-->

17 Manfaat Bunga Melati Untuk Kesehatan Dan Kecantikan yang Menakjubkan

- Bunga melati tentunya dikenal oleh semua orang. Wanginya yang semerbak, dengan bentuknya yang mungil, cantik, dan lembut pastinya membuatnya lekat di ingatan kita. Namun, sedikit orang saja yang mengetahui manfaat melati untuk kesehatan dan kecantikan. Jika anda menyukai bunga yang satu ini, seharusnya tahu ihwal khasiat si mungil ini.

17 Manfaat Bunga Melati Untuk Kesehatan Dan Kecantikan yang Menakjubkan
Seseorang yang memiliki nama melati, biasanya mempunyai wajah yang manis, punya kepribadian yang baik, sikap dan hatinya pun lembut. Nama ilmiah untuk bunga melati yakni jasminum sambac atau jasminum offcinale. Bunga cantik ini telah digunakan selama beberapa kala oleh masyarakat Mediterania sebagai obat herbal.

Bunga jasmine sering ditanam oleh banyak orang sebagai tanaman hias, yang akan menambah keindahan suasana. Sedangkan untuk pengobatan, kembang melati berkontribusi cukup besar disebabkan zat penting yang ada di dalamnya. Beberapa zat kimia yang terdapat dalam bunga ini menyerupai minyak eteris, jasmon, livalylacetaat, indole, asetat benzilic, dan lain-lain.


17 Manfaat Bunga Melati Untuk Kesehatan Dan Kecantikan yang Menakjubkan


Bunga melati kaya akan beberapa nutrisi penting yang dapat melawan aneka macam jenis penyakit, serta efektif untuk merawat kecantikan kulit. Kini, banyak produk kecantikan menggunakan bunga ini sebagai materi utama dalam pembuatan kosmetik wajah dan kulit. Nah sobat 2 Cara basuh ginjal dengan alami dan murah

3. Sakit kepala dan demam

Bunga jasmine juga efektif untuk meredakan sakit kepala, juga demam. Petama, remas segenggam bunganya hingga lumat kemudian rendam dalam segelas air. Kompres dahi anda dengan airnya.

4. Demam berdarah

Kembang melati ternyata juga efektif untuk mengatasi penyakit berbahaya menyerupai demam berdarah. Ambil 9 lembar daun yasmin dan 1.5 gram buah belimbing. Panaskan 500 ml air, masukkan materi ke dalamnya. Angkat setelah airnya berkurang 250 ml. Minum dengan rutin selama 3 hari.

5. Bengkak karena sengatan tawon


Sifat antibakteri dan anti-inflamasi dalam bunga melati efektif untuk mengobati bengkak, yang disebabkan oleh racun lebah atau serangga lainnya. Lumatkan bunganya, terapkan pada kulit yang digigit oleh binatang berbisa.

6. Radang usus

Peradangan pada jalan masuk cerna dapat diatasi dengan mengkonsumsi teh melati. Seduh bunganya bersama segeas air panas, minum selagi hangat. Anda juga dapat minum rebusan kembang melur ini dengan rutin, untuk hasil terbaik.

7. Mata teriritasi

Belekan atau mata merah yang disebabkan oleh infeksi mikroba, dapat disembuhkan dengan cara tradisional. Remas kembang melur hingga lembut, balurkan pada bawah alis mata. Lakukan pengobatan beberapa kali dalam sehari. Perbanyak juga asupan vitamin A dan C, yang diperoleh dari buah dan sayuran.

8. Kolesterol tinggi

Kadar kolesterol buruk (LDL) berlebih dapat menyumbat pembuluh darah, sehingga dapat memicu serangan jantung. Dengan rutin minum teh melati setiap hari, dapat mengurangi kadar LDL dalam darah. Minuman ini sangat bagus, jikalau dikombinasikan dengan kurma dan kentang.

9. Kadar gula darah melonjak

Teh melati juga cocok diminum oleh penderita diabetes, karena khasiatnya untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

10. Stres dan depresi

Ekstrak melati dapat digunakan sebagai minyak aroma terapi yang menyebabkan efek relaksasi, sehingga membuat syaraf menjadi lebih tenang. Manfaat ini juga dapat diperoleh dengan mengkonsumsi teh herbal yang terbuat dari bunganya.

11. Sulit tidur (insomnia)

Melati juga berkhasiat untuk meningkatkan kualitas tidur. Jadi, sangat cocok dikonsumsi oleh penderita insomnia. Cukup dengan minum air dari rebusan akar tanaman ini.


Manfaat Bunga Melati Bagi Kecantikan


12. Menghilangkan jerawat

Bagaimana pun, kehadiran jerawat tidak diinginkan oleh semua orang terutama bagi wanita. Untuk menghilangkan jerawat, anda perlu menyiapkan beberapa materi alami. Ambil 19 kuntum kembang melur, 3 gram belerang, 2 jari asam kawak, dan 2 sdm perasan jeruk nipis. Lumatkan semua bahan, peras dan campur dengan air jeruk nipis. Aplikasikan secara merata pada kulit wajah, biarkan selama ¼ jam. Cuci wajah anda dengan air dingin. Lebih lengkap: 5 Cara cepat menghilangkan jerawat secara alami

13. Mengatasi anyir badan

Meskipun anda memiliki wajah cantik, selama anyir tubuh tidak sedap selalu menyertai kemana pun anda pergi, maka duduk perkara ini tentu sangat mengganggu. Dengan minum teh bunga melati secara teratur, dapat melenyapkan anyir tubuh yang sangat mengganggu.

14. Melembutkan kulit

Untuk mengatasi kulit kusam, tidak harus menggunakan krim dengan harga mahal. Tumbuk satu genggam kembang melati, hingga lembut. Campur dengan minyak zaitun, air mawar, madu, dan susu. Terapkan pada kulit anda, sambil dipijat secara lembut selama 15 menit.

Perawatan kulit ini berkhasiat untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Bersihkan dengan menggunakan handuk basah. Bilas hingga bersih. Anda bisa menggunakan masker ini 2 hingga 3 kali di dalam 1 minggu.

15. Mengatasi rambut rontok

Kerontokan pada rambut secara terus-menerus dapat menyebabkan kebotakan. Pastinya anda tidak ingin mengalaminya, bukan? Nah, atasi dengan paduan materi alami.

Sediakan 15 kuntum bunga jasmine, 2 lembar pandan wangi, 2 kuntum mawar, 5 helai daun mangkokan, 7 lembar daun urang aring, 10 gram biji kemiri, 50 ml minyak wijen, secangkir minyak kelapa, dan 4 liter air bersih.

Tumbuk kemiri dan daun lainnya hingga lembut, potong-potong bunga yang tersedia. Campur minyak wijen dengan minyak kelapa, kemudian panaskan dengan api kecil. Selanjutnya, panaskan semua materi menggunakan api kecil selama 25 menit. Tunggu airnya dingin, terapkan pada kulit kepala sambil memijatnya dengan lembut. Ulangi perawatan ini sebelum mandi, di pagi dan sore hari.

16. Menurunkan berat tubuh berlebih

Untuk menunjang kegiatan diet anda, kembang melati dapat menjadi solusi tepat. Seduh bunganya bersama teh hijau ke dalam secangkir air panas. Sebagaimana diketahui, teh hijau kaya akan antioksidan. Campuran ini mengandung epigallocatechin gallate, yang bisa meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh anda.

17. Mencegah penuaan dini

Secangkir teh melati juga mengandung antioksidan yang berlimpah, sehingga efektif dalam memerangi radikal bebas penyebab penuaan kulit. Simak juga: 10 cara alami mengatasi penuaan dini

Nah, itulah 17 manfaat bunga melati untuk kesehatan dan kecantikan yang menakjubkan. Apakah anda menyukai keharuman bunga ini?

Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "17 Manfaat Bunga Melati Untuk Kesehatan Dan Kecantikan yang Menakjubkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel