-->

3 Cara Mengatasi Kram Otot Dengan Cepat

- Cara mengatasi kram otot, tidak boleh sembarangan. Jika anda menarik kaki atau episode tubuh ke arah yang salah, justru dapat memicu dilema lain. Kaki kram dapat disebabkan oleh kelelahan, atau gangguan kesehatan lain. Makara anda harus mengetahui, apa penyebab kaki kram? Dan, bagaimana cara mengatasinya?

3 Cara Mengatasi Kram Otot Dengan Cepat
Kram ialah kontraksi otot yang terjadi secara mendadak dan mengakibatkan rasa sakit atau nyeri. Kram dapat berlangsung selama beberapa menit, atau berhari-hari. Bagian tubuh yang sering mengalami kejang otot menyerupai kaki, betis, paha, dan tangan. Namun, kram otot juga dapat terjadi pada leher dan perut.

Kaki merupakan episode tubuh yang bertugas untuk menyangga berat tubuh kita, jadi wajar kalau episode ini paling sering menderita kram otot. Kram juga sering dialami oleh orang yang telah lanjut usia, atau setelah melaksanakan olahraga berat. Ada juga kasus kejang otot yang terjadi dikala tidur. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh episode tubuh yang tertindih atau menekuk.

Penyebab kram otot

Berikut ini ialah beberapa faktor yang sering menyebabkan kram pada otot:

  • Aktivitas atau latihan berat tanpa pemanasan.
  • Kelelahan.
  • Dehidrasi.
  • Cairan elektrolit (kalsium dan magnesium) banyak keluar melalui keringat.
  • Kurangnya oksigen pada jaringan otot.
  • Penumpukan asam laktat pada otot.
  • Aliran darah ke jaringan otot mengalami gangguan atau tidak lancar.
  • Saraf pada tulang belakang mengalami tekanan (Lumbar stenosis).
  • Efek samping obat-obatan kimia.

3 Cara Mengatasi Kram Otot Dengan Cepat


1. Mengatasi kram pada paha

Jika kejang terjadi pada paha belakang, maka luruskan lutut penderita kemudian angkat kakinya. Untuk kram pada paha depan, tekuk lutut penderita ke belakang. Lakukan pemijatan pada ototnya dengan kuat.

2. Mengatasi kram pada betis


Letakkan penderita pada posisi duduk, kemudian luruskan lututnya. Tekan kakinya dengan berpengaruh ke arah tulang kering. Kemudian, pijat ototnya untuk menenangkan.

3. Menyembuhkan kaki kram

Bantu penderita untuk bangun dan tahan tubuhnya semoga tidak jatuh. Cara ini bertujuan untuk melancarkan pemikiran darah pada tubuhnya. Selanjutnya, pijat kakinya.

Cara mengatasi kram otot secara medis dilakukan dengan menyemprotkan chlor ethyl pada episode tubuh yang bermasalah. Spray tersebut berkhasiat untuk mengurangi nyeri jawaban kram.

Untuk meredakan rasa sakit karena kram, dapat menggunakan salep, koyo, atau balsem. Penggunaan obat-obatan ini berfungsi untuk melonggarkan pembuluh darah, sehingga sirkulasi darah menjadi lancar.


Cara mencegah kram otot



  • Hindari posisi duduk dalam waktu lama. Lakukan peregangan setiap 30 menit sekali. Anda dapat berjalan keluar ruangan selama beberapa menit, kemudian melanjutkan kegiatan anda.
  • Setelah aktifitas berat selama seharian, mandi dengan air hangat. Lakukan hal ini ketika keringat telah kering. Mandi dengan air hangat sebelum tidur, juga baik untuk mengendurkan otot-otot yang tegang.
  • Hindari latihan berat secara mendadak tanpa pemanasan sebelumnya. Lakukan pemanasan sebelum olahraga dan pendinginan setelahnya. Otot yang digunakan secara tiba-tiba dapat mengalami kram. Jadi, lakukan gerakan ringan sebelum olahraga berat.
  • Lakukan peregangan otot sebelum tidur, dan hindari posisi jari kaki lurus dengan betis atau jinjit.
  • Jaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum air sesuai kebutuhan tubuh anda.
  • Cukupi kebutuhan mineral setiap hari. Terutama kalsium, magnesium, dan potasium. Makan dua buah pisang dan minum susu setiap hari, untuk menerima mineral yang memadai.
  • Hindari sepatu hak tinggi (heels). Pilih sepatu dengan ganjal datar dan ujungnya tidak terlalu ketat. Hal ini bertujuan untuk mencegah tekanan pada jari kaki dikala melangkah, yang dapat menghambat pemikiran darah dan mengakibatkan risiko kram.

Nah, itulah 3 Cara mengatasi kram otot dengan cepat. Simak juga: 18 Penyebab tubuh mudah lelah dan solusinya. Semoga tips ini membantu anda yang sedang mengalami kram otot, atau untuk menolong sahabat anda yang sedang menderita dilema ini.

Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "3 Cara Mengatasi Kram Otot Dengan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel