-->

20 Makanan Alami Yang Mengandung Biotin Tinggi

Sumber biotin dapat diperoleh dari beberapa jenis makanan alami yang aman untuk dikonsumsi. Biotin diharapkan oleh badan kita agar metabolisme dalam badan dapat berlangsung dengan baik dan optimal, termasuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kita. Tanpa asupan biotin yang cukup, maka badan akan mengalami banyak sekali gangguan kesehatan.
20 Makanan Alami yang Mengandung Biotin Tinggi
Defisiensi biotin dapat menyebabkan rambut rontok dan menipis. Kondisi ini umumnya terjadi pada seseorang dengan gaya hidup tidak sehat, menyerupai kebiasaan makan telur mentah secara berlebih atau konsumsi minuman tidak sehat.

Kebutuhan harian untuk biotin pada orang remaja yaitu sekitar 30 mikrogram. Namun, kebutuhan vitamin B7 makin tinggi pada seseorang yang menderita kelainan genetik, radang kulit, dan sebagainya. Bagi orang yang mengalami penipisan pada rambut, maka dokter biasanya menunjukkan dosis sekitar 500-700 mikrogram biotin per hari. Dosis ini dapat meningkat sesuai petunjuk dokter.


20 Makanan Alami yang Mengandung Biotin Tinggi


Sejumlah makanan alami ternyata kaya akan biotin. Vitamin ini dapat diperoleh dari beberapa jenis buah, ikan, kacang, dan lainnya. Daftar makanan sehat ini dapat mencukupi kebutuhan harian untuk vitamin B7. Berikut ini yaitu daftar makanan yang mengandung biotin tinggi:

1. Keju

Olahan susu ini kaya akan kalsium dan vitamin B12, sehingga menjadikannya sebagai cemilan sehat. Keju ternyata juga menjadi sumber biotin yang baik. Tiap ons keju cheddar menyediakan sekitar 0,4-2 mcg vitamin B7. Anda dapat menyantap makanan ini bersama roti, sebagai menu sarapan anda. Tetapi jangan berlebih dalam konsumsi makanan ini.

2. Wortel

Makanan alami yang menjadi sumber biotin lainnya yaitu wortel. Bukan hanya vitamin A yang berlimpah di dalamnya, wortel juga menyediakan 10,6 mcg vitamin B7 per cangkir.

3. Roti gandum

Roti yang terbuat dari gandum murni, sangat baik sebagai sumber biotin. Roti gandum tentunya sangat lezat , jikalau dinikmat bersama susu atau selai. Gandum cocok dikonsumsi oleh pelaku diet, disebabkan kaya akan protein dan zat besi. Sepotong roti gandum mengandung 0,2-6 mcg vitamin B7 (biotin).

4. Jamur

Jamur merupakan makanan sehat yang mengandung banyak sekali jenis vitamin, termasuk biotin. Banyak varietas jamur yang aman dikonsumsi, menyerupai jamur tiram, merang, atau shiitake.

5. Kalkun


Bukan hanya mengandung biotin dalam jumlah tinggi, kalkun juga kaya protein. Sehingga daging ini baik untuk membentuk otot badan anda.

6. Tuna

Ikan tuna memiliki jumlah tinggi dari biotin, protein dan omega-3. Sehingga makanan laut ini baik untuk menjaga kesehatan rambut, jantung, dan otak. Namun, anda harus waspada terhadap merkuri yang mungkin ada di dalamnya.

7. Alpukat

Buah alpukat dilengkapi dengan mineral, protein, asam lemak sehat, dan sejumlah vitamin termasuk biotin. Anda dapat menikmati buah ini sebagai minuman jus, salad, atau olahan lainnya.

8. Salmon

Makanan laut ini mengandung protein dan asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi. Salmon sering digunakan dalam gulungan sushi, atau dikonsumsi bersama makanan lainnya. Salmon juga menyediakan biotin yang cukup memadai.

9. Telur

Sebutir telur ternyata menyediakan biotin yang cukup tinggi. Selain vitamin B7, telur juga mengandung protein dan kolesterol. Jadi, hindari konsumsi telur terlalu banyak. Penting: Bahaya makan telur mentah bagi badan kita.

10. Biji bunga matahari

Selain nikmat sebagai cemilan sehat, kwaci bunga matahari ternyata mengandung mineral tertentu menyerupai magnesium dan vitamin B7. Makanan sehat ini sangat cocok bagi vegetarian yang ingin menerima asupan biotin.

11. Selai kacang

Bagi anda yang punya kebiasaan ngemil, ganti cemilan anda dengan makanan sehat menyerupai selai kacang. Makanan ini menyediakan protein, kalori, dan biotin.

12. Hati sapi

Hati sapi mengandung mineral dan vitamin yang lebih tinggi daripada dagingnya. Selain biotin, hati sapi juga menyediakan zat besi yang melimpah.

13. Kembang kol

Bunga kol merupakan sayur yang didapat dari hasil persilangan. Sayur ini diperkaya dengan nutrisi sehat menyerupai vitamin C, mineral, dan biotin. Kembang kol juga dikenal sebagai makanan yang menyehatkan jantung, dan efektif untuk mencegah risiko kanker.

14. Ragi

Vitamin B7 juga ditemukan di dalam ragi. Anda dapat memperoleh biotin dari debu ragi yang diolah bersama sereal atau milkshake. Di samping biotin, ragi juga mengandung kromium yang baik untuk penderita diabetes.

15. Buah Berri

Apapun jenis berry, buah ini umumnya mengandung biotin. Antioksidan berpengaruh yang terdapat di dalam buah berry, dapat mencegah penyakit jantung dan kanker akhir radikal bebas.

16. Sarden

Sarden yaitu makanan laut yang dilengkapi dengan omega-3 dan protein yang berlimpah. Selain itu, sarden juga menyediakan mineral dan biotin. Namun, anda perlu berhati-hati terhadap kadar lemak di dalamnya.

17. Almond

Pilihan sempurna bagi anda yang menyukai cemilan sehat yaitu kacang almond. Selain diperkaya dengan biotin, almond juga mengandung kalsium dan lemak sehat. Cukup dengan porsi kecil, akan membuat badan anda lebih berenergi.

18. Kedelai

Kedelai menyediakan sekitar 60 mcg biotin tiap 100 gram bahan. Kedelai juga diperkaya dengan protein dan serat. Jadi, sangat cocok bagi vegetarian yang sedang menjalani jadwal diet. Namun, biotin tidak dapat diperoleh dengan mengkonsumsi susu kedelai. Jadi, sebaiknya konsumsi kedelai sebagai makanan olahan menyerupai tempe atau tofu.

19. Pisang

Pisang sering disarankan untuk mengontrol tekanan darah, disebabkan kalium yang berlimpah di dalam buah ini. Pisang juga menyediakan biotin yang cukup. Anda dapat menikmati buah ini sebagai smoothie, atau dimakan secara langsung.

20. Susu sapi dan kambing

Dengan minum susu sapi atau kambing yang masih segar, akan didapatkan vitamin B7 yang sangat banyak. Di samping itu, kalsium dalam susu baik untuk menjaga kesehatan tulang.

Nah, itulah 20 makanan alami yang mengandung biotin tinggi. Makanan yang kaya akan biotin juga baik untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Lebih jelasnya, baca: 8 Manfaat Biotin Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit. Dengan tumpuan makan yang benar, maka badan menjadi lebih sehat dan bugar.


Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "20 Makanan Alami Yang Mengandung Biotin Tinggi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel