-->

11 Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Secara Tradisional

Infeksi akses kemih pada umumnya dialami oleh wanita. Alasannya ialah letak uretra dan anus yang sangat dekat. Saluran kemih terdiri dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Infeksi akses kemih artinya ada jamur, bakteri, atau virus yang menyerang akses ini. Sedangkan imunitas badan tidak bisa lagi untuk melawan kuman. Penyakit ini harus diobati dengan tepat, untuk mencegah persoalan kesehatan yang lebih serius.

11 Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Secara Tradisional
Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh, salah tugasnya termasuk mengeluarkan toksin dan zat berbahaya dari darah lewat urine. Jika infeksi akses kemih tidak segera diobati dengan cepat, maka berisiko terkena penyakit ginjal.

Bahkan, pada sebagian kasus dapat menimbulkan gagal ginjal. Nah, sangat mengerikan bukan? Jadi, gangguan ini harus ditangani dengan benar, dengan pengobatan medis ataupun cara tradisional.

Penyebab infeksi akses kemih:

  • Staphylococcus saprophyticus.
  • Bakteri E. coli.
  • Penyakit kencing manis (Diabetes mellitus).
  • Proteus mirabilis.
  • Bakteri yang biasanya menyerang akses cerna.
  • Jamur Candida albicans.
  • Imunitas badan yang rendah.
  • Penggunaan obat antibiotik secara terus-menerus.

Gejala infeksi akses kemih

Penyakit ini sering ditandai dengan beberapa gejala menyerupai sakit punggung, sakit pinggang, mual, rasa terbakar dikala berkemih, diare, demam tinggi, kencing terlalu sering, kelelahan, bisul pada adegan tubuh, dsb.


11 Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Secara Tradisional


Ada beberapa materi alami yang diyakini bisa untuk mengatasi penyakit ini. Berikut cara mengobati penyakit ISK:

1. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki sifat antibakteri, anti-jamur, dan anti-radang. Selain itu, bawang putih juga kaya akan antioksidan yang menangkal banyak sekali jenis penyakit. Untuk mengobati infeksi ginjal, makan 3 siung bawang putih yang masih mentah dengan rutin setiap hari.

2. Teh jahe


Jahe mengandung gingerol yang bersifat antibakteri yang kuat, sehingga bisa melawan acara basil dalam ginjal. Wedang jahe sangat membantu untuk mengobati infeksi akses kemih. Cukup minum wedang jahe hangat dengan rutin, di pagi dan malam hari.

3. Kunyit

Infeksi akses kemih dapat diobati secara alamiah dengan menggunakan kunyit. Rempah ini mengandung kurkumin yang memiliki sifat anti jamur, anti-inflamasi, dan anti-bakterial. Ketiga sifat zat ini berperan untuk menghambat perkembangan seluruh jenis mikroba, sehingga kunyit efektif dalam mengobati infeksi akses kemih. Caranya, minum susu yang dicampur dengan debu kunyit.

4. Daun kumis kucing

Untuk mengobati infeksi akses kemih secara tradisional, anda dapat menggunakan daun kumis kucing. Caranya, rebus 10 lembar daun kumis kucing bersama air secukupnya. Biarkan air mendidih selama beberapa menit, kemudian angkat. Minum airnya selagi hangat, dua kali dalam sehari masing-masing ½ gelas.

5. Minuman yang mengandung probiotik

Minuman probiotik kaya akan basil ramah yang baik untuk menjaga kesehatan usus, serta mencegah pembentukan kerikil ginjal.

6. Jus Peterseli

Peterseli merupakan sayur yang kaya akan sodium, potassium, riboflavin, tiamin, zat tembaga, vitamin A, B, dan C. Jus peterseli ialah solusi terbaik untuk membersihkan racun dalam ginjal. Rebus 10 lembar daun peterseli dengan air secukupnya sampai mendidih selama beberapa saat. Saring, dan minum airnya setelah dingin. Jus peterseli dapat menjadi obat rumahan yang efektif untuk mengatasi infeksi urin khususnya pada ginjal.

7. Gel pengecap buaya

Cuci gel pengecap buaya dengan air mengalir, haluskan bersama madu ke dalam blender berisi air matang. Lidah buaya bisa mengeluarkan racun dalam tubuh. Minum jus pengecap buaya di pagi dan malam hari, untuk mengobati infeksi akses kemih.

8. Buah jeruk

Vitamin C dalam buah jeruk sangat berlimpah, yang berkhasiat untuk meningkatkan tingkat asam di ginjal. Hal ini penting untuk mengobati infeksi akses kemih, sebab basil akan sulit untuk tumbuh dan berkembang. Perbanyak konsumsi buah yang mengandung vitamin C setiap hari, terutama setelah sarapan di pagi hari.

9. Cuka apel dan madu

Kedua materi alami ini efektif untuk mengatasi infeksi akses kemih. Cukup dengan mencampur sesendok makan cuka apel dengan dua sendok makan madu murni. Minum campuran ini untuk mengatasi infeksi akses kencing, khususnya ginjal.

10. Teh chamomile

Anda dapat membuat minuman teh herbal menyerupai marshmallow, chamomile, atau goldenrod yang membantu dalam mengobati infeksi ginjal. Minum salah satu teh herbal ini di pagi dan sore hari.

11. Buah cranberry

Cranberry merupakan buah yang bisa menaikkan keasaman tubuh, sehingga berkhasiat untuk menumpas pembiakan bakteri. Bagi penderita penyakit ini, jus cranberry sangat membantu untuk mempercepat penyembuhan.

Nah, itulah 11 cara mengobati infeksi akses kemih secara alami dan tradisional. Untuk mencegah penyakit ini, anda harus minum air dalam jumlah cukup. Selain itu, jaga kebersihan organ badan terutama setelah kencing. Hindari mandi dengan bath tub, gunakan gayung atau siram badan anda dengan air yang keluar dari shower. Simak juga: Dua Cara Cuci Ginjal Dengan Alami Dan Murah! Semoga tips di atas membantu anda dalam mengatasi gangguan kesehatan yang telah disebutkan.


Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "11 Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Secara Tradisional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel