-->

10 Manfaat Daun Waru Landak Untuk Pengobatan dan Kecantikan

Manfaat daun waru landak untuk mengatasi banyak sekali gangguan kesehatan, jarang diketahui oleh banyak orang. Selama ini, waru landak hanya dikenal sebagai bunga hias yang sering terlihat di taman atau pelataran rumah saja. Padahal, daun waru landak memiliki kegunaan untuk mengobati beberapa penyakit ibarat reumatik, kanker, keputihan, dan banyak lagi.

10 Manfaat Daun Waru Landak Untuk Pengobatan dan Kecantikan
Waru landak merupakan tanaman liar yang habitat aslinya yaitu hutan. Mungkin alasannya yaitu bunganya yang indah, membuat banyak orang menanamnya di pot-pot untuk menghiasi halaman rumah mereka.

Ciri-ciri waru landak

Tanaman ini tergolong ke dalam famili malvaceae, dengan nama ilmiahnya hisbicus mutabilis. Nama lain waru landak yaitu bunga waktu besar.

Tumbuhan ini memiliki banyak rambut halus, daunnya berukuran besar dengan ujung yang lancip dan pinggirnya bergerigi. Bunga waru landak memiliki garis tengah sekitar 10 cm, yang muncul dari ketiak daunnya. Warna bunga antara putih dan pink. Sedangkan buahnya berbentuk bulat, dengan panjang sekitar ¼ meter.

Kandungan daun waru landak

Zat kimia yang terdapat di dalam daun waru landak ibarat tannin, asam amino, fenol, dan gula reduksi. Bunganya mengandung cyanidine, antosianin, hyperin, isoquercitrin, hyperoside, quercetin, rutin, glucoside, quercimetrin, dan spiraeoside.

Efek farmakologis yang terdapat dalam bunga waru landak ibarat antibiotik, anti inflamasi, anti bengkak, antineoplastik, hemostatik, dan antitoksik. Bagian tanaman waru landak yang digunakan untuk pengobatan yaitu bunga, daun, dan akarnya.


10 Manfaat Daun Waru Landak Untuk Pengobatan dan Kecantikan


Daun waru landak memiliki sifat menyejukkan dan agak pedas. Di balik bunganya yang penuh pesona, waru landak memiliki sifat penyembuh yang memiliki kegunaan untuk mengobati banyak sekali jenis penyakit. Berikut ini yaitu cara membuat ramuan menggunakan waru landak, untuk mengatasi banyak sekali penyakit:

1. Mengobati influenza


Musim hujan rentan dengan penyakit flu, terutama pada anak-anak. Untuk menangani penyakit ini, anda dapat menggunakan ramuan herbal. Caranya, siapkan 10 gram jahe dan 30 gram waru landak. Rebus kedua materi dengan 700 ml air, hingga tersisa 300 ml saja. Minum 3 kali dalam sehari, masing-masing sebanyak 100 ml.

2. Mengobati muntah darah, menstruasi berlebihan (menorrhagia), dan infeksi paru

Bunga waru landak memiliki sifat anti koagulan yang dapat meredakan pendarahan, sehingga dapat mengobati muntah darah (hematemesis). Untuk menerima khasiat ini, ambil 27 gram bunga waru landak. Cuci dengan air mengalir, rebus bersama 3 gelas air hingga berkurang 2 gelas. Minum airnya setelah menjadi dingin.

3. Mengatasi keputihan

Bau tak sedap yang timbul akibat keputihan, tentu sangat mengganggu kaum wanita. Untuk mengatasi gangguan kesehatan ini, gunakan cara alami. Rebus daun waru landak yang dikeringkan sebanyak 25 gram bersama 2 gelas air, hingga airnya menyusut separuh dari semula. Minum airnya, setelah agak hirau taacuh tentunya. Lakukan cara ini dengan rutin hingga sembuh.

4. Mengobati batuk berdarah alasannya yaitu infeksi paru-paru

Untuk mengatasi infeksi paru-paru, anda dapat mencoba cara tradisional. Siapkan 100 gram daun waru, rebus dengan 3 gelas air hingga menyisakan segelas saja. Minum airnya dengan rutin setiap pagi atau malam hari.

5. Mengobati mata merah, iritasi, dan bengkak

Debu dan polutan yang beterbangan seringkali membuat mata menjadi kemerahan, dan teriritasi. Untuk mengatasi iritasi pada mata, buatlah ramuan tradisional. Petik 100 gram daun waru landak, rebus dengan 2,5 gelas air hingga mendidih dan tersisa segelas. Minum airnya dikala hangat, sekali dalam sehari.

6. Meredakan batuk kronis

Bukan hanya penderita yang tersiksa dengan batuk kronis, orang di sekitarnya pun ikut terganggu. Untuk meredakan penyakit ini, siapkan bahan-bahan alami. Ambil 50 gram bunga waru landak, 15 gram jamur putih (Tremella fuciformis berk) yang dikeringkan, dan 7 gram kulit jeruk mandarin juga dikeringkan. Rebus bersama 500 ml air selama ½ jam, gunakan api kecil saja. Saring dan minum airnya dikala hangat, sedangkan jamurnya dapat dikonsumsi.

7. Mengatasi gondongan

Daun waru landak juga dapat digunakan untuk mengobati gondongan secara alami. Caranya, jemur daunnya kemudian tumbuk hingga menjadi bubuk. Campur debu ini dengan putih telur, kemudian aduk hingga menjadi pasta. Oleskan pasta ini pada area sekitar leher anda.


Manfaat Daun Waru Landak Untuk Kecantikan Kulit


8. Mengobati kanker kulit

Radiasi UV dan faktor lainnya dapat menyebabkan kanker kulit. Obati penyakit ini dengan cara alami. Sediakan 27 gram daun kering waru landak, rebus dengan 750 ml air hingga tersisa 250 ml. Saring dan minum airnya setiap malam hari. Cara ini juga efektif untuk mengatasi kanker esophagus dan kanker paru-paru.

9. Mengobati cacar ular

Cara membuat ramuan: basuh daun waru landak, biarkan terkena angin tanpa dijemur. Kemudian tumbuk daun kering ini hingga menjadi serbuk. Campur dengan air tajih, aduk merata. Balurkan pada bekas cacar pada kulit anda.

10. Mengobati kulit bernanah dan bisul

Penyakit bisul (furunculus) tentu membuat aib bagi penderita dan sangat menyiksa. Atasi problem ini dengan cara tradisional. Ambil bunga dan daun waru landak secukupnya, tumbuk hingga lumat. Campur dengan gel pengecap buaya, aduk hingga menjadi adonan. Terapkan pada area kulit yang bermasalah.

Peringatan: Ibu hamil tidak disarankan untuk menggunakan ramuan waru landak.

Nah, itulah 10 manfaat daun waru landak untuk pengobatan dan kecantikan kulit. Kini, tanaman hias yang tumbuh di halaman rumah anda tidak hanya sebagai tambahan suasana. Ketika tetangga anda sedang menderita salah satu penyakit di atas, petiklah daun waru landak dan berikan padanya. Simak juga: 14 manfaat bidara upas untuk pengobatan.


Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "10 Manfaat Daun Waru Landak Untuk Pengobatan dan Kecantikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel