-->

10 Manfaat Biji Chia Bagi Kesehatan Yang Luar Biasa

Biji chia kini mulai terkenal di seluruh pelosok dunia, disebabkan manfaatnya bagi kesehatan yang cukup menakjubkan. Di balik ukurannya yang kecil dan sekilas menyerupai dengan selasih, biji chia menjadi makanan super yang bisa meningkatkan energi dan daya tahan tubuh. Chia memiliki rasa yang enak, mudah disajikan, dan kaya akan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

chia
Chia (Salvia Hispanica) umumnya berbentuk lonjong dengan warna yang cukup bervariasi menyerupai hitam, cokelat, putih, dan abu-abu. Biji chia memiliki sifat hydrophilic, yang sangat bisa untuk menyerap cairan. Sehingga biji ini akan bermetamorfosis menyerupai gel jikalau direndam dalam air dalam durasi lama.

Biji ini merupakan makanan sehat yang sering dikonsumsi oleh masyarakat kuno dari Meksiko. Walaupun ukurannya mungil, chia sarat dengan vitamin dan mineral penting yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Biji chia mengandung jumlah tinggi dari omega-3, dan rendah kalori.


10 Manfaat Biji Chia Bagi Kesehatan Yang Luar Biasa


Chia sangat cocok bagi pelaku diet yang ingin menerima badan langsing secara alami. Berikut ini beberapa manfaat biji chia yang luar biasa:

1. Mengontrol Tekanan Darah

Chia diperkaya dengan asam lemak omega 3, yang bisa mencegah inflamasi dan menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan, biji chia memiliki omega-3 yang lebih tinggi daripada ikan salmon. Baca juga: Daftar Makanan Penurun Hipertensi

2. Menyehatkan Jantung

Makan biji chia dengan rutin bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol buruk dalam darah. Sehingga menjaga kesehatan jantung anda.

3. Mencegah Dislipidemia


Dislipidemia merupakan kondisi dimana kadar lemak berlebihan dalam tubuh. Penelitan yang dimuat dalam "British Journal of Nutrition" mengumumkan bahwa biji chia efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida, serta meningkatkan kolesterol baik (HDL).

4. Menguatkan Tulang Dan Gigi

Hanya dengan seporsi biji chia telah menyediakan 20 persen kebutuhan kalsium harian. Kalsium ialah mineral yang baik untuk menguatkan tulang dan gigi, sehingga mencegah risiko osteoporosis. Manfaat ini dikuatkan dengan kandungan fosfor, magnesium, dan mangan di dalamnya.

5. Menyehatkan Otak

Tidak diragukan lagi, omega-3 yang terdapat di dalam biji chia berkhasiat untuk menjaga kesehatan otak. Makanan ini cocok bagi vegetarian, untuk memenuhi asupan omega-3 harian.

6. Membantu Mengobati Diabetes

Biji super ini ternyata dapat menghambat proses konversi karbohidrat menjadi gula sederhana, sehingga mengontrol kadar insulin dalam darah.

7. Melawan Radikal Bebas

Biji chia juga memiliki sifat antioksidan yang berfungsi untuk melindungi badan anda dari radikal bebas, penyebab penuaan dini dan kanker.


manfaat-biji
8. Melancarkan Pencernaan

Biji chia kaya akan serat, tentu saja hal ini baik untuk melancarkan jalan masuk cerna. Selain itu, serat juga berkhasiat untuk membantu dalam mengurangi peradangan dan kadar kolesterol dalam darah.

9. Mencegah Dehidrasi

Biji chia akan mengembang dalam perut, dikala dikonsumsi. Makanan ini akan bermetamorfosis semacam gel, yang bisa menghidrasi tubuh.

10. Menurunkan Berat Badan

Biji chia bisa mencegah nafsu makan berlebihan. Makanan sehat ini menekan perembesan kalori oleh badan anda, dan menjadikan kenyang lebih lama. Bagi pelaku diet, makanan ini baik untuk ditambahkan ke menu harian. Simak: 7 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Yang Aman

Biji chia cocok disantap bersama roti panggang atau mentega. Chia juga dapat dicampur dengan smoothie, sehingga menghasilkan minuman lezat dan sehat. Anda juga dapat menikmati makanan sehat ini, dengan merendamnya bersama air kelapa sampai mengembang.

Itulah 10 Manfaat biji chia bagi kesehatan yang menakjubkan. Di balik bentuknya yang mungil, ternyata biji ini menunjukkan kontribusi besar dalam dunia kesehatan. Pernahkah anda melihatnya? Tidak salah jikalau anda mengisi dapur anda dengan aneka macam makanan sehat.

ilustrasi foto via foto via organicauthority.com, dailyburn.com


Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "10 Manfaat Biji Chia Bagi Kesehatan Yang Luar Biasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel