-->

Daftar Makanan Yang Mampu Melancarkan Sirkulasi Darah

Penderita penyakit berat kini bukan hanya orang tua, bahkan perjaka punya risiko terserang penyakit berat menyerupai penyakit jantung, kanker, dan banyak lagi. Kesehatan badan juga ditentukan oleh imunitas tubuh, contoh makan dan gaya hidup ikut kuat terhadap problem kesehatan.

Daftar Makanan Yang Mampu Melancarkan Sirkulasi Darah
Agar organ badan berfungsi dengan baik, diharapkan asupan nutrisi yang seimbang. Nutrisi ini didapat dari sari makanan yang dibawa oleh darah. Fungsi darah juga termasuk membawa oksigen untuk diedarkan ke seluruh organ tubuh.

Jadi, peredaran darah yang lancar sangat menunjang sistem metabolisme dan kinerja organ tubuh. Inilah daftar makanan sehat yang bisa melancarkan sirkulasi darah:


Daftar Makanan Yang Mampu Melancarkan Sirkulasi Darah

1. Buah Alpukat

Alpukat memiliki jumlah tinggi dari omega-3 dan serat, sehingga baik untuk melancarkan sirkulasi darah. Omega 3 secara nabati dapat diperoleh dari minyak kanola, walnut, kacang kenari, bayam, dan kacang kedelai. Baca: 5 Manfaat Biji Alpukat Untuk Mengobati Penyakit Berat.

2. Bawang Putih

Bumbu dapur ini efektif dalam membuatkan pembuluh darah dan membersihkannya. Studi oleh Molecular Nutrition And Food Research mengungkapkan bahwa sering makan bawang putih dapat mencegah risiko aterosklerosis (plak tertimbun di dinding arteri), yang dapat menimbulkan penyakit jantung dan stroke.

Bawang putih juga berkhasiat untuk mendongkrak produksi hidrogen sulfida di pembuluh darah, sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar. Makan bawang putih mentah dapat melawan kolesterol jahat.

3. Jahe


Tanaman jahe memiliki gingerol yang bisa mencegah penggumpalan darah. Jahe berkhasiat untuk mencegah pembuluh darah tersumbat, dengan meningkatkan hormon adrenalin dan membuatkan pembuluh darah. Dengan minum air jahe akan melancarkan pedoman darah dan kerja jantung menjadi lebih ringan.

4. Buah-buahan yang memiliki warna merah

Buah-buahan dengan warna merah umumnya memiliki fitokimia yang disebut likopen, bersifat antioksidan kuat. Likopen bermanfaat untuk mencegah kanker yang diakibatkan oleh Human Papilloma Virus, dan mempercepat pemulihan.

Likopen juga mencegah pembuluh arteri mengeras, mengurangi inflamasi, penyakit kardiovaskular, dan menjaga kesehatan kulit dan mata. Likopen dapat diperoleh dengan makan buah-buahan menyerupai pepaya, semangka, tomat, apel merah, dan jambu biji.

5. Buah Jeruk

Buah segar ini dilengkapi dengan vitamin C, kalori, protein, dan serat. Vitamin C berkhasiat untuk menguatkan sistem imunitas tubuh, mencegah koagulasi darah, melawan nanah dan virus, menguatkan dinding kapiler, dan menjaga kesehatan gigi dan tulang. Vitamin C juga berperan dalam mengurangi sakit kepala dan peradangan yang disebabkan oleh flu biasa.

6. Ikan Tuna

Ikan tuna memiliki omega 3 yang bisa meningkatkan pedoman darah ke seluruh organ tubuh. Omega 3 juga berkhasiat untuk mencegah resiko penyakit jantung, menurunkan kolesterol, menyehatkan mata, menyehatkan otak, anti inflamasi, mencegah depresi, mengurangi nyeri haid, mencegah pembekuan darah, mencegah kepikunan, dan membantu perembesan vitamin. Untuk menerima nutrisi ini, pilihlah diantara ikan tuna, makarel, salmon, sarden, atau tengiri.

7. Cokelat Hitam

Cokelat mengandung theobromin dan flavanoid, sehingga membuat pedoman darah menjadi lancar dan mencegah kenaikan kortisol. Makan cokelat hitam lebih efektif ketimbang mengkonsumsi aspirin, dalam mencegah koagulasi darah. Ingat, cokelat hitam dan bukan cokelat susu. Jangan makan kebanyakan, semoga tidak gemuk.

Hindari konsumsi secara berlebihan untuk mencegah gangguan perut dan kenaikan kadar gula darah. Institute of Medicine menunjukkan batasan asupan harian ialah 1,6gr untuk laki-laki dan 1,1gr untuk perempuan.

Itulah makanan yang bisa melancarkan pedoman darah ke seluruh organ tubuh. Baca juga: 11 Makanan Super Yang Menguatkan Imunitas Tubuh! Cerdas dalam memilih makanan sehat, sangat kuat kesehatan dan daya tahan tubuh.

foto: kacang-alpukat lifeseasons.getitguru.in


Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "Daftar Makanan Yang Mampu Melancarkan Sirkulasi Darah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel