-->

25 Makanan Yang Mengandung Antioksidan Tinggi

Mungkin anda bertanya, apa sih antioksidan? Perlu untuk diketahui, bahwa dengan adanya antioksidan maka badan akan lebih besar lengan berkuasa terhadap banyak sekali serangan penyakit. Antioksidan berguna untuk melawan efek buruk dari radikal bebas (oksidan), menyerupai penuaan dini, stres, kanker, dsb. Oksidan yang berlebihan dalam badan dapat disebabkan oleh polusi tinggi, atau gaya hidup yang tidak sehat.

Jadi, apa saja yang termasuk antioksidan? Antioksidan ialah senyawa penting termasuk polifenol, selenium, vitamin E, vitamin C, betakaroten, flavonoid, lutein, anthosianin, asam alpha lipoic, koenzim Q10, licopene, dan banyak lagi.

Dari mana badan kita menerima antioksidan? Nah, ini ialah pertanyaan yang berkualitas. Antioksidan dapat diperoleh dari beberapa jenis makanan menyerupai buah dan sayur. Antioksidan tinggi diharapkan oleh sistem kekebalan badan untuk melawan semua gangguan yang bersifat merusak.


25 Makanan Yang Mengandung Antioksidan Tinggi


Ada beberapa jenis makanan yang kaya akan antioksidan. Hampir semua makanan diklaim memiliki senyawa ini, namun apakah mereka memiliki kadar yang tinggi? Berikut makanan yang mengandung antioksidan tinggi:

1. Buah Anggur

Ingin kekal muda? Perbanyak makan buah anggur. Antioksidan tinggi dalam buah anggur menyerupai kalium, bisa untuk menghambat munculnya tanda-tanda penuaan.


Antioksidan dalam buah anggur termasuk flavonoid, yang mencegah kerusakan pada pembuluh darah. Antioksidan lainnya dalam buah ini ialah resveratrol yang memiliki kegunaan untuk menghambat pembentukan plak pada pembuluh darah arteri.

2. Paprika

Sayuran yang berwarna ungu, oranye, dan merah umumnya memiliki banyak sekali jenis zat antioksidan menyerupai licopen, betakaroten, dan flavonoid. Terbaik dari mereka termasuk paprika merah, tomat, bit, terong, ubi jalar, dan wortel.

3. Delima

Buah delima mengandung antioksidan yang disebut polifenol, yang sangat efektif untuk memerangi radikal bebas.

4. Kacang-kacangan

Antioksidan tinggi juga terdapat dalam kacang-kacangan menyerupai almond, kenari, hazelnuts, dan kacang merah. Selain mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi, kacang-kacangan juga kaya akan protein, lemak sehat, dan serat.

Perbanyak makan kacang-kacangan. Anda dapat mengkonsumsinya sebagai camilan, ditambahkan ke dalam sup atau salad. Lemak sehat dalam kacang-kacangan baik untuk mencegah penyakit jantung.

5. Brokoli dan Kale

Sayuran yang memiliki antioksidan paling besar lengan berkuasa ialah brokoli, kale, kol, dan keluarga Brassica lainnya. Sedangkan sayuran hijau yang memiliki antioksidan paling banyak ialah bayam.

6. Minyak canola

Minyak canola memiliki antioksidan yang disebut alfatoferol. Minyak canola sangat baik untuk pengganti mentega, karena mengandung lemak tak jenuh tunggal. Minyak ini juga menyediakan omega-3. Jadi, minyak canola efektif dalam menurunkan kadar kolesterol buruk dan menyehatkan jantung anda.

7. Buah Kurma

Antioksidan yang terdapat dalam kurma ialah tanin dan vitamin A. Tanin memiliki sifat anti-inflamasi, anti infeksi, dan anti-hemoragik. Sedangkan vitamin A di dalamnya bersifat antioksidan yang bermanfaat untuk menyehatkan mata dan kulit.

8. Buah Berry

Semua jenis buah berry umumnya kaya akan antioksidan, mineral, dan vitamin lainnya. Antosianin yang ada dalam berry merupakan antioksidan yang efektif untuk melawan kanker, dan mencegah penuaan dini. Gantilah camilan yang tidak sehat dengan buah ini.

Daun dan akar blueberry dapat diolah menjadi teh. Akarnya bermanfaat untuk meredakan nyeri ketika melahirkan dan menunjukkan efek menenangkan. Sedangkan rebusan daun berry dapat digunakan sebagai penambah darah dan mengobati batuk.

9. Plum

Buah Plum segar memiliki rasa asam manis. Buah plum mengandung antioksidan yang lebih tinggi dari bluberry, sampai sebesar 38 persen. Bagi anda yang sedang menjalani kegiatan diet, buah plum cocok sebagai menu makan siang.

10. Bumbu Dapur

Makanan yang mengandung antioksidan termasuk bumbu dapur menyerupai bawang putih, kayu manis, bawang merah, cabe, jahe, kunyit, dan oregano. Bawang putih yang telah renta lebih kaya akan antioksidan, yang membantu untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.

11. Jeruk

Buah jeruk kaya akan antioksidan menyerupai vitamin C dan vitamin A. Nutrisi dalam jeruk juga efektif untuk mencegah tulang keropos, asma, penyakit watu ginjal, dan anemia. Jeruk juga membantu untuk menurunkan kolesterol tinggi.

12. Artichoke

Teh artichoke juga dilengkapi dengan banyak sekali antioksidan tinggi. Cynarin dalam artichoke sering digunakan untuk mengatasi kolesterol tinggi. Teh ini terkenal sebagai minuman diet yang bisa mencerna lemak, terutama di Amerika Selatan dan Vietnam.

13. Nanas

Buah nanas kaya akan vitamin A dan vitamin C yang berguna sebagai antioksidan. Buah nanas juga mengandung antioksidan yang berasal dari phitochemical.

14. Kentang

Kentang ialah makanan yang mengandung banyak vitamin, dan memperoleh peringkat tinggi di antara beberapa jenis makanan antioksidan lainnya.

15. Jagung

Makanan ini juga menyediakan asam fenolik dan biro antikanker, yang bisa untuk melawan tumor pada kanker hati. Penelitian oleh Cornell University menunjukkan bahwa anthocyanin yang terdapat dalam jagung ungu bisa membasmi radikal bebas penyebab kanker, dengan baik.

16. Teh Hijau

Teh hijau diperkaya dengan katekin dan polifenol, dimana keduanya efektif untuk menetralkan radikal bebas dalam tubuh. Perbanyak minum teh hijau, semoga lebih kekal muda.

17. Cengkih

Cengkih ialah rempah yang menyediakan antioksidan terbaik, berupa senyawa phenolic.

18. Apel

Buah apel memiliki flavonoid paling melimpah daripada buah lainnya. Antioksidan ini dapat mencegah kanker paru-paru. Apel juga mengandung fitokimia yang berguna sebagai antioksidan, yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol buruk. Baca: 14 Manfaat Menakjubkan Buah Apel Bagi Kesehatan.

19. Aprikot

Buah Aprikot mengandung lycopene dan vitamin C. Kedua antioksidan ini dapat menekan risiko kanker dan serangan jantung.

20. Jewawut

Jewawut kaya akan serat dan antioksidan yang bisa mencegah penyakit degeneratif. Jewawut diperkaya dengan fenolik yang berperan sebagai antioksidan, yang efektif untuk menstimulasi proliferasi sel limfosit dalam tubuh.

21. Biji bunga matahari

Kuaci bunga matahari memiliki antioksidan berupa vitamin E, yang berperan dalam mencegah mutasi sel akhir radikal bebas.

22. Buah kiwi

Buah kiwi sarat akan fitonutrien yang bermanfaat untuk kesehatan. Antioksidan dalam buah kiwi ialah polifenol dan karotenoid, yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

23. Telur

Antioksidan dalam telur ialah lutein, yang berguna untuk mencegah katarak dan kerusakan lainnya. Lutein dalam telur tiga kali lebih mudah diserap oleh tubuh, daripada lutein pada bayam.

24. Susu bebas lemak

Susu mengandung betakaroten, karotenoid, dan lutein yang merupakan antioksidan kuat. Pilihlah susu yang rendah lemak, untuk mencegah timbunan lemak jenuh dalam tubuh.

25. Madu

Pemanis alami menyerupai madu dapat menstimulasi peningkatan kadar antioksidan dalam badan anda. Minumlah madu dengan rutin, untuk menjaga kecantikan kulit anda.

Demikian 25 makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Simak artikel menarik lainnya wacana 15 Makanan Pembersih Racun Dalam Hati. Dengan mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan antioksidan, maka badan lebih sehat dan terhindar dari stres dan penyakit berbahaya lainnya.


Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "25 Makanan Yang Mengandung Antioksidan Tinggi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel