-->

11 Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat jambu biji merah sangat mudah didapatkan dengan konsumsi buah ini. Bukan hanya bermanfaat untuk kecantikan, jambu biji ternyata sangat berguna untuk mengatasi beberapa duduk perkara kesehatan. Fakta ini terkait dengan sejumlah nutrisi penting di dalam buahnya. Mulai dari duduk perkara kulit sampai penyakit berat, dapat diatasi dengan rutin minum jus jambu biji.

11 Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Buah yang memiliki rasa asam manis ini, memiliki nama ilmiah Psidium guajava. Tanaman jambu merah tumbuh dengan baik di iklim tropis, termasuk Indonesia dan negara Asia lainnya.

Fakta Nutrisi dalam Jambu biji merah

Buah super ini kaya akan sejumlah vitamin penting menyerupai vitamin A, C, folat, B3 (niasin), asam pantotenat, vitamin E dan K. Bahkan, cukup dengan ¼ kg buahnya telah memenuhi kebutuhan vitamin C harian untuk dewasa berusia 13-20 tahun. Kulit luar buah ini mengandung vitamin C lebih tinggi dari buahnya.

Jambu merah juga diperkaya dengan beberapa mineral penting menyerupai magnesium, kalium, mangan, dan tembaga. Buah ini juga dilengkapi dengan senyawa penting menyerupai asam psidiolat, minyak atsiri, asam ursolat, lutein, asam guajaverin, likopen, asam kratogolat, flavonoid, dan asam oleanolat.


11 Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan dan Kecantikan


Dengan menikmatinya sebagai minuman jus atau dimakan secara langsung, maka banyak manfaat kesehatan dan kecantikan akan didapatkan. Jika anda ingin minum jus buahnya, sebaiknya saring airnya setelah dihaluskan dalam blender. Berikut ini ialah manfaat jambu biji merah untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Menyehatkan penglihatan

Jambu biji tergolong ke dalam makanan super yang menyehatkan mata, selain wortel. Vitamin A dalam buah ini benar-benar bekerja untuk menjaga penglihatan anda. Dengan konsumsi buahnya dengan rutin, bisa untuk mencegah katarak, degenerasi makula, dan gangguan penglihatan lainnya. Buah ini sangat cocok dikonsumsi oleh seseorang yang telah mengalami penurunan penglihatan.

2. Mencegah kanker

Jambu biji merah kaya akan flavonoid dan poli-fenolik yang bersifat antioksidan, yang berguna untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Selain itu, lycopene dalam buah ini bisa mencegah kanker prostat. Pelajari: Cara mencegah kanker yang harus diketahui.

3. Meredakan batuk dan demam


Buah jambu biji sarat dengan vitamin C, yang sangat bermanfaat untuk melawan jerawat virus dan dingin. Dengan minum jus jambu biji, akan mengurangi dahak ketika batuk.

4. Menjaga fungsi saraf dan otak

Jambu merah diperkaya dengan vitamin B3 dan B6, yang menjaga kesehatan otak. Kedua vitamin ini berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah, menutrisi otak, dan menjaga fungsi saraf.

5. Mencegah sembelit

Buah jambu merah mengandung banyak serat larut, yang berguna untuk melancarkan sistem cerna dan melindungi membran mukosa usus. Jambu biji merah juga efektif sebagai obat pencahar, sehingga membantu gerakan usus yang sehat dan membersihkan usus. Baca juga: 7 Cara mengobati sembelit secara alami.

6. Menurunkan hipertensi

Salah satu manfaat jambu merah ialah mencegah penebalan darah, yang pada ahirnya mengontrol fluiditas darah dan menurunkan tekanan darah tinggi. Nutrisi dalam buah ini juga memiliki kegunaan untuk mengurangi kolesterol darah. Jambu biji merah tergolong makanan yang bersifat hipoglikemik yang baik untuk mengontrol tekanan darah, dan meringankan kerja jantung anda.

7. Menyehatkan kelenjar tiroid

Jambu merah memiliki mineral tembaga yang berlimpah, yang berguna untuk meningkatkan metabolisme tiroid sehingga produksi hormon tiroid lebih terkontrol.

8. Mengurangi kadar gula tinggi

Serat larut dalam jambu biji juga bermanfaat untuk mengontrol perembesan gula dalam darah, sehingga menurunkan kadar insulin dan glukosa di dalam tubuh kita. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa jambu biji merah bisa mencegah munculnya diabetes tipe-2.

9. Mengobati diare dan disentri

Jambu biji juga sarat dengan senyawa astringent yang dapat mencegah diare. Buah lingkaran dan manis ini bersifat disenfektan dan anti bakteri, yang dapat menghambat tumbuhnya mikroba pada usus. Hal ini sangat efektif untuk mengatasi disentri.


Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kecantikan


Disebabkan sejumlah vitamin dan zat astringents yang ada di dalam jambu biji, membuat buah ini efektif untuk mengatasi banyak sekali duduk perkara kulit. Manfaat jambu biji untuk kecantikan, antara lain:


11 Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan dan Kecantikan
10. Mencegah tanda-tanda penuaan dini

Jambu biji merah diperkaya dengan vitamin A, B kompleks, C, astringents dan potassium. Semua nutrisi ini bersifat antioksidan yang dapat membersihkan racun dari tubuh dan kulit, sehingga membuat kulit lebih kencang dan bersinar. Selain itu, likopen dalam jambu biji merah berguna untuk mencegah kerusakan sel pada kulit akhir paparan sinar UV.

11. Melangsingkan tubuh

Jambu biji memiliki rendah lemak dan kalori sehingga cocok dimakan ketika siang hari, sebagai menu harian bagi pelaku diet. Buah manis ini dapat menjadikan kenyang lebih lama, disebabkan serat tinggi di dalamnya. Simak juga: 7 Cara menurunkan berat tubuh dengan cepat dan aman.

Nah, itulah 11 manfaat jambu biji merah bagi kesehatan dan kecantikan. Kini, anda lebih sehat dengan jambu biji. Anda dapat menikmati buahnya dalam banyak sekali penyajian, menyerupai minuman jus, selai, atau dikonsumsi secara langsung.



Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "11 Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan dan Kecantikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel