-->

6 Manfaat Bunga Pagoda Untuk Pengobatan Alami

Manfaat bunga pagoda bagi kesehatan termasuk untuk mengobati insomnia dan anemia. Penggunaan bunga pagoda (Clerodendrum japonicum) untuk pengobatan, tidak hanya didapat dari bunganya saja. Akar dan daun pagoda ternyata juga efektif untuk mengatasi beberapa dilema kesehatan. Mari kita mengenalnya lebih jauh.

6 Manfaat Bunga Pagoda Untuk Pengobatan Alami
Bunga pagoda dapat tumbuh dengan baik di kebun, pekarangan, atau pinggir jalan. Cara menanamnya sangat mudah, yaitu dengan metode stek batang. Bunga pagoda sering dijadikan sebagai tanaman hias, yang memiliki bentuk lancip ibarat piramid.

Tanaman pagoda memiliki batang yang dipenuhi oleh rambut halus berwarna putih. Bunga pagoda digolongkan sebagai tanaman obat berkhasiat, disebabkan efektifitasnya dalam menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

Sifat Bunga Pagoda

Setiap adegan tanaman pagoda, memiliki sifat dan khasiat yang berbeda satu sama lain. Akarnya terasa pahit karena zat tertentu yang ada di dalamnya. Akar ini bisa mengobati peradangan, pembekuan darah, rematik, nyeri pinggang, insomnia, TBC, diare, dan luka memar. Akar pagoda juga memiliki sifat diuretik, dan mendinginkan.

Daunnya berwarna agak kecoklatan, dengan rasa manis dan asam, memiliki sifat anti-inflamasi. Daun pagoda dapat digunakan untuk mengobati luka bernanah.

Bunga pagoda berguna sedatif dengan rasa yang manis, sehingga disukai oleh lebah. Bunga pagoda dapat digunakan sebagai obat penenang, mengatasi sulit tidur (insomnia), menghentikan pendarahan (hemostatis), mengobati keputihan, dan penambah asupan darah bagi penderita anemia.


6 Manfaat Bunga Pagoda Untuk Pengobatan Alami


1. Membantu mengobati gondok

Bunga pagoda mengandung iodium yang berguna untuk mencegah penyakit gondok. Dengan konsumsi sayur bunga pagoda dapat mengatasi penyakit gondok, sehingga mempercepat proses penyembuhan penyakit gondok.

2. Mengobati sulit tidur (insomnia)

Insomnia merupakan gangguan tidur, dimana seseorang sulit untuk tidak terjaga di malam hari. Masalah kesehatan ini harus segera diatas, untuk mencegah gangguan lainnya. Bunga pagoda dapat digunakan untuk mengobati insomnia. Caranya, keringkan akar atau bunga pagoda secukupnya. Giling atau tumbuk bunga pagoda yang telah kering, hingga menjadi serbuk halus. Seduh serbuknya dengan air hangat ibarat dikala minum teh. Lakukan cara ini setiap hari, menjelang tidur malam.

3. Mengobati bisul dan korengan


Kulit yang indah dan mulus, akan berkembang menjadi tidak indah lagi dengan adanya bisul dan koreng. Untuk mengobatinya, basuh daun segar dan bunga pagoda. Tumbuk kedua materi hingga lumat, kemudian tambahkan sedikit madu. Aduk hingga merata, kemudian balurkan ramuan pada kulit yang bermasalah. Lakukan perawatan ini tiga kali dalam sehari, hingga sembuh.

4. Mengobati Wasir berdarah (hemoroid)

Pola makan yang buruk salah satunya ialah kurang serat dalam menu harian. Kebiasaan ini dapat mengakibatkan gangguan pencernaan, termasuk wasir. Untuk mengatasinya, gunakan bunga pagoda. Sediakan 60 gram akar tanaman pagoda dan daging sapi (banyak orang menyarankan untuk menggunakan usus sapi). Kedua materi dapat diolah sesuai selera anda. Silahkan menyantapnya sebagai obat alami bagi wasir.

5. Mengobati luka

Untuk mengobati luka dan mencegah timbulnya nanah, gunakan bunga pagoda. Bunga dan daun pagoda memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa menyembuhkan luka dan mencegah nanah. Caranya dengan konsumsi daun dan bunga yang telah diolah, dan sebagai obat luar dengan mengoleskan kedua materi setelah ditumbuk.

6. Mengatasi keputihan

Konsumsi bunga pagoda secara teratur juga berguna untuk mengobati keputihan, dilema yang sering dialami oleh wanita. Bunga pagoda memiliki sifat anti bacterial yang bisa untuk membunuh basil jahat.

Nah, itulah 6 manfaat bunga pagoda untuk pengobatan alami. Jadi, selain sebagai bunga hias, pagoda ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan yang luar biasa. Tidak salah kalau anda menanamnya di pekarangan. Siapa tau, ada tetangga yang membutuhkannya.


Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "6 Manfaat Bunga Pagoda Untuk Pengobatan Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel