-->

4 Manfaat Siwak Bagi Kesehatan Gigi Dan Pengobatan

dengan siwak – Mungkin anda bertanya kenapa orang dulu menyikat giginya dengan siwak? Apa manfaat siwak bagi kesehatan, yang membuat mereka tidak mau menggantinya dengan sikat biasa? Tentu saja alasannya yakni sikat gigi belum ada ketika itu. Anggap saja balasan anda yakni benar, meskipun itu bukan balasan yang tepat.

4 Manfaat Siwak Bagi Kesehatan Gigi Dan Pengobatan
Siwak atau Miswak didapatkan dari ranting dan akar pohon salvadora persica yang sering digunakan untuk membersihkan gigi, mulut, dan gusi. Pohon walnut dan zaitun juga dapat digunakan untuk menggosok gigi, namun siwak lebih efektif.

Rekomendasi oleh WHO pada tahun 2000, untuk menggunakan siwak sebagai pembersih gigi. Bahkan, Ramli Mohammed Diabi telah meneliti wacana manfaat siwak bagi kesehatan, selama 17 tahun. Menurutnya, siwak juga bisa untuk menghilangkan efek buruk yang ditimbulkan oleh nikotin.

Kini, perusahaan internasional menyerupai Wrigley mencampurkan siwak dalam permen yang diproduksinya. Siwak memiliki efektifitas untuk membunuh basil dan sebagai pembersih gigi. US National Library juga mengungkap fakta, bahwa siwak lebih efektif dari sikat gigi biasa dalam mengurangi  plak dan radang gusi.

Kandungan Kimiawi dalam Siwak

Siwak mengandung banyak mineral dan senyawa penting menyerupai fluoride, klorida, sodium bicarbonat, pottasium, sulfur, silika, vitamin C, salvadorine, tannin, trimethyl amine, dan lainnya. Semua nutrisi di dalamnya efektif dalam memutihkan dan menyehatkan gigi dan gusi. Inilah alasan ekstrak siwak sering digunakan sebagai pasta gigi.


4 Manfaat Siwak Bagi Kesehatan Gigi Dan Pengobatan


1. Menghilangkan Bau Mulut

Siwak mengandung minyak aroma alami yang bisa mengharumkan busuk verbal dan menghilangkan busuk tak sedap.

2. Menyehatkan Gusi


Siwak diperkaya dengan zat antibakteri menyerupai abrasive dan astringent, yang berkhasiat untuk membunuh basil dan menghentikan gusi berdarah.

Minyak aroma alami dalam siwak bertindak sebagai antiseptik yang bisa mencegah gangguan gusi akhir plak. Plak yakni penyebab utama gigi keropos, yang pada alhasil tanggal secara prematur. Miswak juga dilengkapi dengan vitamin C dan trimetilamin yang membantu pemulihan jaringan gusi.

3. Membersihkan Gigi dan Mulut

Siwak memiliki anti decay agent yang bisa meningkatkan produksi air liur (saliva), sehingga mengurangi basil di verbal dan mencegah proses pembusukan sisa-sisa makanan. Produksi saliva yang memadai, akan membuat verbal lebih bersih.

4. Memutihkan Gigi

Klorida dalam siwak efektif untuk menghilangkan noda gigi, sedangkan silika berkhasiat sebagai scrub bagi gigi. Zat kimia yang beperan sebagai pemutih gigi yakni sodium bicarbonate, trimethyl amine, sulfur, salvadorine, vitamin C, dan fluoride . Semua nutrisi ini ada di dalam siwak.

Manfaat siwak yang lain termasuk sebagai obat alami untuk mencegah kanker dan kepikunan (demensia). Dan masih banyak manfaat lain yang belum terungkap.

Bagaimana cara menggunakan siwak?

Untuk menggunakan siwak sebagai sikat sekaligus pasta gigi tidaklah sulit. Pertama, potong batang siwak berukuran satu jengkal atau sekitar 20 cm. Anda juga dapat memilih akarnya, sebagai pengganti batang. Pilih akar atau batang dengan diameter tidak lebih dari 1 cm, sehingga dapat digigit dengan mudah.

Kupas kulit siwak pada adegan ujungnya saja. Tumbuk ujung kayu siwak dengan menggunakan kerikil sungai, kemudian basuh dengan air bersih yang mengalir.

Kini stik siwak telah siap untuk digunakan sebagai sikat gigi, yang bisa membersihkan gigi, gusi, dan lidah.


Cara Bersiwak


Gosokkan kayu siwak mulai dari gigi paling depan atau tengah. Sambil terus menggosok gigi, geser kayu siwak secara perlahan ke arah kanan. Teruskan gosokan ke kiri. Ulangi cara ini sebanyak 3 kali tiap pemakaian.


Tips Menggunakan Siwak


Hindari pemakaian siwak yang telah kering, alasannya yakni dapat merusak gusi anda. Untuk menggunakan siwak kering, rendam ke dalam air bersih selama semalaman. Sedangkan siwak segar sebaiknya perlu untuk dicuci dengan air mengalir, sebelum digunakan. Ekstrak siwak juga dapat berkhasiat sebagai obat kumur yang sangat efektif dalam menjaga kesehatan verbal dan gigi.

Demikian Manfaat Siwak Untuk Kesehatan Gigi dan Pengobatan. Kini siwak banyak tersedia di banyak sekali kawasan menyerupai supermarket atau swalayan. Simak juga wacana 10 Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa Ngilu. Menjaga kesehatan verbal dan gigi yakni adegan dari gaya hidup sehat, sehingga mengurangi penyesalan ketika usia tua.

Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "4 Manfaat Siwak Bagi Kesehatan Gigi Dan Pengobatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel