-->

9 Khasiat Buah Maja Untuk Pengobatan Dan Kecantikan

Kinisehat - Hampir semua orang mengaitkan buah maja dengan sebuah kerajaan lama yang berjulukan Majapahit. Faktanya buah ini memang banyak terdapat di sana. Sebenarnya tidak semua buah maja memiliki rasa pahit, ada varietas yang mempunyai rasa manis dan aromanya harum. Bagaimana pun, ada khasiat dari tanaman ini yang memiliki kegunaan bagi kesehatan dan kecantikan. Apa saja? Simak baik-baik, yuk.

9 Khasiat Buah Maja Untuk Pengobatan dan Kecantikan
Kini, tanaman maja (Aegle marmelos) tidak hanya tumbuh di tempat tertentu. Anda pun dapat menanamnya di pekarangan atau halaman rumah. Tanaman ini dapat menyesuaikan diri dengan suhu yang sangat panas mencapai 49 derajat celcius, hingga suhu cuek sekitar minus 7 derajat celcius.

Aroma buah maja menyerupai dengan nanas atau jeruk. Ya, harum dan manis. Banyak orang mengolahnya menjadi selai yang lezat. Dalam bahasa Inggris, maja disebut dengan golden apple atau stone apple.

Buah yang masih tergolong ke dalam keluarga rutaceae ini mengandung aneka macam jenis vitamin termasuk vitamin C, karoten, riboflavin, thiamin, dan niasin. Maja juga dilengkapi dengan nutrisi gizi lainnya menyerupai protein, karbohidrat, dan lemak. Tidak hanya itu, buah ini diperkaya juga dengan kumarin, limonene, steroid, marmelosina, alkkaloida, dan minyak alami.


9 Khasiat Buah Maja Untuk Pengobatan Dan Kecantikan


Beberapa kandungan dari buah ini sebetulnya telah memperlihatkan adanya manfaat kesehatan darinya. Nah, inilah khasiat buah maja untuk pengobatan dan kecantikan kulit:

1. Meredakan pembengkakan pada lambung

Seduh akar maja dengan segelas air hangat, minum teh herbal ini untuk mengobati lambung yang bengkak.

2. Pereda diare dan disentri


Buah yang kaya serat ini ternyata efektif untuk meredakan diare. Cukup dengan mengkonsumsi buahnya secara eksklusif atau diminum sebagai jus buah.

3. Menenangkan jantung berdebar

Deg-degan yang bukan disebabkan oleh cemas maupun perubahan suasana hati, dapat menjadi menunjukan adanya gangguan kesehatan yang cukup serius. Nah, obati gejala ini dengan minum air dari rebusan akar maja.

4. Membantu untuk menyembuhkan luka

Tanaman maja memiliki sifat antibiotik, yang bisa melawan infeksi pada luka di kulit. Caranya, ambil akar, buah, atau daun maja. Tumbuk hingga lembut, balurkan pada luka untuk mencegah infeksi.

5. Mengatasi sembelit

Faktor penyebab problem sembelit yang paling utama yaitu kurangnya asupan serat, serta contoh makan yang tidak sehat. Salah satu cara untuk mengatasi gangguan pencernaan ini dengan mengkonsumsi buah maja secara rutin setiap hari.

6. Sebagai obat gatal pada kulit

Anda dapat mengkonsumsi buah maja untuk mengatasi kulit gatal, dengan makan buahnya dalam keadaan segar atau dalam bentuk makanan olahan. Untuk obat luar, lumatkan daunnya kemudian campur dengan sirih dan kapur sirih. Gosokkan pasta ini pada kulit yang terasa gatal.

7. Penurun demam

Akar maja dapat digunakan untuk mengobati demam pada anak dan orang tua. Seduh akar ini bersama segelas air panas, kemudian tunggu airnya menjadi dingin. Minum dengan segera, untuk mengatasi demam.


Manfaat buah maja untuk kecantikan kulit


8. Membantu regenerasi sel

Berbagai nutrisi gizi dalam buah maja sangat berperan dalam meregenerasi sel tubuh, serta memperbaiki kerusakan jaringan kulit yang disebabkan oleh dampak radikal bebas.

9. Melembutkan kulit

Vitamin C yang terdapat di dalam buah maja memegang peranan dalam pembentukan kolagen kulit. Nah, kolagen ini berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit sehingga membuatnya tetap lembut dan bersinar. Vitamin C juga memiliki sifat antioksidan kuat, yang bisa mencegah kerusakan kulit oleh paparan sinar UV dan polutan lainnya.

Nah, itulah 9 khasiat buah maja untuk pengobatan dan kecantikan kulit. Kini, anda tidak hanya mengenalnya sebagai buah yang memiliki pahit saja tapi juga kaya akan khasiat untuk pengobatan. Menarik: 13 manfaat buah Alkesa yang menakjubkan


Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "9 Khasiat Buah Maja Untuk Pengobatan Dan Kecantikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel