-->

7 Manfaat Kembang Coklat Untuk Pengobatan Alami

7 Manfaat Kembang Coklat Untuk Pengobatan Alami
Anda mungkin menyangka bahwa kembang coklat memiliki warna yang sama dengan namanya. Padahal, warna bunga dari tanaman ini yakni putih, tak jauh beda dari melati. Meskipun tumbuhan ini berukuran kecil, namun sarat dengan manfaat kesehatan. Ya, setidaknya kembang coklat turut berkontribusi di dunia pengobatan.

Kembang coklat dapat digunakan untuk mengatasi banyak sekali problem kesehatan, menyerupai epilepsi, hepatitis, serta melancarkan siklus menstruasi. Banyak lagi khasiat dari bunga kecil ini. Nama lain dari kembang coklat yakni bawang sebrang, dalam bahasa Inggris disebut rain lily.

Mungkin di tempat lain, tumbuhan ini disebut merakan, jambul merak, atau kembang patra kembala. Zephyranthes candida merupakan nama ilmiah dari tanaman ini, masih tergolong ke dalam famili amaryllidaceae.

Penyebaran bunga ini dimulai dari Brazil dan Chili, sehingga kini anda dapat menemukannya di banyak sekali penjuru dunia. Tidak jauh dari keluarga bakung-bakungan lainnnya, kembang coklat memiliki daun yang berbentuk pipih, panjang, dan melengkung. Permukaan daunnya licin dan mengkilap. Tinggi tanaman hanya mencapai sekitar 30 cm saja.

Bunganya yang berwarna putih, dengan bentuk menyerupai corong yang tengadah. Bunga ini mempunyai putik berwarna kuning, yang menambah keindahannya. Bentuk bijinya pipih dengan warna hitam, sedangkan umbi yang terbentuk biasanya berwarna putih dan mengandung cairan licin.

Kembang coklat banyak sekali nutrisi dan zat penting menyerupai asam gallic, lycorine, tannin, tazettin, resin, haemanthidine, nerenine, asam beuzoic, dan zat merah. Daunnya mengandung saponin, alkalloida, tannin, kalsium oksalat, dan glukosida. Sifat tanaman ini termasuk netral, dan agak manis. Salah satu efek farmakologis di dalamnya yakni sebagai antipiretik.


7 Manfaat Kembang Coklat Untuk Pengobatan Alami

Berbagai zat kimia yang ada di dalamnya, membuat anggota bakung-bakungan ini dapat digunakan untuk melawan beberapa jenis penyakit. Nah, inilah khasiat kembang coklat untuk pengobatan:

1. Meredakan insomnia

Ketika jam tidur telah tiba tapi anda belum dapat memejamkan mata, pecahkan problem langsung yang sedang melanda. Ada juga cara alami untuk mengatasi sulit tidur, salah satunya dengan kembang coklat. Ambil 10 gram daunnya, basuh dengan air bersih yang mengalir. Panaskan 500 ml air di atas kompor, masukkan materi ke dalamnya. Biarkan hingga air mendidih selama 17 menit, angkat. Minum di pagi juga malam hari.

2. Sebagai obat sakit kepala (pusing)


Jika anda menderita pusing yang disebabkan oleh kondisi medis, cobalah mengkonsumsi ramuan tradisional. Cara membuatnya, rebus 15 gram bawang sebrang bersama 450 ml air. Tunggu airnya mendidih selama ¼ jam, biarkan dingin. Minum dengan segera, untuk meredakan sakit kepala.

3. Sebagai obat ayanan (Epilepsi)

Untuk mencegah penyakit ayan supaya tidak kambuh lagi, anda dapat menggunakan materi alami. Caranya, panaskan dua gelas air menggunakan api kecil, masukkan 10 gram kembang coklat dan sedikit gula batu. Biarkan mendidih selama beberapa saat, angkat. Berikan minuman ini kepada penderita epilepsi setiap hari.

4. Meningkatkan fungsi hati pada penderita hepatitis tahap awal

Kembang coklat ternyata juga efektif dalam mengatasi gangguan fungsi hati. Cara menggunakannya tidaklah sulit. Cukup dengan minum air rebusan dari 10 gram tanaman ini. Lakukan secara rutin hingga gejala berkurang dan hilang.

5. Melancarkan siklus haid

Untuk mengatasi terlambat haid, tumbuk kulit tanaman kembang coklat. Seduh dengan air panas, minum layaknya minuman teh.

6. Menurunkan demam

Bunga kecil ini ternyata bisa untuk mengurangi panas badan yang tinggi pada anak. Caranya, tumbuk bunganya kemudian tempelkan pada kening adegan tepi.

7. Mengatasi kejang pada anak

Bawang sebrang juga dapat digunakan sebagai obat luar pada anak yang mengalami kejang. Di samping itu, tidak problem jikalau air rebusannya diminum oleh penderita.

Nah, itulah 7 manfaat kembang coklat untuk pengobatan secara alami. Menarik: 17 Manfaat Bunga Melati Untuk Kecantikan yang Menakjubkan. Mungkin anda pernah melihat tanaman yang satu ini? Jika anda punya pengalaman dengan kembang coklat, silahkan menuliskannya di kolom komentar.

Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "7 Manfaat Kembang Coklat Untuk Pengobatan Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel