-->

10 Cara Mencegah Asma Dan Pantangannya

Asma tentu sangat menyiksa, terutama saat malam hari tiba. Asma bukanlah penyakit menular, namun dapat menyerang siapa saja tanpa memilih usia. Upaya pencegahan terhadap asma bertujuan untuk mencegah penyakit ini tidak kambuh lagi.


10 Cara Mencegah Asma Dan Pantangannya
Jenis-jenis penyakit Asma

Serangan asma bisa menyebabkan sesak nafas hebat, warna kulit menjadi kebiru-biruan, dan pingsan. Asma sering disebabkan oleh alergi. Penyakit ini dibagi menjadi dua yaitu asma ekstrinsik, yang akan kambuh kalau terjadi alergi akhir paparan serbuk, bulu binatang, udara dingin, jamur, dan sebagainya. Jenis lainnya yaitu asma intrinsik, yang dapat dipicu oleh stres atau emosi yang labil. Infeksi oleh virus juga sering menjadi penyebabnya.

Faktor Penyebab Asma

Faktor keturunan (genetik)

Jika terdapat riwayat penyakit asma dalam silsilah keluarga Anda, maka Anda juga memiliki risiko terkena serangan penyakit ini.

Makanan yang tidak sehat

Beberapa jenis makanan dapat memicu timbulnya penyakit asma, apalagi kalau dikonsumsi secara berlebihan. Hindari junk food yang banyak mengandung MSG dan materi pengawet, yang tidak sehat bagi tubuh.

Suhu terlalu ekstrim


Kondisi udara yang terlalu hambar juga menjadi salah satu penyebab serangan asma.

Lingkungan yang kotor

Jika Anda menetap di lingkungan atau daerah kerja yang terkena paparan abu atau asap, maka risiko terkena penyakit asma semakin tinggi. Itulah pentingnya menjaga kebersihan lingkungan bagi kesehatan tubuh.

Bahaya Asma

Asma memiliki tahapan, mulai dari tahap ringan sampai berat. Serangan asma harus dicegah, karena mengabaikan beberapa faktor pemicu dapat menyebabkan kondisi makin buruk. Bahaya asma yang paling parah terjadi saat tidur. Pada kasus asma akut dapat menyebabkan kematian.


10 Cara Mencegah Asma Dan Pantangannya


Menghindari faktor pemicu sangat penting untuk mencegah kambuhnya serangan asma. Di bawah ini yaitu pantangan bagi penderita asma yang harus dihindari, untuk mencegah serangan penyakit:

1. Serbuk Sari (pollen)

Serbuk sari pada bunga dapat membuat asma kambuh dengan sangat cepat. Jadi, jauhi bunga terutama bunga yang telah layu.


2. Paparan Debu dan Aroma Menyengat

Salah satu musuh berat bagi penderita asma yaitu debu. Jika abu masuk ke jalan masuk nafas dapat menimbulkan reaksi alergi. Hindari lingkungan yang kotor dan berdebu. Bau menyengat dapat membuat jalan masuk nafas menjadi lebih sensitif. Lendir yang berlebihan pada jalan masuk pernafasan akan membuat penderita sulit untuk bernafas.

3. Asap yang mengandung nikotin

Sangat penting bagi penderita asma untuk menghindari paparan asap tembakau. Sedikit nikotin yang masuk ke paru-paru, dapat mengancam keselamatan jiwa. Larangan ini bergotong-royong juga berlaku bagi ibu hamil, karena nikotin juga dapat  meningkatkan risiko asma pada bayi.

4. Hewan Berbulu

Jangan mendekati atau menyentuh hewan yang berbulu menyerupai kucing dan anjing. Bulu yang mudah rontok pada kucing dapat memicu penyakit kambuh. Pantangan asma termasuk menjauhi air liur dan kulit hewan.

5. Olahraga Berat

Olahraga memang disarankan bagi penderita asma, untuk melatih organ pernafasan. Namun kalau terlalu berat, yang terjadi justru kelelahan dan kehilangan banyak energi. Kondisi ini sangat dilarang bagi pasien asma. Latihan berat dapat membuat penderita sulit untuk bernafas dengan nyaman. Lakukan olahraga ringan cukup selama 15 menit setiap hari dengan rutin.

6. Cuaca Terlalu Dingin

Perubahan cuaca secara drastis dapat menyempitkan jalan masuk pernafasan pada penderita asma. Hindari berada di luar ruangan saat hari panas atau terlalu dingin.

7. Aspirin

Penggunaan aspirin secara terus-menerus dapat membuat kondisi pasien asma makin memburuk. Konsultasi dengan dokter, saat Anda akan mengkonsumsi obat ini.

8. Perubahan Emosi Secara drastis

Hindari perubahan emosi secara berlebihan, menyerupai terlalu khawatir, kecemasan, ketakutan, dan rasa bangga yang berlebihan. Stres berat juga dapat memicu serangan asma. Tekanan emosi yang besar lengan berkuasa dapat meningkatkan denyut jantung dan teladan pernafasan sehingga memicu serangan asma.

9. Garam

Mengkonsumsi garam dengan berlebihan tidak disarankan bagi penderita asma karena dapat memperburuk kondisi penyakit. Carilah bumbu pengganti yang lezat dan sehat.

10. Makanan Tertentu

Jauhi makanan yang dapat menimbulkan alergi. Makanan yang sering memicu alergi menyerupai susu sapi, telur, kacang, gandum, ikan, kedelai dan makanan yang berbahan pengawet.

Demikian 10 Cara Mencegah Asma dan Pantangan yang harus dihindari oleh penderita. Silahkan baca 10 Cara Mengobati Asma Dengan Bahan Alami dan Akupuntur. Bagikan artikel ini untuk menawarkan manfaat kepada semua orang.

ilustrasi foto via allergyzone.co.uk, worksitelactation.com

Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "10 Cara Mencegah Asma Dan Pantangannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel