-->

3 Cara Mengobati Penyakit Jantung Secara Alami

Cara mengobati penyakit jantung tentunya tidak semudah mencegahnya. Seseorang yang divonis oleh dokter, bahwa ada gejala penyakit ini di dalam dirinya tentu akan shock dan tertekan. Nah, ada metode alternatif untuk mengatasi penyakit berat ini. Cara tradisional ini tentunya aman dan tidak menjadikan efek samping.

3 Cara Mengobati Penyakit Jantung Secara Alami
Penyebab Penyakit Jantung

Kerusakan pada adegan otot jantung dipicu oleh distribusi darah yang menuju ke organ tersebut tidak lancar. Kondisi ini disebabkan oleh adanya gumpalan darah ataupun ketegangan pada nadi koroner. Ketika jumlah darah yang menuju jantung terlalu sedikit atau berhenti, maka otot jantung akan rusak bahkan menyebabkan kematian secara mendadak.

Ketika sel darah putih dan asam lemak menumpuk di dinding arteri koroner yang mengalirkan darah ke jantung ini pecah, maka akan membentuk darah beku yang menggumpal. Jika gumpalan ini menyumbat arteri, maka seseorang akan mengalami serangan jantung.

Cara Mencegah Penyakit Jantung

1. Menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol

Hindari makanan tidak sehat yang dapat memicu kenaikan tekanan darah dan kolesterol di dalam tubuh. Jangan biarkan lemak berlebih di perut, karena dapat menutupi organ-organ badan yang penting. Baca: Daftar Makanan Penurun Hipertensi.

2. Perbanyak Minum Air

Dengan asupan air yang memadai maka organ-organ badan dapat bekerja dengan baik dan optimal. Minumlah 8 gelas air setiap hari.

3. Olahraga teratur

Dengan melaksanakan olahraga ringan menyerupai berjalan kaki di pagi hari, dapat menurunkan risiko serangan jantung hingga 30 persen. Cobalah berjalan kaki setiap pagi selama 30 menit, dikala matahari memancarkan sinarnya yang hangat.

4. Perbanyak makan Kacang-kacangan

Makanan yang menyehatkan jantung termasuk kacang-kacangan baik untuk ditambahkan ke menu harian Anda. Makanan sehat ini bisa meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh.

Gejala Penyakit Jantung

Jantung berdebar-debar (Palpitasi)

Gejala yang ini sering muncul bersamaan dengan gejala penyakit lain.

Sering pingsan

Kekurangan suplai darah dapat terjadi akhir kinerja otot jantung yang lemah, yang tidak bisa memompa darah dengan baik.

Sesak nafas

Pada penyakit jantung kronis memungkinkan cairan masuk ke rongga paru-paru, sehingga penderita mengalami sesak nafas.

Sering mengalami kram dan nyeri

Suplai darah yang tidak lancar juga dapat menyebabkan nyeri dan kram pada beberapa adegan tubuh.


3 Cara Mengobati Penyakit Jantung Secara Alami


1. Kunyit

Kunyit memiliki antikoagulan alami yang dapat mencegah pembekuan darah dan trombosis. Senyawa di dalamnya bisa melarutkan kolesterol jahat, sehingga pembuluh darah tidak tersumbat olehnya. Parut rimpang kunyit, seduh dengan setengah gelas air panas. Biarkan selama 15 menit, sebelum airnya disaring. Minum bersama madu.

2. Daun Sukun


Flavonoid dan sitosterol yang hadir di dalam daun sukun membantu untuk menjaga jantung dan pembuluh darah. Untuk menyehatkan jantung, rebus daun sukun bau tanah bersama 5 gelas air hingga menyusut separuh dari semula. Minum airnya berturut-turut selama 1 minggu.

3. Jus mengkudu

Antioksidan berpengaruh di dalam mengkudu (buah noni) bisa melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker dan penyakit jantung. Jika radikal bebas mengendap pada pembuluh darah, maka pemikiran darah akan tersumbat. Jadi, minum jus mengkudu dengan rutin akan membantu untuk manjaga kesehatan jantung.


Tips Agar Jantung Selalu Sehat


Kurangi gorengan, ganti dengan makanan rebus

Dengan memasukkan makanan rebus dan sayuran hijau ke dalam menu harian, akan meringankan kinerja jantung. Kurangi konsumsi garam untuk menjaga tekanan darah Anda.

Olahraga Ringan

Aktivitas yang pasif dan kurang gerak dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Kurang berolahraga menyebabkan kekurangan asupan darah. Lakukan olahraga ringan dengan rutin, biar fungsi organ badan dapat berjalan dengan optimal.

Berjalan cepat atau berlari di pagi hari

Meskipun sederhana, kegiatan ringan menyerupai berjalan kaki dengan rutin tiap pagi bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Cobalah berjalan kaki tanpa bantalan kaki. Metode ini memiliki kegunaan untuk menormalkan syaraf di telapak kaki.

Gaya hidup sehat dijalani tanpa menunggu penyakit menyerang. Kesalahan yang sering dibuat oleh banyak orang ialah menganggap sepele kesehatan jantung. Sesekali kunjungi pasien di rumah sakit, biar menghargai mahalnya kesehatan tubuh. Baca lainnya: 8 Cara Mengobati Vertigo Menggunakan Bahan Alami! Semoga artikel ini membantu Anda.

ilustrasi foto via redorbit.com


Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "3 Cara Mengobati Penyakit Jantung Secara Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel