-->

12 Gejala Awal dan Tanda-tanda Penyakit Jantung

Ciri-ciri penyakit jantung harus diketahui semenjak awal. Umumnya, orang awam menganggap bahwa penyakit jantung sama dengan serangan jantung. Secara medis, penyakit jantung ialah kondisi di mana fungsi jantung tidak berjalan dengan normal, sehingga darah tidak dapat dipompa ke seluruh tubuh.

12 Gejala Awal dan Tanda-tanda Penyakit Jantung
Sedangkan serangan jantung merupakan kondisi di mana pembuluh darah yang menuju ke jantung, mengalami penyusutan atau penyumbatan sehingga oksigen dan sari makanan tidak dapat diedarkan dengan baik.

Penyakit jantung dapat menyerang siapa saja, pada mereka yang punya riwayat gangguan kardiovaskular ataupun tidak. Sakit jantung juga dapat memicu komplikasi penyakit berat lainnya.

Gejala penyakit jantung umumnya diketahui oleh penderita, ketika penyakit ini telah parah. Padahal, sakit jantung ialah penyakit yang paling mematikan di seluruh dunia dan telah membunuh jutaan orang. Jadi, semua orang seharusnya mengetahui gejala sakit jantung semenjak dini untuk mengambil langkah terbaik sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit ini.


12 Gejala Awal dan Tanda-tanda Penyakit Jantung


Sejumlah penelitian telah menemukan ciri-ciri atau gejala awal dari penyakit jantung, sehingga setiap orang harus mencermati perubahan pada kondisi tubuhnya yang mungkin menjadi salah satu gejala penyakit ini. Tindakan terbaik untuk memastikan adanya gejala, yaitu dengan rutin memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter atau tim medis.

Meskipun sebagian gejala umum penyakit jantung memiliki kesamaan dengan ciri penyakit lain, namun ada beberapa tanda atau indikasi tertentu yang khas. Berikut ini ialah tanda-tanda awal dari penyakit jantung:

1. Sering cemas

Gejala awal dari penyakit jantung termasuk rasa cemas yang berlebihan. Penderita sering merasa takut, tegang, dan khawatir.

2. Mudah lelah

Gejala penyakit jantung sering diawali dengan kelelahan kronis. Penderita merasa tidak berdaya untuk beraktivitas ringan, bahkan badan merasa letih setelah berdiri tidur. Calon penderita biasanya menyangka bahwa kondisi ini disebabkan kurang istirahat.

Cobalah kurangi intensitas kerja dan kegiatan anda, perbanyak waktu istirahat. Jika kondisi masih berlanjut selama beberapa hari, segera konsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab gejala ini.

3. Nyeri dada

Gejala umum dari penyakit jantung ialah timbulnya rasa nyeri di episode dada. Meskipun begitu, nyeri dada tidak selalu memperlihatkan indikasi adanya penyakit jantung. Mungkin juga kondisi ini ialah ciri dari penyakit lainnya.

4. Gangguan tidur


Berdasar hasil penelitian terhadap sejumlah wanita yang mengidap penyakit jantung, diketahui bahwa 50 persen dari mereka telah mengalami gangguan tidur selama beberapa hari sebelumnya.

5. Batuk berdarah

Tanda-tanda dari seseorang yang mengalami gagal jantung, salah satunya ialah batuk berdarah. Kondisi ini disebabkan oleh cairan yang menumpuk di dalam paru-paru. Jika badan anda terlihat bugar dan sehat, kemudian tiba-tiba menderita batuk yang disertai darah, segera temui dokter untuk mengetahui kondisi jantung anda.

6. Pusing dan sering pingsan

Penyakit jantung dapat menyebabkan penderita mengalami pusing, bahkan terkadang pingsan. Hal ini disebabkan oleh denyut jantung yang tidak normal, atau pedoman darah yang tidak lancar akhir kemampuan jantung untuk memompa darah tidak optimal.

7. Nafsu makan menurun

Ciri-ciri penyakit jantung yang lain ialah pembengkakan pada area badan tertentu menyerupai pada perut atau pergelangan kaki. Kondisi ini dipicu oleh cairan yang menumpuk di dalam tubuh, yang pada karenanya menjadikan rasa mual dan turunnya nafsu makan.

8. Sesak nafas

Pengidap penyakit jantung juga sering mengalami sesak nafas. Kondisi ini sebagai akhir adanya cairan yang masuk ke rongga udara di dalam paru-paru. Sesak nafas juga dipicu oleh denyut jantung yang tidak teratur, otot jantung yang menebal, maupun kelainan pada katup jantung.

9. Denyut jantung yang tidak teratur

Jika detak jantung menjadi kacau dan disertai gejala lainnya, menyerupai sesak nafas, pusing, lelah, letih, maka kondisi tersebut merupakan indikasi berpengaruh bahwa seseorang menderita penyakit jantung, aritmia, atau gagal jantung. Jika kondisi ini tidak segera ditangani dengan tepat, maka dapat berlanjut pada penyakit stroke bahkan final hidup mendadak.

10. Nyeri di episode tubuh

Gejala penyakit jantung lainnya termasuk rasa nyeri pada bahu, siku, lengan, leher, perut, punggung, atau rahang. Rasa nyeri ini biasanya muncul selama beberapa ketika saja, kemudian hilang.

11. Keringat dingin

Jika badan anda sering mengeluarkan keringat cuek tanpa melaksanakan kegiatan apapun, mungkin saja ini merupakan salah satu gejala dari penyakit jantung. Tidak salah bila anda segera berkonsultasi dengan dokter, untuk meyakinkan kondisi badan anda.

12. Rasa sakit di kepala

Jika kepala anda merasa sakit ketika terkena sinar matahari, mungkin saja jantung anda sedang bermasalah. Pengaruh ini bisa saja menjadikan denyut jantung lebih lambat atau lebih cepat. Menurut American Academy of eurology, wanita yang sering menderita migrain berpeluang menderita sakit jantung akhir sirkulasi darah yang tidak lancar.

Nah, itulah 12 Gejala awal dan tanda-tanda penyakit jantung. Jika anda mengalami salah satu atau beberapa gejala yang disebutkan di atas, belum dapat dipastikan bahwa anda mengidap penyakit jantung. Mungkin saja kondisi tersebut merupakan gejala dari penyakit lainnya.

Namun, anda perlu waspada dan segera konsultasi dengan dokter untuk menerima diagnosa dan penanganan lebih lanjut. Pelajari: 3 Cara mengobati penyakit jantung secara alami. Menjaga kesehatan badan dapat kita lakukan dengan menjalani gaya hidup sehat, olahraga secara teratur dan teladan makan yan benar.


Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "12 Gejala Awal dan Tanda-tanda Penyakit Jantung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel