-->

5 Manfaat Bunga Saffron Bagi Kecantikan Kulit dan Rambut

Manfaat bunga saffron untuk kecantikan tidak dapat diragukan lagi. Bukan hanya sebagai rempah untuk menyedapkan masakan, tetapi saffron sangat efektif untuk merawat kecantikan kulit dan rambut. Bunga saffron juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan, dan memiliki kegunaan untuk pengobatan penyakit tertentu.

5 Manfaat Saffron Bagi Kecantikan Kulit Dan Rambut
Bunga Saffron (Crocus Sativus L) sering juga disebut kuma-kuma biasanya ditambahkan ke dalam kuliner kare, paella, dan sebagainya. Sehingga kuliner menjadi lebih berwarna kuning. Bunga saffron umumnya mekar di bulan Oktober, dengan berwarna biru keunguan atau mendekati pink.

Bunga yang berasal dari berasal Mediterania timur ini memiliki 3 tangkai putik, dengan kepala berwarna merah gelap. Bunga saffron mempunyai rasa agak pahit dan aroma wangi. Ekstrak bunga saffron sering digunakan sebagai materi parfum. Nama bunga ini diambil dari bahasa latin yaitu safranum.

Nutrisi dalam bunga saffron

Rasa pahit dari bunga ini ditimbulkan oleh zat picrocrocin dan safranal. Zat crocin di dalamnya dapat menyebabkan makanan berwarna kuning. Saffron mengandung ratusan senyawa yang mudah menguap dan senyawa karotenoid. Senyawa yang tidak mudap menguap menyerupai likopen, zeaxanthin, dan aneka macam jenis karoten.

Saffron juga mengandung sejumlah nutrisi penting menyerupai protein, karbohidrat, vitamin A, B, C, zat besi, natrium, kalsium, kalium, selenium, magnesium, fosfor, zinc, asam folat, lemak, dan serat.


5 Manfaat Bunga Saffron Bagi Kecantikan Kulit dan Rambut


Saffron sering digunakan dalam pembuatan materi kosmetik menyerupai krim dan lotion, untuk meningkatkan kecantikan kulit dan rambut. Berikut ialah manfaat saffron untuk kecantikan:

1. Mengurangi flek hitam di wajah

Untuk mengurangi noda hitam pada wajah sebab paparan sinar UV, cobalah cara alami. Caranya, campur safron dengan debu cendana dan susu hingga membentuk pasta lembut. Terapkan pada kulit wajah yang kecokelatan. Setelah pasta menjadi kering, bilas dengan air yang mengalir. Lakukan perawatan wajah ini secara teratur setiap hari. Baca juga: 11 Cara menghilangkan flek hitam dengan cepat.

2. Mengobati jerawat

Sifat anti-bakteri yang terdapat di dalam bunga saffron memiliki kegunaan untuk mengurangi bisul di wajah. Untuk menghilangkan jerawat, tumbuk bunga saffron dan daun kemangi kemudian terapkan pada wajah anda.

3. Melembabkan kulit


Untuk melembabkan dan menyegarkan kulit wajah, rendam saffron dan mawar ke dalam segelas air selama beberapa menit. Basuh wajah anda dengan airnya. Cara ini juga dapat mengatasi kulit kering.

4. Menghilangkan kantung mata

Untuk mengatasi mata panda atau kantung mata, rendam bunga saffron ke dalam air bersih selama semalam. Tambahkan minyak kelapa ke dalam airnya, pada keesokan harinya. Terapkan pada kulit di sekitar mata dan pijat dengan lembut. Lakukan perawatan ini dengan rutin setiap hari.

5. Mencegah rambut rontok

Untuk mengobati kerontokan, campur saffron dengan susu dan akar manis (licorice) hingga terbentuk pasta. Aplikasikan pada kulit kepala, untuk mengatasi rambut rontok dan melebatkan rambut anda.


Cara memutihkan wajah dengan bunga saffron


Cara pertama

Haluskan bunga saffron dengan menumbukknya. Campur dengan putih telur, kemudian terapkan pada wajah selama 15 menit. Jangan lupa untuk membilas wajah anda dengan air hangat, setelah perawatan.

Cara kedua

Haluskan 15 kelopak bunga saffron, tambahkan 1 sdm madu. Aduk keduanya hingga merata. Terapkan masker ini pada wajah anda selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Cara ketiga

Tumbuk bunga saffron hingga lumat, campur dengan 1 sdm minyak zaitun. Aduk kedua materi alami ini, kemudian gunakan sebagai masker bagi wajah anda. Biarkan selama 20 menit, kemudian basuh wajah anda dengan air hangat.

Untuk memutihkan wajah secara alami, anda dapat mengganti madu atau minyak zaitun dengan kunyit. Lakukan perawatan kecantikan ini, 3 kali dalam seminggu untuk menyebabkan wajah mulus, putih, dan cerah.


Manfaat Bunga Saffron Untuk Pengobatan


Masyarakat Mesir semenjak lama telah menggunakan saffron untuk pengobatan scabies, obat batuk, depresi, penyakit kolik, dan mengatasi gangguan pada kanal cerna. Dengan menyeduh bunga saffron dan crocus ke dalam secangkir air panas, dapat menjadi minuman pereda depresi. Saffron juga bermanfaat untuk melindungi retina dari kerusakan oleh sinar matahari. Beberapa penelitian ilmiah menemukan kegiatan saffron untuk melawan kanker, meningkatkan imunitas, mencegah mutasi sel, dan sebagai antioksidan.

Nah, itulah manfaat bunga saffron bagi kecantikan dan pengobatan. Simak juga: 4 Manfaat bunga anyelir untuk pengobatan dan kecantikan. Harga ekstrak dan minyak saffron yang mahal, sesuai dengan manfaatnya yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan kulit dan rambut. Sehingga anda lebih sehat dan indah dengan menggunakan rempah ini.


Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "5 Manfaat Bunga Saffron Bagi Kecantikan Kulit dan Rambut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel