-->

18 Manfaat Buah Kersen Untuk Pengobatan dan Kecantikan

Manfaat buah kersen untuk kesehatan seakan-akan diabaikan oleh banyak orang. Padahal, buah mungil ini menunjukkan kontribusi di dunia kecantikan dan pengobatan herbal. Meskipun ukurannya kecil, tenyata buah kersen sangat berguna untuk mengatasi aneka macam keluhan kesehatan, serta bisa melawan penyakit tertentu.

18 Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Nama ilmiah untuk buah kersen yaitu Muntingia calabura. Di Indonesia, buah ini memiliki banyak sebutan ibarat keres, talok, kersem, baleci, dan banyak lagi. Orang Spanyol menyebutnya niguito, sedangkan nama buah ini dalam bahasa Inggris yaitu Singapore cherry.

Kandungan buah kersen

Di balik rasanya yang manis dan ukurannya yang kecil, ternyata buah kersen memiliki sejumlah nutrisi penting ibarat protein, kalsium, vitamin A dan C, karbohidrat, zat fosfor, lemak, zat besi, niacin, betakaroten, tianin, dan riboflavin.

Daun kersen memiliki efek farmakologis sebagai anti tumor, disebabkan adanya senyawa flavonioda, saponin dan tannin di dalamnya. Daun ini juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik.


18 Manfaat Buah Kersen Untuk Pengobatan dan Kecantikan


Buah yang disukai oleh bawah umur ini ternyata memiliki kegunaan untuk mengobati beberapa penyakit ringan sampai berat. Berikut ini yaitu manfaat buah kersen untuk pengobatan yang seharusnya anda tahu:

1. Menurunkan kadar asam urat

Penderita asam urat sering mengalami rasa nyeri yang menyiksa. Nah, untuk mengatasi asam urat, obati dengan daun talok. Rebus daun kersen bersama air selama beberapa menit, minum dengan rutin setiap hari ketika airnya menjadi dingin.

2. Mengatasi peradangan



Sifat anti inflamasi yang terdapat di dalam buah kersen berguna untuk mencegah peradangan, dan bisa untuk menurunkan demam.

3. Menyehatkan mata

Buah kersen atau talok diperkaya dengan betakaroten dan vitamin A yang diharapkan untuk menjaga retina tetap sehat, serta melindungi penglihatan.

4. Mencegah kanker

Antioksidan dalam buah kersen berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh, sehingga dapat melawan radikal bebas penyebab kanker dan tumor. Antioksidan ini berasal dari vitamin A, C, dan betakaroten di dalamnya.

5. Baik untuk jantung

Mineral penting dalam buah kersen diharapkan untuk menjaga jantung tetap sehat. Jadi, biarkan anak kecil menyukai buah ini.

6. Mengobati diabetes

Buah kersen cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Senyawa kima di dalam daunnya efektif untuk mengontrol insulin, sehingga metabolisme gula dapat berjalan dengan baik.

Cara membuat ramuannya, rebus 50-100 gram daun kersen bersama seliter air sampai tersisa ½ liter saja. Minum dengan rutin di pagi dan malam hari.

7. Melawan jerawat basil dalam tubuh

Buah dan daun kersen juga bersifat anti-mikroba dan antiseptik, yang bisa menekan pertumbuhan basil berbahaya ibarat C Diptheriea, S Epidemidis, S Aureus, dan K Rizhophil. Cukup dengan makan buahnya atau dengan minum air rebusannya untuk menerima khasiat ini.

8. Mengobati tekanan darah tinggi

Buah kersen dilengkapi dengan kalium yang bisa mengontrol tekanan darah, sehingga hipertensi dapat diobati dengannya. Baca: 8 makanan pantangan bagi penderita darah tinggi!


Manfaat Buah Kersen Untuk Kecantikan


9. Mencegah penuaan dini

Sejumlah antioksidan termasuk vitamin C dalam buah kersen sangat efektif dalam mencegah tanda-tanda penuaan dini, sehingga menjaga elastisitas kulit anda. Makan buah yang kaya akan vitamin C akan membuat kulit wajah menjadi lebih berseri dan infinit muda.

10. Menurunkan berat badan

Karbohidrat dalam buah kersen bisa menimbulkan kenyang lebih lama, sehingga mencegah kegemukan. Jadi, buah kecil ini dapat menjadi cemilan yang sehat.

11. Menghilangkan jerawat

Bagi anda yang memiliki problem dengan jerawat di wajah, cobalah masker kersen. Caranya, pencet buah kersen kemudian terapkan air dan biji di dalamnya pada wajah anda secara merata. Lakukan perawatan ini sebelum tidur malam, basuh wajah anda pada keesokan harinya. Menarik: 5 cara cepat menghilangkan jerawat secara alami


Manfaat buah kersen lainnya



  • Mengurangi resiko serangan stroke
  • Pereda sakit kepala
  • Mengatasi gejala flu
  • Menurunkan kadar kolesterol darah
  • Mencegah batuk
  • Mencegah infeksi
  • Mencegah kejang dan kaku pada jalan masuk cerna karena penyakit gastritis maupun diare

Nah, itulah 18 manfaat buah kersen untuk pengobatan dan kecantikan yang luar biasa. Jadi, tidak salah kalau anda menanam pohonnya di pekarangan bersahabat rumah. Namun, segera pangkas pohonnya kalau terlalu tinggi, untuk mencegah bawah umur memanjat pohonnya.


Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "18 Manfaat Buah Kersen Untuk Pengobatan dan Kecantikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel