-->

11 Manfaat Daun Ekor Naga Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Daun ekor naga memiliki sejumlah manfaat kesehatan, sehingga membuatnya layak untuk dimasukkan ke dalam golongan tanaman obat. Tanaman ini memang memiliki daun yang sekilas ibarat dengan bentuk ekor naga. Di balik bentuknya yang unik, daun ekor naga berkontribusi di dunia pengobatan herbal. Daunnya berguna untuk mengobati beberapa jenis penyakit, serta berguna untuk perawatan kecantikan.

11 Manfaat Daun Ekor Naga Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Nama latin untuk tanaman ekor naga yakni Rhaphidophora pinnata schott, yang digolongkan ke dalam keluarga Araceae. Tanaman ekor naga memiliki nama lain ibarat samblung. Orang Jawa menyebutnya jalu mampang, sedangkan orang Sunda menawarkan nama lolo munding.

Ciri-ciri tanaman ekor naga

Batang tanaman ekor naga tumbuh dengan melilit atau merambat, hingga mencapai tinggi sekitar 15 cm. Batang ini mempunyai akar yang menggantung di udara dan dapat melekat. Daunnya besar dan lebar, dengan ujung yang runcing.

Kandungan daun ekor naga

Mineral penting yang terdapat dalam daun ekor naga termasuk natrium, zat besi, dan kalium. Sehingga daun ekor naga memiliki sifat diuretik atau sebagai peluruh urin.


11 Manfaat Daun Ekor Naga Bagi Kesehatan dan Kecantikan


Daun ekor naga dapat digunakan untuk mengatasi banyak sekali gangguan kesehatan dan penyakit tertentu. Berikut ini yakni cara membuat ramuan herbal menggunakan daun ekor naga:

1. Mengobati anemia

Daun ekor naga mengandung zat besi yang berlimpah, yang diperlukan dalam proses pembentukan sel darah merah. Dengan mengkonsumsi daun ekor naga secara teratur, maka penyakit anemia dapat diobati.

2. Mengobati batuk


Orang Vietnam sering menggunakan tanaman ekor naga sebagai obat batuk, paralisis, dan konjungtivitis. Cara membuatnya, ambil 3 lembar daun ekor naga dan rimpang jahe. Rebus dengan 300 ml air hingga tertinggal 200 ml saja. Minum airnya dikala masih hangat.

3. Mempercepat pemulihan luka

Zat besi dalam daun ekor naga bermanfaat untuk mempercepat proses pemulihan jaringan kulit yang mengalami luka. Minum air rebusan daun ini setiap hari untuk menerima hasil yang optimal.

4. Mengatasi nyeri dan abses akhir reumatik

Pembengkakan dan rasa nyeri pada persendian dialami oleh penderita rematik. Untuk mengatasi gejala ini, buatlah ramuan daun ekor naga. Rebus beberapa lembar daun ekor naga dengan air secukupnya, biarkan mendidih selama beberapa saat. Minum larutan ini dengan rutin hingga sembuh.

5. Membantu mengobati kelumpuhan (paralysis)

Orang Vietnam menggunakan daun ekor naga untuk mengatasi kelumpuhan pada adegan tubuh. Caranya tidak sulit, cukup dengan mengkonsumsi air yang diperoleh dari rebusan daun ini.

6. Menguatkan tulang

Mineral penting yang terdapat di dalam daun ekor naga, ternyata berguna untuk menjaga kekuatan tulang. Sehingga efektif untuk mencegah tulang keropos (osteoporosis).

7. Mencegah kanker dan tumor

Daun ekor naga terbukti secara empiris, bisa mencegah dan melawan sel asing penyebab kanker. Penggunaan daun ini sebagai anti kanker, telah lama dikenal di Singapura. Cukup dengan menyeduh daunnya sebagai minuman teh. Pelajari tentang: 5 jenis kanker kulit dan cara mencegahnya.


Manfaat Daun Ekor Naga untuk Kecantikan Kulit


8. Mengatasi radang kulit

Daun Ekor naga bisa mengatasi banyak sekali infeksi dan peradangan pada kulit, ibarat kurap, ruam, bisul, dan kutu air. Caranya, iris-iris daun ekor naga kemudian tumbuk hingga lumat. Terapkan pada adegan kulit yang bermasalah. Biarkan selama 15 menit, sebelum dibilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini setiap hari, untuk hasil optimal.


Manfaat daun ekor naga lainnya

Daun unik ini juga sering digunakan untuk mengobati beberapa gangguan kesehatan, ibarat bunyi serak, jerawat, dan sebagai pembersih darah kotor. Simak juga: 5 cara cepat menghilangkan jerawat secara alami!

Nah, itulah 11 manfaat dan khasiat daun ekor naga untuk kesehatan. Mungkin anda menyebut tanaman ini dengan nama lain?


Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "11 Manfaat Daun Ekor Naga Bagi Kesehatan Dan Kecantikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel