-->

10 Manfaat Antioksidan Bagi Tubuh Yang Penting Diketahui

Radikal bebas sering disebut-sebut, saat membahas perihal manfaat antioksidan bagi kesehatan. Apa sebetulnya kekerabatan antara radikal bebas dengan antioksidan? Lebih dari satu trilyun sel badan terancam ancaman jawaban jerawat virus, efek radikal bebas, dan kekurangan nutrisi.

Radikal bebas berasal dari polutan di udara, paparan sinar UV, dan lainnya. Radikal bebas (oksidan) yakni senyawa kimia, yang juga dapat ditimbulkan oleh proses konversi makanan menjadi energi. Senyawa ini mengambil elektron dari zat yang paling dekat. Akibatnya yakni kerusakan pada struktur atau fungsi sel.

Di sinilah pentingnya antioksidan bagi tubuh, yaitu menyuplai elektron kepada radikal bebas. Sehingga mencegah oksidan merusak struktur sel. Antioksidan pada hakikatnya yakni sifat kimia pada zat, yang bisa berperan sebagai penyuplai elektron bagi oksidan.

Cara Memperoleh Antioksidan

Antioksidan dapat diperoleh dari makanan atau minuman, dan hasil produksi oleh badan (endogen) menyerupai enzim glutation peroksidase, perxidasi, superoksida dismutase, dan katalase.

Antioksidan dapat berasal dari gabungan antara vitamin atau mineral dengan senyawa lainnya. Nutrisi yang bisa bertindak sebagai antioksidan termasuk vitamin A, vitamin E, vitamin C, betakaroten, karotenoid, mangan, dan selenium. Nutrisi ini berhubungan dengan flavonoid, glutathione, asam lipoat, koenzim Q10, phytoestrogen, fenol, polifenol, dan lainnya.


10 Manfaat Antioksidan Bagi Tubuh Yang Penting Diketahui


Setiap antioksidan memiliki fungsi dan peranan yang berbeda, satu sama lain. Namun, fungsi antioksidan umumnya yakni menghambat oksidasi lemak. Berikut manfaat antioksidan bagi badan kita:

1. Menunda Penuaan

Banyak penelitian menyampaikan bahwa antioksidan sangat efektif untuk menghambat munculnya tanda-tanda penuaan dini, menyerupai keriput dan garis-garis halus di wajah. Antioksidan bisa menjaga tekstur kulit, dan melindunginya dari kerusakan jawaban paparan sinar UV. Baca juga: 10 Cara Alami Untuk Mengatasi Penuaan Dini.

2. Menguatkan Imunitas Tubuh

Antioksidan diharapkan untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga lebih kebal dari jerawat virus dan kuman yang dapat menjadikan penyakit.

3. Melawan Stres Oksidatif


Diet kaya antioksidan akan menekan efek buruk yang ditimbulkan oleh radikal bebas, sehingga berada pada tingkatan yang tidak berbahaya.

4. Melawan Sel Kanker

Beberapa penelitian menyampaikan bahwa dengan menambah asupan antioksidan, akan menurunkan risiko kanker pada pria.

5. Mencegah Gangguan pada Mata

Tidak hanya melindungi jantung, antioksidan ternyata juga efektif untuk mencegah gangguan mata menyerupai katarak, glukoma, dan degenerasi makula. Perbanyak makanan yang mengandung antioksidan tinggi, untuk mencegah risiko kebutaan dan penyakit mata lainnya.

6. Mencegah Penyakit Jantung dan Kolesterol Tinggi

Antioksidan dapat menekan proses oksidasi kolesterol. Women’s Health Study menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi vitamin E dengan rutin, memiliki risiko rendah terhadap serangan jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya.

7. Mencegah Peradangan

Antioksidan dapat bertindak sebagai anti inflamasi. Asam alpha lipoic yakni jenis antioksidan yang memiliki sifat anti peradangan. Makanan yang kaya antioksidan memiliki kegunaan untuk melancarkan sirkulasi darah dan metabolisme sel.

8. Mencegah Penyakit Degeneratif

Antioksidan juga bermanfaat untuk mencegah beberapa penyakit degeneratif yang sering dikaitkan dengan usia, menyerupai alzheimer, dan gangguan kognitif.

9. Melindungi Otak

Antioksidan punya kemampuan dalam melindungi sistem saraf pusat. Sehingga menjaga fungsi dan kinerja otak. Antioksidan juga bisa menurunkan risiko kelainan saraf, menyerupai autisme, skizofrenia, dan depresi.

10 Menjaga Kesehatan Rambut

Antioksidan juga memiliki kemampuan untuk mencegah rambut rontok, dan memacu pertumbuhan rambut. Cobalah menerapkan teh hijau, atau ekstrak apel untuk menunjukan manfaat ini.

Demikian 10 manfaat antioksidan bagi badan yang seharusnya anda ketahui. Anda dapat mengetahui kebutuhan harian, untuk asupan antioksidan yang diharapkan oleh tubuh. Silahkan baca artikel perihal 25 makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Memenuhi kebutuhan akan antioksidan dengan mengkonsumsi makanan sehat, merupakan bab dari gaya hidup sehat.


Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "10 Manfaat Antioksidan Bagi Tubuh Yang Penting Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel