-->

9 Manfaat Bidara Laut Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Bidara laut merupakan tanaman perdu yang memiliki sederet manfaat kesehatan dan kecantikan kulit. Dalam pengobatan tradisional, daun bidara laut sering digunakan untuk mengobati beberapa penyakit menyerupai malaria, diabetes, kencing berdarah, dan banyak lagi. Salah satu manfaat bidara laut untuk kecantikan ialah mencegah keriput dan penuaan dini lainnya.

9 Manfaat Bidara Laut Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Nama ilmiah dari bidara laut ialah Strychnos Ligustrina, yang dimasukkan ke dalam famili Loganiaceae. Tanaman semak ini mempunyai nama lain menyerupai buin, dara putih, kayu ular, songga, dsb.

Ciri-ciri tanaman bidara laut

Habitat bidara laut ialah hutan yang berada di bersahabat pantai, dengan batang pohon yang kecil dan struktur kayunya keras. Pohon bidara laut pada umumnya bengkok, dengan cabang yang menyebar dan rantingnya mempunyai rambut pendek.

Bentuk daun bidara laut ialah cenderung oval, tidak bergerigi di pinggirnya. Panjang daun dapat mencapai 29 cm dan lebarnya sekitar 2 cm. Permukaan daun episode atas mengkilap.

Tanaman perdu ini memiliki bunga yang muncul dari ketiak daun. Bentuk bunganya ialah payung menggarpu, berwarna kuning dan aromanya cukup harum. Sedangkan buah bidara laut berbentuk lingkaran dengan garis tengah terbesar 4 cm, warnanya kuning agak kemerahan. Buah ini akan berwarna kehitaman setelah bau tanah (matang). Setiap episode tanaman ini memiliki rasa yang pahit. Bidara laut dapat tumbuh dengan subur di iklim kering dengan tanah berbatu.

Kandungan bidara laut

Zat kimia yang terdapat dalam tanaman bidara laut menyerupai loganin, brucine, galactan, aßculubrine, mannosan, brucidine, chlorogenic acid, tetrahydrobrucine, vomicine, copper, strychinicine, strychnine, pseudostrychnine, dan tetrahydrostrychnine.

Efek farmakologis yang terdapat dalam bidara laut menyerupai analgesik, diaforetik, anti-inflamasi, antidote, mendinginkan tubuh, dan melancarkan anutan darah.


9 Manfaat Bidara Laut Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Bidara laut sering ditemukan dalam bentuk serutan tipis sebagai materi jamu tradisional. Berikut ini ialah khasiat bidara laut untuk pengobatan dan perawatan kecantikan:

1. Mengobati rematik

Nyeri sebab radang sendi atau rematik tentu sangat menyiksa. Tidak usah repot untuk mencari obatnya, gunakan saja bidara laut. Caranya, sediakan 2 gram biji seledri, 8 gram pucuk daun jambu mede, dan 100 gram kayu bidara laut. Rebus ketiga materi ini bersama 100 ml air hingga mendidih selama beberapa saat. Setelah airnya dingin, minum setiap pagi atau malam hari selama 2 minggu. Baca juga: 8 cara tradisional untuk mengobati rematik.

2. Mengontrol kadar gula darah


Kayu bidara laut memiliki sifat hipoglikemik yang bisa untuk memperbaiki insulin, sehingga kadar gula dalam darah tidak melonjak. Menurut sebuah penelitian ilmiah, dengan mengkonsumsi air rebusan kayu bidara laut dapat menurunkan kadar gula darah sebesar 40 persen.

3. Mengobati bisul, kurap, dan radang kulit bernanah

Bidara laut memiliki sifat anti-radang yang memiliki kegunaan untuk mengatasi bisul dan radang kulit lainnya. Caranya, ambil 4 gram kunyit, 3 gram daun ketepeng, dan 500 gram kayu bidara laut. Rebus semua materi dengan 110 ml air bersih hingga mendidih selama beberapa menit. Tunggu beberapa saat, kemudian balurkan ramuan ini pada area kulit yang infeksi atau bermasalah. Ulangi cara ini setiap 3 jam.

4. Memulihkan kondisi badan setelah sakit

Cukup dengan menyeduh debu bidara laut bersama secangkir air panas, dapat mempercepat proses pemulihan bagi seseorang yang sembuh dari sakit.

5. Menambah nafsu makan

Aroma daun bidara laut yang segar dan senyawa penting di dalamnya, ternyata bisa meningkatkan nafsu makan terutama pada anak-anak.


Manfaat Bidara Laut untuk Kecantikan


6. Mengatasi wajah kusam

Kulit wajah anda terlihat kusam dan tidak bernyawa? Atasi dengan cara tradisional. Bidara laut merupakan solusi terbaik untuk mengatasi kulit kusam. Caranya, siapkan 10 gram daun pegagan dan 100 gram kayu bidara laut. Seduh keduanya bersama 100 ml air panas. Tunggu hingga kedua materi ini larut, kemudian minum airnya menjelang tidur malam.

7. Mengatasi kulit kering

Kulit sensitif dan cenderung kering harus mendapat perawatan khusus, semoga tetap terhidrasi dan terjaga kelembabannya. Untuk merawat kecantikan wajah anda, cobalah masker bidara laut. Caranya tidak sulit, terapkan debu bidara laut pada kulit wajah dengan mencampurnya dengan air. Biarkan masker ini kering dengan sendirinya, kemudian basuh wajah anda dengan air hangat. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu, untuk hasil maksimal. Penting dibaca: 5 kesalahan perawatan kecantikan yang justru merusak kulit.

8. Mengobati luka gores

Daun bidara laut juga efektif untuk mempercepat penyembuhan luka sayat atau gores. Pertama, jemur daun bidara laut hingga kering. Tumbuk daun ini hingga berbentuk bubuk, campur dengan air secukupnya. Aduk keduanya hingga terbentuk pasta lembut. Oleskan pasta ini pada luka di kulit.

9. Mengobati luka bakar

Ketika kulit anda mengalami luka bakar misalnya terkena knalpot kendaraan, obati dengan bidara laut. Petik pucuk daun bidara laut, basuh dengan air yang mengalir. Remas daunnya, kemudian balurkan pada kulit yang terbakar.

Peringatan: Bidara laut tidak disarankan untuk penggunaan dalam waktu lama atau jangka panjang. Konsumsi secara berlebihan dan terus-menerus, dapat menjadikan efek samping yang merugikan kesehatan. Jadi, tetap proporsional dan ikuti takaran yang telah dijelaskan di atas.

Nah, itulah 9 manfaat bidara laut untuk pengobatan dan kecantikan kulit. Jika anda sulit untuk menemukan tanaman liar ini, temukan ekstrak tanaman dalam bentuk kapsul atau daun yang dikeringkan. Simak juga: 14 manfaat daun bidara upas untuk pengobatan. Semoga menambah pengetahuan kita di bidang pengobatan rumahan.


Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "9 Manfaat Bidara Laut Untuk Kesehatan Dan Kecantikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel