-->

12 Cara Mengobati Panas Dalam Secara Alami dan Cepat

Cara cepat mengobati panas dalam, tentunya menjadi pertanyaan bagi anda yang sedang menderita gangguan kesehatan ini. Panas dalam dapat dikategorikan sebagai penyakit ringan. Namun, tanpa penanganan yang sempurna dan cepat terkadang dapat memicu duduk perkara kesehatan yang lebih serius, menyerupai mimisan, penyakit tifus, bahkan TBC.

Panas dalam dapat terjadi pada bayi, anak-anak, atau orang tua. Orang dengan kekebalan badan yang rendah sangat rentan dengan duduk perkara ini.


12 Cara Mengobati Panas Dalam Secara Alami dan Cepat
Penyebab umum panas dalam
  • Imunitas badan yang rendah.
  • Kekurangan cairan, vitamin C, dan serat.
  • Cuaca panas yang ekstrim.
  • Konsumsi makanan panas dan berminyak secara berlebihan.
  • Hormon dalam badan tidak stabil.
  • Stres.

Gejala panas dalam

  • Tenggorokan terasa gatal, sakit, dan kering.
  • Gangguan pada mulut, menyerupai bibir pecah-pecah, sariawan, dan bacin lisan yang tidak sedap.
  • Tenggorokan sakit saat menelan makanan.
  • Rasa haus yang hebat.
  • Gangguan pada sistem cerna menyerupai konstipasi dan wasir.
  • Demam.

12 Cara Mengobati Panas Dalam Secara Alami dan Cepat


Cara mengobati panas dalam secara alami tidak mengakibatkan risiko, aman dan tentu saja lebih murah. Ada beberapa materi alami yang tersedia di sekitar kita yang dapat digunakan sebagai obat tradisional bagi panas dalam. Berikut ini cara alami untuk mengobati panas dengan cepat:

1. Air kelapa muda


Salah satu cara tradisional untuk mengatasi panas dalam untuk bayi ialah air kelapa muda. Caranya, campur air kelapa dengan madu kemudian bantu bayi untuk minum airnya.

2. Kunyit dan telur ayam

Campur sari kunyit dengan madu dan telur ayam, aduk sampai merata. Minum dengan segera, untuk menyembuhkan panas dalam.

3. Merendam kaki

Cara efektif untuk mengatasi panas dalam, salah satunya dengan merendam kaki anda ke dalam kolam berisi air dingin. Cara tradisional ini juga berkhasiat untuk mendinginkan panas dalam tubuh.

4. Cincau

Kombinasi cincau dan madu, dapat digunakan untuk meredakan panas dalam. Cincau bersifat pendingin bagi badan anak. Minum dua kali dalam sehari untuk mengobati panas dalam dengan cepat.

5. Cuka apel

Cuka sari apel juga dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk meredakan sakit tenggorokan akhir panas dalam. Caranya, cukup berkumur dengan cuka sari apel, untuk mengatasi rasa sakit pada tenggorokan akhir gangguan panas dalam.

6. Kacang hijau

Selain berkhasiat untuk mengobati muntaber dan radang ginjal, kacang hijau efektif untuk mengatasi panas dalam secara cepat. Rebus kacang hijau bersama air bersih dan gula kerikil secukupnya. Minum airnya setelah dingin.

7. Rambut jagung

Untuk membantu penyembuhan panas dalam, rebus rambut jagung sebanyak segenggam bersama air. Tambahkan irisan jahe dan gula batu, kemudian saring. Minum airnya setelah hangat, sampai penyakit sembuh.

8. Jus delima dan minyak almond

Tambahkan minyak almond ke dalam gelas yang berisi jus delima, minum untuk meredakan panas dalam.

9. Kencur

Untuk mengobati batuk dan panas dalam, kencur dapat menjadi obat tradisional yang tepat. Parut rimpang kencur secukupnya, tambahkan madu dan air hangat. Minum dua kali dalam sehari.

10. Perbanyak buah dan sayuran

Buah-buahan mengandung banyak mineral penting yang berkhasiat untuk mengatur panas dalam tubuh, begitu juga sayuran. Kurangi asupan daging dan jeroan.

11. Hindari Gorengan

Jauhi semua makanan yang digoreng, alasannya ialah minyaknya akan memicu kenaikan suhu tubuh. Jangan mengkonsumsi garam dan makanan asin secara berlebihan. Hal ini juga dapat menyebabkan naiknya panas dalam tubuh. Demikian pula, konsumsi makanan pedas juga harus dikurangi.

12. Kurangi konsumsi kacang-kacangan

Jika anda sedang mengalami panas dalam, hindari kacang-kacangan untuk sementara. Makanan sehat ini tidak cocok dikonsumsi, saat seseorang menderita panas dalam.

Nah, itulah 12 cara mengobati panas dalam secara alami dan cepat. Simak juga: 12 Cara Cepat Mengobati Sariawan. Masih banyak cara alami lainnya, tetapi kami pilihkan cara yang paling cepat dan aman.


Anda dapat memilih salah satu darinya, tanpa efek samping pada jangka panjang. Supaya penyakit segera sembuh, atur teladan makan anda dan perbanyak waktu istirahat. Semoga panas dalam yang anda derita segera sembuh.

Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "12 Cara Mengobati Panas Dalam Secara Alami dan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel