-->

13 Manfaat Yoghurt Yang Menakjubkan Bagi Kesehatan

Yoghurt memiliki sejumlah manfaat kesehatan dan kecantikan, lebih dari sekedar rasanya yang enak. Yogurt yaitu fermentasi laktosa dari susu menjadi asam laktat. Makanan sehat ini disukai oleh banyak orang, bukan hanya disebabkan teksturnya yang kenyal dan kental.

Kini yoghurt memiliki banyak varian, dengan adanya buah-buahan yang ditambahkan dalam olahan susu ini. Sehingga manfaat yogurt bagi kesehatan semakin komplit. Tidak berhenti di situ, makanan ini juga memiliki kegunaan untuk perawatan kulit dan wajah.


13 Manfaat Yoghurt Yang Menakjubkan Bagi Kesehatan


Yoghurt aman untuk dikonsumsi oleh semua usia. Makanan yang rasanya asam ini diperkaya dengan banyak sekali vitamin dan kalsium yang diperlukan oleh tubuh. Nutrisi dalam yoghurt termasuk protein, kalsium, riboflavin, vitamin B6 dan vitamin B12. Semua nutrisi ini baik untuk menjaga kecantikan. Inilah manfaat yoghurt yang menakjubkan untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Asupan garam yang berlebihan jikalau terjadi secara terus-menerus dapat memicu hipertensi dan gangguan pada ginjal. Yogurt kaya akan kalium, mineral yang bisa membuang sodium berlebih dari badan Anda. Baca: Daftar Makanan Penurun Hipertensi.


13 Manfaat Yoghurt Yang Menakjubkan Bagi Kesehatan
2. Menguatkan Tulang

Mikronutrien menyerupai kalsium dan vitamin D yang hadir di dalamnya sangat diperlukan oleh badan untuk menjaga kepadatan massa tulang. Manfaat ini dikuatkan lagi dengan adanya vitamin K yang membantu dalam metabolisme tulang biar lebih optimal.

3. Mencegah Kekurangan Vitamin

Yoghurt dilengkapi dengan sejumlah vitamin dan mineral menyerupai kalium, riboflavin, fosfor, yodium, zinc, dan vitamin B5. Satu lagi yang hadir di dalamnya yaitu vitamin B12, yang menimbulkan makanan ini sebagai favorit bagi vegetarian. Dengan mengkonsumsi seporsi yogurt telah memenuhi 60 persen dari kebutuhan vitamin, bagi wanita.

4. Menjaga Kesehatan Gusi

Yogurt memiliki asam laktat dalam yang baik untuk melindungi gusi. Tambahkan makanan sehat ini dalam menu diet Anda, untuk mencegah penyakit periodontal.

5. Menghilangkan Depresi


Proceeding of the National Academy of Sciences menemukan bahwa minuman susu fermentasi ini ternyata bisa menurunkan depresi. Peneliti dari Irlandia pertanda bahwa probiotik bisa untuk mengubah kimia otak, sehingga mengatasi depresi.

6. Baik Untuk Pencernaan

Prebiotik yang ada pada yogurt mengontrol keseimbangan mikroflora dalam usus Anda, sehingga melancarkan pencernaan.

7. Mengobati Diare Pada Anak

American Academy of Pediatrics melaporkan bahwa diare pada anak dapat sembuh lebih cepat dengan memperlihatkan probiotik. Bakteri ini juga bisa mencegah diare yang bukan disebabkan oleh gangguan auto imun.

8. Mengatasi Nyeri Haid

Wanita menstruasi terkadang mengalami kekurangan kalsium dan zat besi. Jika terjadi kondisi ini, maka darah akan menyerap kalsium dari tulang. Sehingga menyebabkan lesu, lemas, dan pucat.

Dengan mengkonsumsi seporsi yoghurt, dapat mengurangi nyeri haid karena asupan kalsium tercukupi. Bahkan banyak wanita Eropa yang menjalani masa haid kembali lancer, setelah mengkonsumsi makanan sehat ini.

9. Baik untuk ibu Hamil dan Menyusui

Magnesiun dan kalsium yang terdapat di dalam yogurt sangat diperlukan untuk ibu hamil. Di samping itu, kalsium juga diperlukan untuk menguatkan tulang janin. Kalsium berperan dalam menjaga kualitas ASI.


Manfaat Yoghurt Untuk Kecantikan Kulit dan Rambut


Untuk membuat kulit lebih sehat dan rambut yang kuat, kita dapat menggandakan cara alami yang dilakukan semenjak lama. Rahasia kecantikan kulit yang dimiliki oleh Cleopatra yaitu mandi yoghurt tanpa bosan. Inilah manfaat yogurt untuk kecantikan selengkapnya:

10. Meremajakan Kulit

Yogurt dapat digunakan sebagai scrub untuk mengelupas sel kulit mati. Untuk eksfoliasi kulit, campur yogurt dan oat kemudian gunakan untuk memijat wajah Anda dengan gerakan memutar.

11. Menghilangkan Ketombe

Yogurt memiliki sifat antibakteri dan anti jamur yang ampuh untuk melenyapkan ketombe dan mengurangi rasa gatal pada kulit kepala.

12. Menghilangkan Jerawat

Yogurt memiliki sifat asam yang dapat membunuh basil penyebab jerawat, kuman, dan jamur. Aplikasikan krim yogurt sebagai masker wajah selama 30 menit. Cara ini efektif untuk mengobati infeksi bandel.

13. Mencegah Rambut Rontok

Kekurangan nutrisi pada rambut dapat menyebabkan kerontokan. Untuk mengatasi problem ini, campur yoghurt dengan jus pepaya. Terapkan pada rambut Anda selama sejam sebelum dicuci dengan shampo. Lakukan perawatan dengan teratur, minimal setiap seminggu.

Itulah 13 Manfaat Yogurt yang menakjubkan bagi kesehatan dan kecantikan. Pelajari juga: 11 Makanan Super Yang Menguatkan Kekebalan Tubuh. Para hebat gizi menyarankan untuk menambahkan susu olahan ini ke dalam menu harian Anda. Apakah Anda termasuk penggemar makanan sehat ini?

foto via food4healthybones.com

Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "13 Manfaat Yoghurt Yang Menakjubkan Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel