-->

Bahaya Radiasi Ponsel Yang Merugikan Kesehatan Tubuh

Mungkin terdengar busuk untuk membahas perihal bahaya radiasi ponsel bagi kesehatan tubuh. Tapi kenyataannya, duduk perkara ini memang belum terselesaikan sampai ketika ini. Studi ilmiah memperlihatkan bahwa radiasi telepon seluler dapat memicu risiko kanker otak, tak ubahnya zat karsinogenik menyerupai kloroform, asap knalpot, dan timbal.

Bahaya Radiasi Ponsel Bagi Kesehatan Tubuh
Tim peneliti dari 14 negara dengan 31 ilmuwan di dalamnya, menemukan fakta mengejutkan bahwa radiasi ponsel bisa meningkatkan risiko glioma dan kanker otak akustik neuroma.

Senada dengan hasil penelitian tersebut, studi di Eropa juga mengungkap ancaman ponsel terhadap kesehatan tubuh. Mereka menyebutkan bahwa radiasi alat elektronik ini dapat menjadikan efek buruk, yang tidak beda daripada dampak penggunaan bensin bertimbal dan asbes.


Bahaya Radiasi Ponsel Yang Merugikan Kesehatan Tubuh


Bahkan, seorang petinggi di University of Pittsburgh menghimbau dengan keras kepada semua karyawan untuk mengurangi penggunaan ponsel sebisa mungkin. Tindakan ini tentunya disebabkan dampak buruk yang ditimbulkan olehnya.

Nah, untuk meminimalkan ancaman ponsel terhadap badan kita, ada beberapa tips yang dapat anda lakukan:

1. Jangan sentuh ponsel anda, ketika tidak diperlukan

Perkembangan teknologi makin pesat. Kini, penggunaan ponsel berbasis android makin marak. Banyak aplikasi dan game yang tersedia di smartphone, sehingga sedikit banyak menjadikan kebiasaan gres bagi pengguna. Sebagian orang tidak lepas dari gadget kesayangannya. Mereka sibuk dengan obrolan-obrolan seru di Whatsapp, facebook, atau BBM. Jika anda mengutamakan kesehatan tubuh, kurangi kegiatan yang melibatkan ponsel.

2. Menggunakan headset ketika menelpon

Untuk mengurangi ancaman radiasi ponsel, gunakan headset ketika anda mendapatkan panggilan telepon. Semakin jauh indera pendengaran anda dari telepon genggam, makin baik. Paling tidak, radiasi yang terpancar dari benda elektronik ini jauh dari otak kita.

3. Hindari ruangan sempit


Banyak orang lebih suka menelpon di pojok ruangan, dengan alasan kenyamanan dan tidak terganggu oleh bunyi berisik. Padahal, ruangan yang sempit membuat sinyal telepon makin lemah. Sinyal yang terlalu lemah akan menjadikan radiasi makin besar, karena telepon bekerja keras untuk tetap terhubung. Jadi, hindari menelpon ketika anda berada di lift atau area yang tidak mendapatkan sinyal dengan baik.

4. Jangan menyalakan Bluetooth dan Headset WiFi

Penggunaan headset ketika menelpon memang dapat meminimalisir dampak radiasi ponsel. Namun, pastikan headset yang terhubung dengan kabel bukan wireless. Demikian pula bluetooth yang memiliki frekuensi sama dengan oven microwave, gelombangnya dapat menembus tembok. Jadi, batasi atau non aktifkan jikalau tidak darurat.

5. Bergantian menggunakan kedua telinga

Bahaya radiasi dari ponsel makin besar, jikalau anda hanya menggunakan sebelah indera pendengaran ketika mendengar bunyi melalui ponsel. Jangan hanya menempelkan handphone pada indera pendengaran kiri, selingi dengan indera pendengaran kanan juga. Cara ini dapat mengurangi radiasi telepon genggam.

6. Gunakan speaker ketika bicara melalui ponsel

Cara lain untuk mengurangi radiasi telepon seluler ialah menggunakan pengeras bunyi ketika anda bicara. Namun anda harus bijak untuk menggunakan fitur ini, karena bicara keras di depan publik tentunya kurang etis. Apalagi pembicaraan mengenai duduk perkara pribadi.

7. Casing penyerap radiasi

Tidak salah untuk mencoba menambahkan casing pelindung radiasi pada handphone anda. Seiring pengetahuan perihal ancaman ponsel, kini casing menyerupai itu banyak ditemukan di kota besar.

8. Jangan bergerak ketika menelpon

Jangan angkat telpon genggam sedangkan anda berada di dalam kendaraan beroda empat atau kendaraan lain. Bahkan ketika anda berjalan kaki, segera berhenti. Ponsel akan mencari sinyal terkuat dari BTS terdekat. Jika lokasi anda berpindah-pindah, maka gadget akan bekerja lebih keras untuk menemukan sinyal tersebut. Pastinya, radiasi yang ditimbulkan pun makin melonjak.

Nah, itulah ancaman radiasi ponsel terhadap kesehatan tubuh. Jadi, bijaklah untuk menggunakan handphone anda. Simak artikel menarik lainnya: cara mencegah kanker yang harus anda tahu


Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "Bahaya Radiasi Ponsel Yang Merugikan Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel