-->

7 Manfaat Dan Khasiat Kastuba Untuk Mengobati Penyakit

Daun kastuba memang cantik, tak ubahnya bunga cantik yang penuh dengan aneka warna. Sesuai dengan namanya dalam bahasa ilmiah Euphorbia pulcherrima, artinya yakni eforbia yang cantik. Namun, tahukah anda bahwa di balik warnanya yang elok, ternyata tanaman kastuba sarat dengan manfaat kesehatan. Apa saja?

7 Manfaat Dan Khasiat Kastuba Untuk Mengobati Penyakit
Nama latin kastuba lainnya yakni Poinsettia pulcherrima. Tanaman herbal ini berasal dari Mexico selatan. Nama lain dari kastuba menyerupai denok, racunan, ki geulis, puring benggala, kedapa, dan lainnya.

Ciri-ciri kastuba

Tinggi tanaman perdu ini dapat mencapai 4 meter, dengan pohon kayu yang bergetah putih. Tangkai daun denok berwarna merah, kemudian bermetamorfosis hijau dikala tua. Warna ujung daunnya yakni merah menyala, sangat cantik.

Bunga kastuba mempunyai bentuk menyerupai cawan, tersusun secara unik dan biasanya disebut cyathia. Cyathium ini memiliki taju merah dengan perut berwarna oranye, sedangkan braktea merupakan adegan dari daun yang berwarna magenta, merah pekat, dan putih. Buahnya coklat dikala tua, dengan biji lingkaran berwarna coklat juga. Ketika animo cuek atau pada Desember, warna kastuba terlihat mencolok dan cantik sekali.

Kandungan kastuba

Beberapa senyawa penting yang terdapat dalam daun kastuba menyerupai alkkaloida, germanikol, saponin, 121-a mirin, lemak, amylodextrin. Batang mengandung saponin, zat sulfur, lemak, asam format, amylodextrin, psedotaraksasterin, dan kanji.

Efek farmakologis pada kastuba termasuk hemostatis, emetik, anti inflamasi, dan galaktagog. Tanaman ini memiliki sifat sejuk, dengan rasa pahit dan agak sepat.


7 Manfaat Dan Khasiat Kastuba Untuk Mengobati Penyakit


Tanaman hias ini ternyata sarat akan zat penting yang berkhasiat untuk mengatasi banyak sekali keluhan kesehatan dan penyakit lainnya. Berikut ini yakni manfaat dan khasiat daun kastuba:

1. Menormalkan siklus menstruasi

Haid yang tidak teratur, dapat diatasi dengan mengkonsumsi ramuan bunga racunan. Cara membuatnya, ambil 10 gram bunga kedapa dan rebus dengan 2 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan airnya menyusut segelas. Biarkan dingin, minum dikala pagi dan petang dengan takaran ½ gelas. Baca juga: 7 Cara Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami!

2. Mengatasi radang kulit, memar, dan erisipelas


Pemakaian kosmetik yang tidak cocok dengan tipe kulit anda, dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit. Demikian pula, paparan sinar UV dalam jangka panjang dan durasi lama, merupakan pemicu terjadinya peradangan pada kulit yang sensitif. Nah, untuk meredakan radang, cobalah untuk menggunakan daun kastuba.

Ambil beberapa lembar daun kastuba, basuh dengan air mengalir. Tumbuk atau giling hingga lumat. Terapkan pada adegan kulit yang bermasalah. Balut dengan kasa bersih, ganti 2 kali dalam sehari. Hentikan penggunaan, bila kulit melepuh.

3. Berguna bagi ibu dan bayinya

Sifat galaktagog dalam daun kastuba sangat membantu untuk menjaga kesehatan ibu dan bayinya yang masih kecil (balita). Cukup dengan minum air rebusan dari daun denok, dengan takaran secukupnya.

4. Mengobati luka baru

Daun denok ternyata efektif untuk menyembuhkan luka yang gres terjadi pada kulit. Caranya, ambil getah dari tanaman kastuba kemudian oleskan pada luka di kulit anda.

5. Mempercepat penyembuhan tulang patah (fraktur)

Daun benggala ternyata dapat membantu untuk pemulihan jaringan tulang, sehingga tulang yang patah akan sembuh lebih cepat.

6. Membantu dalam mengobati TBC paru-paru

Penyakit tuberculosis dapat diobati dengan minum air yang diperoleh dari rebusan bunga dan daun kastuba. Minum dengan rutin setiap pagi dan malam hari, hingga gejala hilang.

7. Mengobati gejala disentri

Diare dan gejala lain yang timbul jawaban penyakit disentri, dapat diredakan dengan racikan bunga kastuba. Minum dengan rutin air yang didapatkan dari rebusan daun atau bunga ini, setiap hari hingga sembuh.

Peringatan

Getah tanaman kastuba bersifat iritatif dan dapat menyebabkan lepuh kecil (vesikel) pada kulit anda. Jadi, hati-hati dikala menggunakannya.

Hindari konsumsi secara berlebihan, alasannya yakni dapat menyebabkan diare dan muntah. Patuhi takaran yang dianjurkan, atau konsultasi dengan jago herbalis.

Nah, itulah 7 manfaat dan khasiat daun kastuba untuk mengobati penyakit. Simak juga: 11 Manfaat Daun Pulutan Untuk Pengobatan Tradisional. Anda dapat menanannya di halaman rumah atau taman. Jauhkan tanaman ini dari daerah yang terlalu terik dan panas, biar warna daunnya tetap cantik dan cerah.

Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "7 Manfaat Dan Khasiat Kastuba Untuk Mengobati Penyakit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel