-->

13 Manfaat Bunga Widuri Sebagai Obat Alami

Tahukah anda mengenai manfaat bunga biduri untuk kulit kita? Bunga biduri atau widuri merupakan tanaman semak yang memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit, disebabkan oleh beberapa zat penting di dalam daun, akar, dan bunganya. Khasiat biduri juga sering digunakan untuk pengobatan terhadap sejumlah penyakit tertentu.

13 Manfaat Bunga Widuri Sebagai Obat Alami
Bunga widuri (Calotropis gigantea) yakni tanaman obat yang banyak terdapat di area sawah, ladang, atau sering ditanam sebagai tanaman hias. Bunga biduri sering dianggap sebagai gulma bagi tanaman lain. Dari sudut pandang lain, bunganya yang cantik dan eksotis dan cantik ternyata menunjukkan kontribusi besar di dunia kesehatan dan kecantikan.

Dalam bahasa Inggris, bunga biduri disebut crown flower, mudar plant, atau giant milk weed. Jika episode tanaman ini digores, maka getah akan keluar darinya. Getah ini memiliki rasa pahit dan kelat, yang bersifat racun. Bunga widuri membutuhkan cukup cahaya matahari, untuk tumbuh dengan baik.

Kandungan kimia dari bunga biduri

Senyawa glukosida yang terdapat di dalam bunga biduri ibarat kalotropin, kalotoksin, dan fuscharin. Akar widuri mengandung flavonoida, saponin, damar pahit, dan damar asam. Daunnya mengandung polifenol, kalotropin, floavil, damar, dan alban.

Akar biduri memiliki sifat diuretik, kolagoga, diaforetik (peluruh keringat), emetik, dan meningkatkan fungsi enzim pencernaan. Bunganya memiliki kegunaan sebagai penambah nafsu makan, sedangkan daunnya memiliki kegunaan sebagai rubifasien dan penyembuh gatal. Getahnya dapat digunakan sebagai obat pencahar.


13 Manfaat Bunga Widuri Sebagai Obat Alami


Beberapa penyakit yang dapat diobati dengan penggunaan bunga biduri seperti  kudis (scabies), kutil, radang lambung (gastritis), campak atau gabag (morbili), radang anak indera pendengaran (otitis), sariawan, kejang jantung (angina pectoris), sakit gigi, bisul, dan eksim. Berikut ini yakni ramuan bunga widuri untuk mengobati beberapa penyakit tertentu:

1. Mengobati sakit gigi

Untuk meredakan nyeri akhir gigi berlubang, oleskan getah biduri dengan hati-hati. Terapkan hanya pada gigi berlubang, tidak pada gigi sehat.

2. Mengobati radang lambung (Gastritis)


Bunga widuri berguna untuk mengobati peradangan pada dinding lambung, atau biasanya disebut gastritis. Caranya, rebus sepertiga genggam bunga widuri bersama 3 gelas air, hingga menyisakan 2 ¼ gelas air saja. Tambahkan madu murni, minum. airnya setelah hirau taacuh masing-masing ¾ gelas, tiga kali dalam sehari.

3. Mengobati gigitan ular beracun

Untuk melawan racun karena gigitan ular, kunyah akar biduri sepanjang 5 cm. Telan airnya, dan tempelkan ampasnya pada luka.

4. Mengobati lepra dan kencing nanah

Rebus bunga biduri kering sebanyak 0,1 gram ke dalam 3 gelas air, hingga ainya berkurang 2 gelas. Minum setelah airnya dingin.

5. Mengatasi kelelahan pada otot

Haluskan akar widuri, tambahkan tepung beras dalam jumlah yang sama. Aduk kedua materi hingga rata, kemudian gosokkan pada episode badan yang terasa lelah. Baca juga: 18 Penyebab badan mudah lelah dan solusinya.

6. Tertusuk duri lembut

Cukup dengan meneteskan getah biduri pada area kulit yang tertusuk oleh duri, maka  duri halus dapat dikeluarkan dengan mudah.

7. Mengobati bisul

Untuk mempercepat penyembuhan bisul, oleskan getah widuri pada kulit yang timbul bisul.

8. Mengurangi pembengkakan kelenjar getah bening

Oleskan getah widuri pada ketiak atau episode badan lainnya yang mengalami pembengkakan kelenjar.

9. Mengatasi sariawan

Haluskan daun widuri dengan menumbuknya, peras untuk menerima airnya. Teteskan air ini pada luka akibat sariawan.

10. Mengobati batuk

Untuk meredakan batuk bandel, seduh 500 mg debu yang terbuat dari akar widuri kering ke dalam segelas air panas. Saring dan minum airnya selagi hangat.

11. Mengobati penyakit campak

Gabag atau campak dapat diobati dengan tanaman widuri. Caranya, sediakan daun widuri segar, daun asam jawa, kunyit , dan pegagan. Semua materi dalam takaran yang sama yaitu sekitar 15 gram. Rebus semua materi bersama 3 gelas air hingga airnya menyusut separuh. Minum dua kali dalam sehari, masing-masing sebanyak ¾ gelas.

12. Menghilangkan kutil

Campur getah biduri dengan kapur sirih secukupnya, kemudian terapkan pada kutil. Lakukan perawatan dengan rutin setiap hari, hingga kutil hilang.

13. Mengobati kudis dan gatal

Daun widuri juga efektif untuk mengobati penyakit kudis. Caranya, segenggam daun widuri dicuci hingga bersih, kemudian panaskan di atas api kecil hingga layu. Tambahkan ¼ sdt kapur sirih, tumbuk keduanya hingga terbentuk pasta kental. Oleskan pasta ini pada area kulit yang bermasalah.

Nah, itulah 13 manfaat bunga widuri untuk pengobatan alami. Di India, tanaman ini sangat terkenal sebagai materi alami untuk pengobatan. Namun, konsumsi bunga widuri sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Tanaman ini mudah ditemukan di sekitar kita. Jadi, ambil dan tanam di pekarangan rumah anda. Simak juga: 4 Manfaat bunga anyelir untuk kecantikan. Selain sebagai tanaman hias, bunga-bunga ini punya segudang manfaat kesehatan dan kecantikan.

Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "13 Manfaat Bunga Widuri Sebagai Obat Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel