir untuk pengobatan:

1. Sebagai obat sakit kepala

Sakit kepala sebelah menyerupai migrain tentu sangat menyiksa. Atasi dengan mengkonsumsi sedikit gambir dengar rutin, hingga penyakit sembuh. Selengkapnya: 12 cara alami mengobati migrain

2. Mengeringkan luka bakar


Kulit melepuh dan hitam yang disebabkan terbakar oleh benda panas, dapat diminimalisir bekasnya menggunakan daun gambir. Tumbuk daunnya hingga lumat, terapkan pada luka supaya cepat sembuh dan mengurangi bekasnya.

3. Menguatkan gigi

Untuk mencegah gigi keropos, kunyah secuil gambir dan daun sirih kemudian buang ampasnya. Dengan rutin melaksanakan cara ini, maka gigi menjadi berpengaruh dan tidak mudah keropos.

4. Menghentikan diare

Daun gambir dan rantingnya dapat digunakan sebagai obat diare. Jemur daun ini di bawah sinar matahari hingga kering, kemudian seduh bersama secangkir air panas. Minum airnya untuk melawan basil penyebab diare di usus besar.

5. Mengatasi bunyi serak atau parau

Untuk menjernihkan bunyi yang parau, seduh secuil kristal gambir dan daun sirih bersama ½ gelas air panas. Berkumur dengan airnya di pagi dan sore hari.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Daun gambir mengandung katekin, yaitu senyawa kimia yang memiliki sifat antioksidan alami. Antioksidan ini efektif untuk memerangi radikal bebas, penyebab banyak sekali jenis penyakit.

7. Sebagai obat maag

Gejala penyakit maag menyerupai nyeri pada lambung, perih, dan perut terasa melilit. Atur contoh makan anda, dan hindari makanan yang sangat pedas. Untuk mengobati penyakit maag secara tradisional, anda dapat menggunakan ekstrak gambir. Campur bubuk gambir dengan madu murni dan air, minum setiap hari selama seminggu.

8. Melancarkan pencernaan

Manfaat getah gambir untuk pencernaan yaitu memudahkan atau menstimulasi pengeluaran getah empedu, sehingga sistem metabolisme perut dan usus menjadi lancar.

9. Mengobati sariawan dan bibir kering

Gambir juga memiliki kegunaan untuk mengatasi problem verbal menyerupai bibir kering dan sariawan. Cukup dengan menerapkan gambir pada bibir atau episode verbal yang terluka.


Manfaat Gambir Untuk Kecantikan Kulit


10. Menghilangkan flek hitam dan keriput

Noda hitam dan keriput di wajah merupakan tanda penuaan kulit. Masker gambir sangat efektif untuk mengatasi tanda penuaan di kulit anda. Dengan menggunakan masker ini secara teratur, kulit akan menjadi lebih kencang dan segar.

11. Menghilangkan bekas jerawat

Untuk mengurangi noda bekas bisul di wajah, gunakan masker gambir. Larutkan bubuk gambir ke dalam segelas air hangat. Biarkan hingga mengental, terapkan krim ini pada seluruh kulit wajah. Biarkan selama beberapa menit, bilas menggunakan air bersih dan sabun biasa.

Nah, itulah 11 manfaat gambir untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Kini, anda makin sehat dan cantik menggunakan materi alami ini. Menarik: 18 manfaat daun pengecap mertua yang menakjubkan


Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "11 Manfaat Gambir Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Wajah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel