-->

6 Cara Mengobati Penyakit Congek Secara Alami Dan Medis

- Infeksi indera pendengaran atau penyakit congek pada anak pastinya membuat bunda merasa sedih. Bagaimana tidak melihat kondisi anak yang tersiksa karena cairan bisul yang keluar dari telinganya terus-menerus. Bunda tentu bertanya, apa obat indera pendengaran bernanah yang ampuh dan aman untuk digunakan?

6 Cara Mengobati Penyakit Congek Secara Alami Dan Medis
Penyakit congek dalam istilah medis disebut otitis media atau infeksi indera pendengaran tengah. Infeksi pada gendang indera pendengaran dapat disebabkan oleh luka karena mengorek kuping menggunakan cotton bud.

Tidak semua cairan lengket dalam indera pendengaran harus dibersihkan hingga ke dalam. Cairan lilin secara alamiah diproduksi oleh telinga, dan akan keluar karena terdorong grakan rahang.

Jika bunda ingin membersihkan kotoran telinga, cukup pada bibirnya atau episode luar saja. Hindari juga bulu ayam dan alat pembersih berbahan logam untuk mengorek kuping, yang dapat menyebabkan infeksi sehingga timbul busuk busuk dari lubang telinga.

Gejala Penyakit Congek

Telinga bernanah dapat ditandai dengan gejala yang timbul. Beberapa gejala umum yang sering timbul tanggapan peradangan pada organ pendengaran ini menyerupai di bawah ini:

  • Telinga berdenging.
  • Keluar nanah.
  • Nyeri dan ngilu ketika penderita mendengar bunyi keras.
  • Konsentrasi menurun.
  • Nafsu makan berkurang secara signifikan.
  • Anak sering menjewer daun telinganya sendiri.
  • Pendengaran terganggu.
  • Demam tinggi.
  • Keseimbangan badan tidak terkontrol.
  • Insomnia.
  • Pendengaran berkurang.
  • Sakit kepala.
  • Radang tenggorokan.

Penyebab umum otitis media ialah cairan (sekret) yang timbul dikala flu, masuk dari hidung ke indera pendengaran tengah melalui tuba eustachius. Jika cairan ini terjebak, dapat menyebabkan infeksi pada indera pendengaran tengah.

Infeksi indera pendengaran disebabkan oleh mikro organisme menyerupai virus atau basil yang berkembang dalam indera pendengaran tengah. Infeksi pada alat dengar ini juga dapat disebabkan oleh nonallergic rhinitis. Peradangan pada kuping juga dapat terjadi tanggapan disfungsi susukan Eustachia. Gangguan medis ini jikalau berlanjut dapat menyebabkan gendang indera pendengaran menjadi rusak.


6 Cara Mengobati Penyakit Congek Secara Alami Dan Medis


Menurut Dr Richard Rosenfeld dari SUNY Downstate Medical Center, pengobatan infeksi indera pendengaran pada belum dewasa tidak harus menggunakan obat-obatan antibiotik. Hal ini bertujuan untuk mencegah imunitas menurun. Jadi, tindakan medis dapat diambil berdasarkan diagnosis yang tepat.

Dokter seorang jago THT biasanya mengambil tindakan berupa operasi kecil dan pinjaman obat untuk menyembuhkan penyakit congek tersebut.

Jangan anggap remeh penyakit indera pendengaran bernanah. Jika inner ear dan middle ear dipenuhi oleh bisul dapat memecahkan gendang telinga, yang pada kesannya menyebabkan tuli. Data WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) menyampaikan lebih dari 6 juta penduduk Indonesia menderita penyakit ini.

Pengobatan secara tradisional dapat menggunakan bahan-bahan alami berikut ini:

1. Daun anggrek dan akar pinang

Obat herbal untuk indera pendengaran bernanah dapat dibuat menggunakan daun anggrek. Cara membuat ramuannya cukup mudah. Tumbuk segenggam daun anggrek dan rimpang kunyit hingga lumat. Peras dua materi alami ini, untuk diambil airnya. Gunakan sebagian airnya untuk mencuci indera pendengaran episode luar, sisanya digunakan sebagai obat tetes telinga. Teteskan airnya ke liang indera pendengaran menggunakan akar pinang.

2. Daun pegagan

Tanaman ini bukan hanya berkhasiat untuk menghilangkan keloid, tapi juga dapat mengobati congek. Cara membuatnya, tumbuk dan peras daun pegagan untuk diambil sarinya. Campur dengan minyak kelapa panas, tunggu agak dingin. Bersihkan indera pendengaran dengan cotton bud yang lembap oleh baby oil. Terapkan sari pegagan tadi sebagai obat tetes indera pendengaran untuk mengatasi indera pendengaran bernanah.

3. Bawang putih


Bumbu dapur ini merupakan antibiotik alami, yang bisa mengobati infeksi sekaligus meredakan rasa sakit pada indera pendengaran bernanah. Cara menggunakannya dengan konsumsi secara rutin bawang putih yang masih segar.

4. Ekstrak maca dan tribulus

Ekstrak dua tanaman ini efektif untuk mengobati penyakit congek. Keduanya memiliki zat antibakteri menyerupai azadirachtin, yang bisa melawan infeksi di dalam telinga.

5. Teh bunga mullein

Seduh bunga mullein ke dalam secangkir air panas, tambahkan 1 sdm minyak zaitun. Obat indera pendengaran bernanah ini tidak untuk diminum, tapi biarkan selama semalam. Keesokan harinya, teteskan pada lubang indera pendengaran pada penderita congek.

6. Kurma dan madu

Nutrisi dalam kurma berkhasiat untuk meredakan gejala penyakit congek. Makan setidaknya 3 buah kurma per hari, untuk menguatkan imunitas tubuh. Sedangkan madu memiliki antibakteri kuat, yang bisa mencegah iritasi dalam telinga. Minuman alami ini juga meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga infeksi pada indera pendengaran dapat dicegah.


Tips mencegah penyakit congek

  • Hindari air masuk ke dalam telinga, jikalau terdapat luka di dalamnya.
  • Jangan menggunakan alat pembersih indera pendengaran yang terbuat dari logam atau benda tajam lainnya.
  • Bersihkan kotoran dalam indera pendengaran menggunakan cotton bud yang lembut, lakukan dengan hati-hati. Cukup episode luar saja, jangan terlalu dalam.

Nah, itulah cara mengobati penyakit congek secara alami dan medis. Keuntungan pengobatan secara herbal ialah tidak ada efek samping yang ditimbulkan. Namun untuk kasus otitis media yang kronis, penderita harus diobati secara medis oleh dokter seorang jago THT. Mungkin anda perlu perlajari: 17 Cara Mengatasi Disentri Secara Alami Dan Cepat


Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "6 Cara Mengobati Penyakit Congek Secara Alami Dan Medis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel