-->

5 Bahaya Radiasi SUTET Bagi Kesehatan Yang Harus Diwaspadai

Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi atau disebut juga SUTET merupakan pengalir listrik tinggi, yang dapat menimbulkan radiasi berbahaya bagi manusia. Emang seberapa besar sih, tegangan (voltase) pada alat tersebut? Sangat tinggi, yaitu sekitar 550 kV atau sekian juta kali dari tegangan listrik rumahan. Lantas, apa dampaknya terhadap kesehatan tubuh? Baiklah, kita akan mengulas lebih lanjut.

5 Bahaya Radiasi SUTET Bagi Kesehatan Yang Harus Diwaspadai
Wilayah yang layak untuk dibangun kanal listrik ini bergotong-royong sudah ditentukan. Sehingga ada istilah "Jarak Bebas Minimum", dimana tidak ada penduduk yang menetap atau tinggal di sekitar area tersebut.

Nah, sebelum anda dan keluarga berkeinginan untuk pindah rumah dengan alasan tertentu, anda sebaiknya menghindari pemukiman penduduk yang terletak bersahabat lokasi SUTET.


5 Bahaya Radiasi SUTET Bagi Kesehatan Yang Harus Diwaspadai


Berikut ini ialah dampak buruk paparan radiasi pembawa listrik super tinggi terhadap badan manusia:

1. Leukimia

Sumsum tulang bisa menghasilkan sel-sel darah putih (leukosit) yang berperan dalam sistem imunitas, sehingga badan punya kemampuan untuk melawan infeksi. Paparan radiasi SUTET dapat memicu penyakit leukemia, yaitu sejenis kanker yang menyerang leukosit.

Dr.Gerald Draper beserta tim peneliti dari "Chilhood Cancer Research Group" di Oxford University menemukan fakta bahwa risiko leukemia meningkat sebesar 70 persen pada bayi yang lahir di wilayah bersahabat pedoman voltase tinggi (kurang dari 200 m).

Bahkan, penelitian tersebut menemukan 400 kasus leukemia dalam satu tahun. Kasus penyakit ini tidak terjadi pada mereka yang bermukim, 600 meter dari area tersebut.

2. Kanker


SUTET bisa menimbulkan radiasi gelombang elektromagnetik yang sangat kuat. Radiasi ini dapat memicu pertumbuhan sel aneh dan tidak terkendali. Pastinya anda dapat menebak apa yang terjadi. Ya, kerusakan sel sehat yang disebabkan oleh tumor ganas.

3. Cacat pada bayi

Radiasi gelombang elektromagnet yang dihasilkan oleh SUTET juga dapat menyebabkan penyimpangan genetik pada bayi, sehingga dapat menimbulkan penyesalan bagi orang tua.

4. Electrical sensitivity

dr. Anies, M.Kes pada tahun 2004 pernah mengatakan bahwa radiasi SUTET dapat menimbulkan kondisi medis yang disebut Electrical sensitivity. Penyakit ini biasanya ditandai dengan gejala menyerupai pusing, sakit kepala, dan keletihan kronis.

5. Limfoma

Pada tahun 1979, dua ilmuwan yang berjulukan Wertheimer dan Leeper mengemukakan teori bahwa paparan medan elektromagnetik dari SUTET dapat menimbulkan risiko penyakit limfoma, penyakit kulit, ketidak-suburan pada pria, dan mudah marah (emosi tidak stabil).


Tips mencegah ancaman radiasi SUTET



  • Hindari membangun rumah bersahabat area jaringan listrik tinggi. Jaga kesehatan keluarga anda, apalagi bawah umur yang masih dalam masa pertumbuhan.
  • Pasang langit-langit (plafon) di bawah atap rumah.
  • Gunakan lembaran logam sebagai atap rumah, sehingga terhubung dengan tanah.
  • Hindari berada di luar rumah dikala malam hari.
  • Tanam aneka macam jenis bunga sebanyak mungkin di sekitar rumah. Pepohonan hijau juga baik untuk mengurangi dampak buruk dari radiasi SUTET.
  • Tanamlah daun pengecap mertua (sansivieria). Selain bisa menyerap 107 polutan, radiasi yang berasal dari gelombang elektro magnetik pun dapat diserap olehnya.

Nah, itulah 5 ancaman radiasi SUTET bagi badan manusia, yang harus diwaspadai. Hingga kini, belum ada penangkal radiasi elektro magnetik yang bekerja 100%. Upaya yang dapat kita lakukan hanyalah mengurangi efeknya sebisa mungkin. Masih banyak tanah kosong di wilayah lain, kalau anda ingin membangun rumah. Jika anda memaksakan impian untuk tetap menetap di pemukiman yang bersahabat area berbahaya, tentu saja semua risiko di depan anda. Menarik: Inilah 5 ancaman asbes terhadap kesehatan tubuh


Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "5 Bahaya Radiasi SUTET Bagi Kesehatan Yang Harus Diwaspadai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel