-->

9 Manfaat Daun Beluntas Untuk Pengobatan Alami

Manfaat daun beluntas untuk kesehatan, ternyata menjadi perhatian bagi banyak orang. Beluntas (Pluchea indica) yaitu tanaman liar yang biasa hidup liar sebagai semak-semak, tanpa memerlukan budidaya. Beluntas dapat tumbuh dengan baik dan bertahan hingga bertahun-tahun. Sebagian orang mengabaikan beluntas, karena belum mengetahui manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan.

Tidak sedikit penyakit yang dapat diobati dengan menggunakan daun beluntas. Mulai dari penyakit ringan menyerupai demam dan perut kembung, hingga penyakit berat menyerupai rematik dapat ditangani dengan ramuan herbal yang terbuat dari daun beluntas.

Kemampuan beluntas sebagai obat alami disebabkan oleh beberapa nutrisi penting di dalamnya, yang sangat memiliki kegunaan untuk mengobati banyak sekali problem kesehatan.

Fakta Nutrisi Daun Beluntas

Daun beluntas memiliki senyawa penting menyerupai natrium, alkaloid, natrium, tannin, minyak atsiri, flavonoid, magnesium, kalsium, dan fosfor. Sedangkan akarnya mengandung tannin dan flavonoid.


9 Manfaat Daun Beluntas Untuk Pengobatan Alami


1. Mengatasi Rematik

Nutrisi dalam daun beluntas ternyata bisa meredakan nyeri akhir rematik, yang biasanya dialami oleh orang tua. Cukup dengan minum segelas air rebusan daun beluntas dengan rutin, maka gejala rematik akan hilang. Baca juga: 8 Cara Tradisional Untuk Mengobati Rematik.

2. Meredakan Nyeri Pinggang

Banyak orang tersiksa akhir nyeri pinggang. Untuk mengatasi problem ini, perbanyak makan daun beluntas sebagai lalapan atau minum ramuan herbal yang didapatkan dengan merebusnya.

3. Mengobati Perut Kembung


Daun beluntas juga efektif dalam mengatasi perut kembung. Untuk menerima manfaat ini, minum air hasil rebusan daun beluntas. Cukup mudah, bukan?

4. Mengobati TBC kelenjar leher

Sediakan ekstrak daun dan batang beluntas, tambahkan rumput laut dan ekstrak gelatin dari kulit sapi. Ketiga materi dikukus hingga lunak, kemudian makan ramuan ini dengan rutin setiap hari.

5. Mengatasi Keracunan Makanan

Daun beluntas memiliki sifat anti bakteri. Penelitian oleh Davis Stout, menawarkan bahwa daun beluntas bisa melawan basil pathogen yang dapat menimbulkan keracunan makanan, menyerupai basil Escheria coli, Bacillus cereus, dan Staphylocossus eureus.

6. Meredakan Nyeri Haid

Daun beluntas juga dapat mengatasi nyeri haid yang membuat wanita merasa tidak nyaman. Cara menggunakan daun beluntas sebagai pereda nyeri tidaklah sulit. Rebus 20 lembar daun beluntas bersama segelas air. Tambahkan asam jawa dan sedikit garam. Minum ramuan ini secara teratur.

7. Menghilangkan Bau Badan dan Bau Mulut

Dengan mengkonsumsi daun beluntas sebagai tumisan atau lalapan, dapat menghilangkan busuk lisan dan busuk tubuh yang tidak sedap. Bukan hanya melenyapkan busuk badan, daun beluntas yang dikonsumsi dengan rutin akan membuat aroma tubuh menjadi harum. Pelajari: 10 Penyebab Bau Badan Yang Menyengat.

8. Mengobati Demam

Untuk meredakan demam, gunakan daun beluntas. Caranya dengan merebus 15 gram daun beluntas hingga mendidih selama beberapa menit. Minum airnya dikala hangat.

9. Mengobati Keputihan

Keputihan merupakan problem umum yang diderita oleh banyak wanita. Namun keputihan yang berlarut-larut akan berdampak buruk bagi kesehatan. Daun beluntas efektif untuk meredakan keputihan dengan cepat dan aman.

Cara membuat: sediakan 11 lembar daun beluntas segar, sebatang temu kunci, sepotong kayu rapet, sepotong kunyit, dan sepotong temulawak. Semua materi dicuci dengan air mengalir. Iris ketiga rimpang, rubus semua materi bersama 2 mangkuk air. Biarkan mendidih hingga airnya tersisa 1/3 mangkuk saja. Minum ramuan ini dengan rutin selama 2 ahad berturut-turut.


Efek farmakologi Pada Daun Beluntas


Daun beluntas memiliki efektifitas sebagai anti kejang (antispasme), mematikan basil (antiseptik), mengobati tukak lambung, melawan efek phenobarbital, dan sebagai aromatikum.

Nah, itulah 9 manfaat daun beluntas sebagai obat alami untuk mengatasi banyak sekali gangguan kesehatan. Beluntas sangat mudah untuk tumbuh. Jadi, cobalah untuk menanamnya sebagai tanaman pagar yang memiliki banyak manfaat.


Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "9 Manfaat Daun Beluntas Untuk Pengobatan Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel