-->

11 Manfaat Kesehatan Di balik Gurihnya Kacang Mete

Kacang mete selain nikmat sebagai cemilan, ternyata memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. kacang mede (cashew) ialah biji jambu mede yang dibalut oleh kulit keras berwarna abu-abu. Kulit biji ini mengandung urushiol, minyak beracun yang dapat menimbulkan alergi.

11 Manfaat Kesehatan Di balik Gurihnya Kacang Mete
Kacang mete memiliki tekstur yang halus dengan bentuk simetris. Rasa mede menyerupai mentega atau kacang arab, dengan aroma yang khas. Lebih dari rasanya yang lezat, mente memiliki kontribusi besar untuk mencegah banyak sekali penyakit serta menjaga kecantikan kulit.

Fakta nutrisi Kacang Mete

  • Mineral penting yang hadir di dalam kacang mete menyerupai kalium, mangan, zinc, tembaga, magnesium, besi, dan selenium.
  • Kacang mete juga dilengkapi dengan vitamin penting menyerupai vitamin B5, vitamin B-6, riboflavin, niasin, dan thiamin.
  • Kacang mede juga diperkaya dengan karbohirat, lemak, kalori, dan serat.

11 Manfaat Kesehatan Di balik Gurihnya Kacang Mete


Berbagai nutrisi penting dalam kacang mede membuatnya kaya akan manfaat kesehatan, menyerupai di bawah ini:

1. Baik untuk Jantung

Kacang mete kaya akan asam oleat yang memiliki tugas dalam menjaga kesehatan jantung dan mengurangi kadar trigliserida. Magnesium dalam mede memiliki andil untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah penyakit jantung.

2. Melawan Kanker


Kacang mete memiliki flavanol yang disebut proanthocyanidins, yang bisa melawan sel kanker dan tumor. Jumlah tinggi dari tembaga yang ada di dalamnya membantu untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh akhir radikal bebas.

3. Menguatkan Tulang dan Sendi

Magnesium juga diharapkan untuk menyusun tulang, di samping kalsium. Tembaga di dalam biji jambu monyet ini juga memiliki kegunaan untuk menjaga kelenturan sendi.

4. Mencegah Batu Empedu

Penelitian oleh Nurses Health Study mengungkap bahwa wanita yang makan kacang mete minimal 1 ons per ahad mengalami penurunan terhadap risiko penyakit watu empedu sampai sebesar 25 persen.

5. Menjaga kesehatan Saraf

Magnesium pada biji jambu monyet berperan dalam menjaga otot dan pembuluh darah dan otot tetap rileks, dengan mengontrol distribusi kalsium ke sel-sel saraf.

6. Menyehatkan Otak

Lemak tak jenuh dalam biji jambu monyet berfungsi untuk memenuhi asupan oksigen yang diharapkan oleh otak, sehingga dapat menguatkan daya ingat.

7. Menurunkan Kadar gula darah

Penderita diabetes sebaiknya banyak makan kacang mede, sebab dapat menurunkan kadar trigliserida pemicu penyakit diabetes.

8. Mencegah Migrain dan Kelelahan

Kadar magnesium yang tinggi membuat mede menjadi makanan yang bisa meningkatkan energi tubuh. Makanan ini efektif dalam mengatasi kejang otot dan migrain.


Manfaat Kacang Mete Untuk Kecantikan

9. Menyehatkan Kulit

Salah satu mineral penting yang hadir di dalam kacang mede ialah tembaga. Mineral ini diharapkan untuk produksi tirosinase. Enzim tirosinase memiliki kegunaan untuk mengubah tirosin menjadi melanin, yaitu pigmen yang memperlihatkan warna kulit dan rambut.


10. Menyuburkan rambut

Jika Anda ingin memiliki rambut panjang dan kuat, masukkan kacang mete ke dalam menu harian Anda. Zat besi dan tembaga yang banyak terdapat di dalamnya efektif dalam meningkatkan pertumbuhan rambut. Kedua mineral ini memacu produksi melanin yang diharapkan untuk pertumbuhan rambut sehat.

11. Mengontrol Berat Badan

Kacang mete kaya akan serat dan lemak tak jenuh yang aman untuk berat tubuh Anda. Serat ini justru dapat membantu untuk menurunkan berat tubuh Anda.


Efek samping makan kacang mete

Meskipun memiliki segudang manfaat kesehatan, kacang mete dapat menimbulkan alergi khususnya pada anak-anak. Sebagian kasus alergi yang sering muncul menyerupai nyeri perut, gatal pada kulit, sulit bernapas, dan diare. Gejala ini muncul akhir asam anakardat yang ada dalam buah dan bijinya.

Perhatian

Kulit biji adegan paling luar sangat beracun. Hindari getah kulit luarnya, yang dapat menyebabkan kulit Anda menjadi melepuh jikalau terkena getah ini.

Itulah Manfaat kesehatan di balik gurihnya kacang mete. Baca juga: 11 Makanan Super Yang Menguatkan Imunitas Tubuh. Pastikan tidak terjadi alergi, sebelum makan biji jambu monyet ini. Dengan mengkonsumsi makanan sehat disertai olahraga rutin, akan meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

foto via webmd.com, media.indiatimes.in


Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "11 Manfaat Kesehatan Di balik Gurihnya Kacang Mete"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel