-->

Cara Membuat Kefir Sendiri di Rumah Dan Menggunakannya

Kini, makin marak saja penggunaan kefir sebagai minuman sehat. Tentu saja, hal ini disebabkan oleh manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan. Kefir juga berkontribusi besar di dunia kecantikan, baik dikonsumsi sehari-hari maupun diaplikasikan secara eksklusif sebagai masker wajah.

cara membuat susu kefir
Tidak menyerupai di Eropa, kefir agak sulit ditemukan di Indonesia. Namun, anda dapat membuat kefir sendiri di rumah. Anda hanya perlu menyiapkan bibitnya saja dan beberapa peralatan untuk membuat minuman olahan susu ini.

Pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang: 32 Manfaat Kefir Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Untuk membuat kefir yang bagus, pilih susu kambing atau sapi, bukan susu nabati. Siapkan juga peralatan yang diperlukan, termasuk penyaring, stoples kaca, spatula, dan kain. Nah, bagaimana cara membuatnya dan apa saja manfaat kefir untuk kecantikan? Simak dengan seksama.


Cara Membuat Kefir Sendiri di Rumah Dan Menggunakannya


Pertama, tuangkan seliter susu kambing ke dalam stoples kaca. Masukkan kefir grain ke dalamnya, aduk menggunakan sendok kayu hingga menyatu. Diperlukan sekitar 35 gram kefir grain untuk satu liter susu.

Selanjutnya tutupi stoples tadi dengan kain bersih, taruh di ruangan yang gelap selama 2 hari.

Buka stoples setelah masa tersebut lewat, aduk perlahan. Tutup stoples dengan kain, biarkan selama 12-24 jam.

Setelah 2 malam, ambil spatula dan gunakan untuk mengangkat adegan atas susu kemudian taruh di wadah yang terpisah. Aduk lagi adegan bawahnya, saring dengan pelan-pelan.

Nah, hingga di sini kefir sudah siap untuk dikonsumsi. Supaya kefir lebih awet, simpan ke dalam freezer. Sedangkan kefir yang telah disaring, dapat di taruh dalam kulkas dengan menambahkan susu segar.


Manfaat Kefir Untuk Kecantikan Wajah


Kegunaan kefir untuk kecantikan sungguh luar biasa. Susu olahan ini efektif untuk menurunkan berat badan, mengobati jerawat, dan banyak lagi.


Manfaat Kefir Untuk Kecantikan Wajah
1. Mencegah penuaan dini

Produk kecantikan menyerupai krim malam pada umumnya mengandung AHA, yang memiliki kegunaan untuk mengurangi noda hitam, keriput, tanda parut, keriput, dan tanda penuaan lainnya. Harga produk kecantikan yang sering digunakan di spa dermatologis tentu saja sangat mahal.

Susu kefir ternyata mengandung AHA alami, tanpa pengawet dan pewarna. Kefir grain sangat aman diterapkan pada kulit anda, tanpa khawatir terhadap risiko iritasi, ruam, atau alergi.

2. Sebagai obat jerawat

Butiran kefir mengandung biotin yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Biotin juga bekerja untuk membantu proses perembesan vitamin B dalam tubuh kita. Kefir juga kaya akan vitamin B1, vitamin K, dan kobalamin. Nah, ketiga vitamin ini diharapkan untuk menjaga kecantikan kulit anda. Antibiotik alami dalam kefir juga berperan untuk mengatasi jerawat.

Minum kefir dengan teratur juga memiliki kegunaan untuk menormalkan mikroflora usus. Racun yang menumpuk dalam usus dapat menjadikan kulit tubuh makin berminyak. Nah, ujung-ujungnya abses bermunculan di wajah. Hal ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi minuman probiotik ini.

3. Membuat kekal muda


Masker kefir dapat diterapkan pada wajah. Masker ini memiliki kegunaan untuk menjaga keseimbangan pH kulit anda, disebabkan adanya Lactobacilli di dalamnya. Asam amino dalam kefir memiliki kegunaan untuk membuat kulit wajah tetap terhidrasi.

4. Mengatasi iritasi

Efek buruk dari penggunaan krim berbahan merkuri, salah satunya ialah iritasi pada kulit karena lapisan epidermis terkikis oleh logam tersebut. Masker kefir ialah solusi sempurna untuk mengatasi problem tersebut.

5. Membersihkan racun dalam kulit

Penggunaan krim berbahan kimia secara terus menerus dapat meninggalkan racun kimia di kulit. Jika dibiarkan, timbunan racun tersebut berdampak buruk terhadap kulit anda. Nah, masker kefir efektif untuk membilas toksin tersebut.


Cara menggunakan masker kefir


Ambil kain kasa atau tisu, lapisi dengan kefir yang sudah dibuat. Terapkan pada wajah anda selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Perawatan ini aman dilakukan setiap hari, tanpa efek samping.

Masker kefir bagi kulit berminyak

Bagi anda yang memiliki wajah berminyak, terapkan 2 sdm kefir yang dicampur dengan 1 sdm madu dan putih telur. Tunggu selama 20 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Putih telur sangat berperan dalam mengurangi minyak di wajah anda.

Masker kefir bagi kulit kering

Bagi pemilik kulit sensitif, anda perlu mencampur 2 sdm kefir dengan 1 sdt minyak zaitun dan kuning telur sebelum diterapkan pada wajah. Biarkan selama 15 menit, basuh wajah seterlah perawatan. Masker ini memiliki kegunaan untuk melembabkan kulit anda.

Nah, itulah cara membuat masker kefir dan manfaatnya untuk kecantikan kulit. Kini, saatnya bagi anda untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah. Apakah anda sudah menyiapkan bahannya? Simak juga: 11 Tips Agar Awet Muda Meski Usia Lanjut


Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "Cara Membuat Kefir Sendiri di Rumah Dan Menggunakannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel