-->

7 Manfaat Creatine Bagi Tubuh Yang Perlu Anda Tahu

Banyak orang penasaran ihwal manfaat creatine bagi tubuh. Apa bahwasanya fungsi zat ini bagi kesehatan kita? Kreatin yakni kombinasi dari asam amino tertentu, termasuk methionine, agrinine, dan glycine, yang menghasilkan fungsi khusus. Pastinya, zat ini sangat dibutuhkan oleh badan kita. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini.

7 Manfaat Creatine Bagi Tubuh Yang Perlu Anda Tahu
Baiklah kita lanjutkan. Begini, creatine pada dasarnya diproduksi oleh badan kita secara alami di ginjal, pankreas, dan hati. Bahan pembentuk kreatin juga dapat diperoleh dari protein hewani yang terdapat pada daging sapi atau ikan.

Selain protein hewani, kreatin dapat ditemukan dalam perhiasan tertentu. Nah, zat ini akan diangkut oleh darah menuju otot, kemudian diubah menjadi kreatin fosfat yang pada kesannya menghasilkan ATP (Adenosine Thriphosphate). ATP dikenal sebagai pemasok energi bagi otot tubuh.


7 Manfaat Creatine Bagi Tubuh Yang Perlu Anda Tahu


Apa saja fungsi kreatin untuk badan kita? Nah, baca ulasan di bawah ini untuk mengetahui kegunaan creatine:

1. Meningkatkan energi otot

Sejak sekitar 50 tahun silam, para ilmuwan telah mengetahui bahwa creatin memiliki kegunaan untuk meningkatkan energi tubuh. Bahkan para atlet telah menggunakannya semenjak tahun 1990 dalam bentuk suplemen. Creatine efektif dalam meningkatkan massa otot, serta memulihkan kondisi otot yang lelah setelah berolahraga.

2. Menguatkan otot jantung


Kadar kreatin pada penderita gagal jantung sangatlah rendah. Dengan mengkonsumsi perhiasan atau makanan yang mengandung creatine, maka otot jantung pada penderita lebih berpengaruh sehingga mereka tidak mudah lelah ketika latihan atau olahraga.

3. Mengobati Distrofi Otot

Kreatin juga efektif untuk mengatasi distrofi otot, yaitu penyakit genetik dimana otot rangka tidak bisa mengendalikan gerakan tubuh. Dengan mengkonsumsi creatine secara teratur, maka dapat menguatkan otot rangka pada penderita.

4 dan 5. Meringankan gejala penyakit Hutington dan Lou Gehrig

Dengan mencukupi kebutuhan creatine setiap hari, maka kedua penyakit ini tidak bertambah parah.

6. Menurunkan kolesterol tinggi

Creatine berperan dalam metabolisme lemak, sehingga kadar kolesterol buruk (LDL) dapat dikontrol.

7. Meringankan gejala Parkinson

Asupan kreatin secara teratur pada penderita, mencegah penyakit parkinson makin parah. Menurut penelitian, bukan hanya kemampuan kognitif yang diperbaiki, tapi juga kekuatan fisik penderita penyakit tersebut.

Peringatan

Meskipun creatine sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tapi untuk penderita diabetes, penyakit hati dan ginjal tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi perhiasan yang menyertakan zat ini. Suplemen tersebut juga tidak cocok untuk dikonsumsi bagi seseorang yang berumur di bawah 18 tahun, dan bagi ibu hamil.

Jika anda mengkonsumsi perhiasan yang mengandung creatine, perbanyak minum air untuk mencegah dehidrasi.

Asupan creatine secara berlebihan dapat memicu obesitas, sulit bernafas, cemas, diare, mual, demam, dan duduk perkara ginjal.

Konsultasi dengan dokter, untuk mengetahui kebutuhan creatine yang harus anda cukupi. Apakah asupan perhiasan dibutuhkan atau tidak.

Jangan mengkonsumsi perhiasan yang mengandung creatine, tanpa pengawasan dan usulan dari dokter atau mahir kesehatan.

Anda juga dapat mengkonsumsi multivitamin yang kaya akan banyak sekali jenis nutrisi termasuk creatine, kalau memang diperlukan.

Pilih minyak sehat yang dilengkapi dengan omega-3, untuk mencukupi kebutuhan creatine setiap harinya.

Buatlah badan anda bergerak secara aktif, sehingga fungsi otot dapat berjalan dengan baik dan seimbang.

Mungkin itu saja ulasan mengenai 7 manfaat creatine bagi badan kita. Ingat, tetap proporsional dalam mencukupi asupan nutrisi ini setiap harinya. Jangan lupa untuk tetap berolahraga secara rutin dan menerapkan tumpuan makan yang seimbang, semoga badan tetap sehat dan bugar. Menarik untuk dipelajari: 5 Latihan untuk mengecilkan otot lengan kendur

www.muscletech.com


Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "7 Manfaat Creatine Bagi Tubuh Yang Perlu Anda Tahu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel