-->

8 Manfaat Utama Buah Belimbing Bagi Kesehatan

Banyak orang merasa penasaran, dengan manfaat buah belimbing untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Bagaimana dengan anda? Apakah anda menyukai jus belimbing yang manis? Salah besar, kalau belimbing tidaklah lebih dari sekedar buah-buahan pada umumnya. Di balik bentuknya yang cantik, buah belimbing ternyata mengandung sejumlah vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya yang berguna untuk badan kita.

8 Manfaat Penting Buah Belimbing Bagi Kesehatan
Belimbing manis merupakan salah satu dari buah-buahan yang tumbuh dengan baik di iklim tropis, termasuk Indonesia. Nama ilmiah untuk buah ini yaitu Averrhoa carambola, dikenal dengan starfruit dalam bahasa Inggris. Ciri khas buah ini yaitu bentuk penampangnya yang ibarat dengan bintang, kalau buahnya dipotong. Warnanya kuning agak kemerahan dikala matang, dengan biji-biji kecil yang berwarna coklat.

Belimbing dapat disantap secara pribadi sebagai buah segar dan rujak, atau dikonsumsi dalam bentuk olahan ibarat selai, manisan, dan lainnya.

Fakta nutrisi dari buah belimbing

Beberapa vitamin penting yang terdapat di dalam buah belimbing ibarat folat, niacin, riboflavin, piridoksin, tiamin, vitamin A, C, E, dan K. Buah ini juga dilengkapi dengan mineral penting ibarat kalsium, kalium, sodium, magnesium, zat besi, zinc, dan zat fosfor. Kandungan buah belimbing lainnya termasuk protein, karbohidrat, kalori, dan serat.


8 Manfaat Utama Buah Belimbing Bagi Kesehatan


Di balik rasanya yang manis dan sedikit asam, belimbing menawarkan kontribusi di dunia kesehatan. Berikut ini yaitu manfaat buah belimbing untuk badan kita:

1. Menyehatkan jantung

Meskipun belimbing memiliki mineral esensial yang rendah, tetapi zat tembaga yang ada dalam buah ini efektif untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Belimbing juga dilengkapi dengan potasium yang diharapkan oleh badan kita. Potasium turut berperan dalam menstabilkan tekanan darah dan detak jantung, dan mengimbangi efek buruk dari sodium. Pelajari: 12 Gejala awal dan tanda-tanda penyakit Jantung!

2. Meningkatkan imunitas


Vitamin C yang berlimpah dalam buah belimbing berguna untuk melawan virus dan kuman penyebab infeksi. Vitamin C merupakan antioksidan alami yang memiliki peranan penting dalam melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel. Vitamin ini berhubungan dengan flavonoid di dalam belimbing, ibarat asam galat, epikatekin, dan quercetin. Adanya antioksidan berpengaruh dalam buah ini membuat badan kita menjadi lebih kebal terhadap serangan penyakit.

3. Mengobati peradangan

Belimbing juga diperkaya dengan polifenol yang bersifat anti inflamasi, sehingga bisa mencegah dan mengatasi peradangan. Adanya manfaat ini menimbulkan belimbing efektif untuk mengobati sariwan, demam, abses perut, dan batuk. Buah ini juga berguna untuk mengatasi kulit kemerahan akhir paparan sinar UV.

4. Melancarkan pencernaan

Belimbing mengandung serat dalam jumlah tinggi, yang menjaga membran mukosa di usus besar dari racun yang masuk ke dalamnya. Serat ini bisa mengikat zat karsinogen penyebab kanker, dan membuangnya dari tubuh. Zat tembaga dalam belimbing mencegah feses keras dan kering, sehingga melancarkan pencernaan.

5. Mencegah infeksi bakteri

Ekstrak buah belimbing mengandung nitrit oksida yang bersifat anti mikroba, yang dapat melawan acara kuman ibarat Staphyloccocus aureus, E. Coli, Pseudomonas aeruginosa, dan Klebsiella spp.

6. Meningkatkan metabolisme tubuh

Buah belimbing diperkaya dengan vitamin B kompleks ibarat folat, piridoksin, dan riboflavin yang bisa bertindak sebagai kofaktor enzim pada proses metabolisme di dalam badan dan fungsi sintesis lainnya.

7. Menurunkan kadar kolesterol buruk

Belimbing kaya serat yang berguna untuk mengurangi peresapan kolesterol jahat oleh usus, serta menurunkan kadar trigliserida. Kadar kolesterol buruk (LDL) yang terlalu tinggi dalam darah, rentan dengan aterosklerosis yang dapat memicu stroke atau penyakit jantung.

8. Menambah nafsu makan

Vitamin A dan retinol yang terdapat di dalam belimbing berguna untuk meningkatkan selera makan anda. Jadi, berikan jus belimbing kepada anak anda, dikala mereka mulai kehilangan nafsu makan.

Penting

Bagi penderita watu ginjal dan gagal ginjal sebaiknya menghindari konsumsi belimbing. Buah ini juga tidak cocok dikonsumsi oleh pasien yang sedang menjalani basuh ginjal. Hal ini disebabkan kadar asam oksalat yang tinggi di dalam buah ini, atau mungkin disebabkan adanya senyawa karamboksin. Beberapa efek samping yang mungkin timbul ibarat mual, cegukan, pingsan, dan lainnya.

Nah, itulah 8 manfaat buah belimbing bagi kesehatan badan kita. Simak juga: 15 Manfaat buah delima dan cara memanfaatkan. Meskipun kaya akan manfaat kesehatan, tetap proporsional dalam konsumsi buah ini. Mungkin anda menanam pohonnya di pekarangan rumah?

Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "8 Manfaat Utama Buah Belimbing Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel