-->

6 Manfaat Rumput Belang Atau Zebrina Untuk Kesehatan

Jika anda ingin menambah koleksi tanaman hias di taman, mungkin rumput belang dapat menjadi pilihan tepat. Selain dapat mengisi kekosongan taman, rumput belang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Tumbuhan mungil ini efektif untuk mengobati disentri, kencing nanah, keputihan, dan banyak lagi.

6 Manfaat Rumput Belang atau Zebrina Untuk Kesehatan
Rumput belang berasal dari Mexico, nama ilmiahnya ialah Zebrina pendula Schnizl. Rumput ini tergolong ke dalam famili Commelinaceae, dimana orang Cina menyebutnya diao zhu mei.

Ciri-ciri rumput belang

Tanaman zebrina dapat tumbuh di dataran rendah hingga 1,4 km di atas permukaan laut. Rumput belang memiliki batang lemah, yang merayap hingga mencapai 60 cm. Tumbuhan ini mempunyai daun duduk dengan ujungnya yang runcing.

Warna permukaan daun ialah hijau pada bab atas, dan ungu pada induk tulang daun dan pinggirnya. Permukaan bawah pada daunnya berwarna ungu kemerahan. Rambut halus tumbuh pada ujung dan pangkal daunnya.

Bunganya berwarna ungu secara keseluruhan, bercampur semburat merah terutama pada bab tengah. Zebrina mempunyai buah yang dapat pecah sesuai ruangannya.

Kandungan rumput belang

Zebrina memiliki sifat cuek dan manis, sesuai dengan namanya. Daun dan batang tanaman zebrina mengandung zat penting ibarat gummi, saponin, polifenol, dan kalsium oksalat.


6 Manfaat Rumput Belang Atau Zebrina Untuk Kesehatan


Nutrisi dalam tanaman zebrina ternyata efektif untuk mengatasi banyak sekali penyakit dan keluhan kesehatan. Berikut ini ialah manfaat rumput belang bagi kesehatan, dan cara membuat ramuan dengannya:

1. Mengobati disentri kronis


Penyakit disentri menahun dan sulit sembuh dapat diobati dengan rumput yang bagus ini. Caranya, ambil 30 gram beras putih untuk disangrai atau gongseng (digoreng tanpa minyak hingga warnanya menjadi kuning). Tambahkan dengan 150 gram tanaman zebrina. Rebus dua materi ini bersama 6 gelas air, hingga volume air menyusut 3 gelas. Minum ramuan ini, 3 kali dalam sehari dengan takaran 1 gelas.

2. Mengatasi batuk dan muntah darah

Jangan panik, dikala anda atau anak anda menderita batuk berdarah. Atasi gangguan kesehatan ini dengan obat tradisional. Caranya, siapkan 80 gram rumput belang beserta akarnya. Cuci dengan air mengalir, tumbuk dan peras untuk menerima airnya. Minum airnya dengan segera. Baca juga: 11 Cara mengobati batuk secara alami!

3. Menyembuhkan bisul membandel

Untuk mempercepat matangnya bisul pada kulit anda, zebrina merupakan solusi terbaik. Cabut tanaman ini secara utuh, kemudian basuh dengan air bersih. Tumbuk hingga lumat, balurkan pada bisul nakal pada kulit anda. Balut dengan kain bersih, bilas dengan air hangat setelah 30 menit. Lakukan perawatan ini setiap pagi atau malam hari.

4. Mengatasi kencing bisul (gonorrhea)

Rumput belang dapat digunakan sebagai obat gonorrhea. Caranya, sediakan 80 gram tanaman zebrina kemudian basuh dengan air yang mengalir. Rebus bersama 5 gelas air hingga tersisa semangkuk air. Minum ramuan ini di pagi dan sore, dengan takaran ½ mangkuk.

5. Mengatasi problem keputihan

Bau tak sedap jawaban keputihan tentu saja menyiksa wanita, terutama sebelum dan sesudah masa menstruasi. Zebrina ternyata bisa mengatasi problem kesehatan wanita ini. Cara membuatnya sama dengan ramuan untuk mengatasi disentri. Simak juga: 13 Cara mengatasi keputihan dengan materi alami.

6. Melancarkan sekresi urin

Nyeri dikala kencing atau kesulitan untuk mengeluarkan urin dapat diobati dengan obat rumahan. Cukup dengan konsumsi air hasil rebusan rumput belang, minum airnya selagi hangat.

Peringatan: Ibu hamil tidak dianjurkan untuk menggunakan ramuan rumput belang, apapun alasannya.

Nah, itulah 6 manfaat dan khasiat rumput belang bagi kesehatan. Anda dapat menanamnya dengan stek batang dan memupuknya dengan pupuk organik. Jika ditanam pada pot, maka masukkan tanah gembur dan sirami dengan air bersih setiap hari. Menarik: Manfaat Daun Cemplonan atau Randa Nunut. Untuk menggunakan zebrina sebagai obat herbal, maka patuhi takaran yang dijelaskan di atas.

Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "6 Manfaat Rumput Belang Atau Zebrina Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel