-->

10 Penyebab Bau Badan Yang Menyengat

Penyebab busuk tubuh yang tidak sedap sering menjadi pertanyaan bagi banyak orang. Faktor apa yang menyebabkan keringat berbau menyengat? Bahkan, deodoran terkadang bukan solusi yang tepat, alasannya yaitu busuk tubuh tidak hilang tetapi semakin tidak karuan. Bau tubuh yang mengganggu kenyamanan orang lain merupakan problem serius, yang harus diobati dengan benar.

10 Penyebab Bau Badan Yang Menyengat
Bau tubuh memiliki tingkatan tertentu, dari ringan sampai berat. Sebelum mengetahui cara alami untuk menghilangkan busuk badan, perlu dimengerti mengenai faktor penyebab busuk tubuh yang berlebihan.

Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai dua kelenjar penghasil keringat, yaitu apokrin dan akrin. Nah, kelenjar apokrin ini sebagai penghasil keringat pada area-area tertentu di tubuh, termasuk area lipatan dan daerah tumbuhnya rambut halus.


10 Penyebab Bau Badan Yang Menyengat


Sebagian orang mengalami problem busuk tubuh yang cukup parah. Bahkan, mereka telah mandi secara teratur dan menggunakan pewangi tubuh. Namun aroma tidak sedap tetap tercium dari tubuh mereka. Berikut beberapa faktor penyebab aroma tubuh yang tidak menyenangkan:

1. Gangguan tertentu pada genetik

Gangguan pada gen tertentu dalam istilah medis disebut trimethylaminuria. Kelainan ini membuat tubuh tak bisa memecah trimetilamina, yaitu senyawa kimia serupa dengan penyebab busuk bau pada ikan. Jika trimetilamina menumpuk secara berlebihan, maka tubuh melepasnya bersama urin, nafas, dan keringat.

2. Stres

Ketika seseorang mengalami stres atau depresi, maka produksi kelenjar apokrin meningkat. Keringat yang keluar darinya mengandung lemak, protein, dan sedikit air. Jenis keringat ini rentan bercampur bakteri, sehingga mudah menyebabkan busuk badan. Baca: 10 Cara Cepat Menghilangkan Stres Secara Alami.

3. Makanan Tertentu


Beberapa jenis makanan ibarat bawang merah dan brokoli bisa memecah senyawa busuk pada pedoman darah, kemudian dikeluarkan lewat urin dan keringat. Senyawa pemicu busuk ibarat sulfur ini dapat ditemukan pada sayuran yang masih tergolong ke dalam keluarga cruciferous.

4. Dampak Penyakit tertentu

Beberapa penyakit ibarat diabetes dan penyakit liver (hepatitis) sering menyebabkan busuk tubuh bagi penderitanya. Diabetes tanpa pengobatan yang sempurna dapat berlanjut menjadi ketoasidosis diabetikum yang rentan dengan problem busuk badan. Sedangkan tubuh penderita hepatitis biasanya sulit mengeluarkan racun, yang pada akibatnya juga memicu busuk keringat yang amis.

5. Pakaian yang tidak menyerap keringat

Kain yang tidak bisa menyerap keringat dapat membuat busuk terperangkap dan memicu keringat berlebih.

6. Asam propanoat

Asam propanoat atau propionat merupakan hasil penguraian keringat oleh propionibacteria yang di kanal kelenjar sebasea pada remaja. Asam ini yang sering menjadi penyebab busuk tubuh pada remaja. Perubahan hormon androgen juga dapat berakibat busuk badan.

7. Asam isovalerik

Sebagian orang mengeluarkan aroma tubuh ibarat busuk keju. Bau ini berasal dari asam isovalerik yang dibentuk oleh kuman staphylococcus epidermis.

8. Tidak menjaga kebersihan tubuh

Bagaimana pun, keringat yang berlebihan yang bercampur dengan kotoran dan kuman harus dibersihkan.

9. Kebiasaan buruk

Beberapa kebiasaan buruk ibarat memakai pakaian jeans dalam waktu yang sangat lama, tanpa mencuci dan menggantinya akan rentan dengan problem busuk tubuh yang berlebih.

10. Pola makan yang tidak seimbang

Terlalu sering makan bawang putih dan makanan berlemak, tetapi tubuh kekurangan asupan zinc dan magnesium.

Itulah 10 penyebab busuk tubuh yang menyengat. Mungkin ada faktor penyebab yang terlewatkan? Untuk mengatasi busuk tubuh yang menyengat, silahkan pelajari 13 Makanan Yang Mengharumkan Bau Badan Secara Permanen. Dengan gaya hidup sehat, hidup anda akan lebih berkualitas dan orang-orang di sekitar anda pun akan mencicipi manfaatnya.

Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "10 Penyebab Bau Badan Yang Menyengat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel