-->

5 Manfaat Vitamin B12 Bagi Kesehatan Tubuh

Vitamin B12 merupakan salah satu vitamin yang larut dalam air. Manfaat vitamin B12 antara lain membantu proses metabolisme di dalam tubuh, menyehatkan sel-sel darah merah dan sel-sel saraf, serta mencegah anemia. Fungsi lainnya termasuk untuk mendukung proses penting yang terjadi di dalam tubuh.

5 Manfaat Vitamin B12 Bagi Kesehatan Tubuh
Vitamin B-12 juga memegang peranan dalam metabolisme protein, dan produksi sel-sel darah putih yang diperlukan untuk menjaga kekebalan tubuh. Manfaat bagi ibu hamil termasuk menolong perkembangan saraf embrio.

Sumber vitamin B12 atau disebut Kobalamin hanya berasal dari hewan dan produk hewan. Jadi, buah-buahan dan sayuran tidak termasuk. Kobalamin harus diproses dalam tubuh (digabung dengan protein), sebelum diserap oleh sistem cerna.

Akibat Kekurangan Vitamin B12

Hati menyimpan kobalamin sebagai cadangan yang cukup untuk beberapa waktu, namun kekurangan asupan vitamin ini tetap saja dapat terjadi pada seseorang. Gejala yang dialami oleh tubuh jawaban kekurangan vitamin B12 antara lain:

  • Kelelahan, lesu, anemia, sembelit, dan emosi yang labil.
  • Gangguan syaraf yang sering menimbulkan kesemutan, tangan dan kaki merasa kebas, dan mati rasa.
  • Dapat menyebabkan pengecap merah dan palpitasi jantung.
  • Nafsu makan menurun secara drastis, sehingga banyak penderita yang mengalami penurunan berat tubuh turun dengan tiba-tiba.
  • Sebagian penderita merasa stres, bingung, depresi, dan daya ingat menurun.
  • Jika dialami oleh bawah umur dapat menghambat pertumbuhan.
  • Jika kondisi berlanjut dapat menjadikan anemia parah.


5 Manfaat Vitamin B12 Bagi Kesehatan Tubuh


1. Meningkatkan fungsi saraf

Asupan harian yang cukup akan mencegah volume otak menyusut, serta mengurangi strs dan depresi.

2. Menjaga jantung tetap sehat


Vitamin B12 juga berfungsi untuk mencegah penyakit kardiovaskular ibarat stroke dan penyakit jantung. Di samping itu juga mencegah kadar kolesterol buruk melonjak.

3. Membantu tubuh menghasilkan energi

Karbohidrat akan diubah menjadi glukosa yang digunakan sebagai energi bagi tubuh .

4. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Kobalamin sangat diperlukan untuk reproduksi dan regenerasi sel-sel kulit mati. Jadi, sangat mensugesti Cara Mencegah Kanker Yang Harus Anda Ketahui.


Kebutuhan Harian Vitamin B12 yang dianjurkan


Tubuh harus menerima gizi yang memadai dengan mencukupi asupan kobalamin harian. Kebutuhan vitamin B12 untuk orang sampaumur yakni 2,4 mikrogram per hari. Sedangkan bagi ibu hamil sekitar 2,8 mikrogram per hari.

Anjuran ini untuk kondisi umum. Sedangkan bagi vegetarian, wanita yang menyusui, dan lansia membutuhkan asupan vitamin dalam jumlah lebih banyak. Suplemen vitamin biasanya diperlukan oleh mereka yang mempunyai gangguan berupa penyakit Crohn, penyakit celiac, benjol basil pada usus kecil, dan anemia pernisiosa. Namun duduk perkara yang sering terjadi yakni sistem pencernaan kurang bisa untuk menyerap vitamin yang berbentuk suplemen. Simak juga: 9 Makanan Berserat Paling Tinggi.

Makanan yang banyak mengandung vitamin B12 baik untuk dikonsumsi dalam porsi seimbang dan tidak berlebihan. Yakinkan tubuh Anda menerima asupan yang cukup dengan mengkonsumsi daging, hati, keju, dan lain-lain.

foto via amazonaws.com


Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "5 Manfaat Vitamin B12 Bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel