-->

6 Manfaat Daun Anting-anting Untuk Mengobati Penyakit Berat

Bunga anting-anting yaitu sebuah nama yang sangat mengagumkan untuk sebuah tanaman. Daun anting-anting mempunyai sederet manfaat untuk kesehatan dan pengobatan. Apakah penemu tanaman ini seorang wanita? Mungkin bentuk daunnya menyerupai dengan anting-anting yang dipakai di pendengaran wanita. Jika kedua pertanyaan tersebut ada di dalam benak anda, maka dugaan yang kedua mungkin benar. Mungkin inilah alasan untuk menyebut tanaman ini.

6 Manfaat Daun Anting-anting Untuk Mengobati Penyakit Berat
Anting-anting (Acalypha australis) yaitu tanaman semak yang tergolong ke dalam famili euphobiaceae. Sebagian orang menyebutnya dengan tanaman akar kucing, di Sunda disebut rumput kokosan, sedangkan di Cina disebut tie xian.

Ciri-ciri tanaman anting-anting

Pohon anting-anting memiliki batang yang kecil, dengan tinggi tanaman mencapai 1 meter. Daunnya berwarna hijau dengan bentuk oval, bab tepi bergerigi dan ujungnya lancip menyerupai terompet. Bunga anting-anting muncul dari ketiak daun, dengan bentuk unik dan warnanya juga hijau.

Kandungan daun anting-anting

Menurut beberapa penelitian ilmiah, daun anting-anting mengandung sejumlah zat kimia menyerupai flavonoida, alkaaloid, tannin, saponin, dan steeroid. Tanaman ini memiliki beberapa efek farmakologis menyerupai antibiotik, anti inflamasi, astringen, diuretic, dan hemostatik. Daunnya mempunyai rasa pahit dan bersifat sejuk.


6 Manfaat Bunga Anting-anting Untuk Mengobati Penyakit Berat


Anda dapat membuat ramuan yang terbuat dari daun anting-anting untuk mengobati beberapa gangguan kesehatan. Tentunya, obat ini sangat aman untuk digunakan. Nah, inilah ramuan daun anting-anting untuk mengobati penyakit ringan dan berat:


6 Manfaat Daun Anting-anting Untuk Mengobati Penyakit Berat
1. Mengobati diabetes tipe 2

Ekstrak daun anting-anting efektif untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Takarannya yaitu 300 mg daun anting-anting dalam bentuk ekstrak. Pilih tanaman yang telah berusia 2-3 bulan. Semakin bau tanah umur tanaman, makin rendah kadar zat aktif yang bekerja.

2. Mengobati muntah darah dan diare

Diare dapat menjadikan kekurangan cairan pada tubuh. Akibat dehidrasi bagi badan kita tentu sangat merugikan kesehatan. Demikian pula muntah darah, kedua kondisi ini berbahaya bagi kesehatan.

Untuk mengatasinya, rebus sekitar 30-50 gram daun anting-anting yang telah kering dan gula merah secukupnya, bersama 2 gelas air sampai menyusut setengahnya. Minum airnya di pagi dan malam hari, masing-masing ½ gelas

3. Mengobati mimisan, batuk, dan berak darah


Daun anting-anting memiliki sifat anti inflamasi yang bisa meredakan peradangan pada organ tubuh, termasuk pada pencernaan dan lainnya. Sehingga efektif untuk menyembuhkan mimisan, berak darah, atau batuk darah.

Caranya, rebus 30-50 gram daun kering anting-anting dengan 4 gelas air sampai berkurang setengahnya. Setelah airnya dingin, saring dan minum 2 kali dalam sehari. Ulangi setiap hari sampai sembuh.

4. Mengobati luka bakar dan pendarahan

Tumbuk atau gerus daun anting-anting segar sampai lumat, tambahkan gula pasir dan campur dengan merata. Balurkan pada bab badan yang bermasalah.

5. Mengobati disentri

Daun anting-anting dapat digunakan sebagai obat disentri. Caranya rebus 40 gram daun anting-anting yang kering, bersama 3,5 gelas air. Angkat setelah airnya berkurang 1,5 gelas. Minum airnya dengan teratur setiap hari selama seminggu.

Jika gejala disentri masih berlanjut, segera konsultasi dengan dokter untuk penanganan yang tepat. Mungkin saja gejala yang anda rasakan merupkan gejala penyakit lain yang cukup berbahaya.

6. Mengobati dermatitis dan eksim

Zat antiseptik yang ada di dalam daun anting-anting, bisa untuk melawan kuman pada kudis, eksim, gatal, dsb. Caranya, rebus daun anting-anting yang masih segar bersama air secukupnya. Cuci bab kulit yang bermasalah dengan airnya.

Nah, itulah 6 manfaat daun anting-anting untuk mengobati penyakit berat dan ringan. Simak juga: 7 manfaat minyak zaitun bagi kecantikan kulit dan rambut! Anda dapat menanamnya di kebun, sehingga mudah untuk menerima manfaat kesehatan dari tanaman ini.

Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "6 Manfaat Daun Anting-anting Untuk Mengobati Penyakit Berat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel