-->

7 Fungsi Zat Besi Bagi Kesehatan Tubuh

Zat besi yaitu mineral penting yang diharapkan untuk mencukupi jumlah darah di dalam tubuh. Manfaatnya yang paling utama yaitu mengangkut oksigen, dengan bergabung bersama protein sehingga membentuk hemoglobin atau myoglobin. Hasil gabungan lainnya yaitu enzim yang memiliki andil dalam produksi energi.

7 Fungsi Zat Besi Bagi Kesehatan Tubuh
Zat besi akan mengangkut oksigen dari paru-paru kemudian diedarkan ke seluruh jaringan tubuh. Zat besi dapat berasal dari sumber hewan atau tumbuh-tumbuhan.

Ketika asupan mineral ini berlebih, maka tubuh akan menyimpannya untuk digunakan dikala defisiensi asupan terjadi.

Namun bila asupan terlalu berlebihan dapat menimbulkan dilema kesehatan yang nanti akan kita bahas.


7 Fungsi Zat Besi Bagi Kesehatan Tubuh

1. Menjaga Kekebalan Tubuh
Mineral ini juga berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Dengan asupan zat besi yang memadai maka tubuh lebih kebal terhadap serangan banyak sekali penyakit. Zat besi juga diharapkan dalam proses produksi enzim penting menyerupai katalase dan lainnya.

2. Mendukung Kinerja Organ Tubuh
Zat besi memegang tugas kunci dalam distribusi oksigen ke seluruh jaringan tubuh, sehingga seluruh organ tubuh dapat berfungsi dengan baik dan normal.

3. Mencegah Anemia
Asupan zat besi diharapkan untuk membentuk hemoglobin, sehingga sel darah merah dapat dibuat. Jumlah sel darah merah yang mencukupi akan mencegah risiko anemia. Baca: 19 Makanan Penambah Darah Untuk Mengobati Anemia.

4. Mengatur suhu tubuh
Suhu tubuh akan terkontrol dengan adanya mineral yang satu ini. Fungsi otot juga akan terjaga dengan asupan zat besi yang memadai, sebab kebutuhan oksigen tercukupi.

5. Menjaga Sistem Saraf

Zat besi juga memiliki andil dalam pembentukan serotonin dan neurotransmitter esensial. Dengan adanya mineral ini maka fungsi otak dan saraf akan berjalan dengan optimal.

6. Meningkatkan Metabolisme
Metabolisme yang sehat didukung oleh kerja enzim di dalam tubuh. Proses pembentukan enzim ini melibatkan tugas zat besi yang sangat signifikan.

7. Menjaga kesehatan ibu hamil
Salah satu syarat bagi janin untuk tumbuh sehat yaitu asupan zat besi yang memadai. Dengan asupan mineral ini akan mencegah cacat pada bayi ketika lahir. Syarat ini juga harus dipenuhi oleh ibu hamil.

Akibat Kekurangan Zat Besi

Defisiensi zat besi dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Dua per tiga adegan hemoglobin terdiri dari zat besi.

Kekurangan mineral ini memicu tubuh untuk menghabiskan semua simpanan, sehingga jumlah hemoglobin dalam darah tidak terpenuhi. Faktor penyebab dilema ini menyerupai kerusakan pada ginjal, haid dengan pendarahan hebat, kekurangan vitamin A, atau gangguan pada sistem cerna.

Kebutuhan harian untuk zat besi yang memadai pada pria yaitu 8,7 mg, sedangkan wanita membutuhkan asupan lebih banyak sekitar 14,8 mg per hari. Kebutuhan harian akan meningkat bila melaksanakan kegiatan berat atau bagi wanita yang mengalami menstruasi.

Gejala Kekurangan zat besi

  • Nafas menjadi pendek.
  • Nyeri pada dada, kepala, dan kaki.
  • Lidah dan rongga verbal terasa kering.
Sebagian kasus defisiensi menyebabkan penderita ingin makan tanah liat atau kapur tulis. Sebagian pasien memiliki bentuk kuku yang membulat di tengah.

Kebanyakan Zat Besi

Asupan zat besi berlebih dalam tubuh dapat menjadikan gangguan pada hati dan jantung. Gejala awal yang sering muncul menyerupai rasa nyeri pada sendi. Keracunan zat besi sering menimbulkan gejala menyerupai di bawah ini:

  • Energi tubuh menurun.
  • Gangguan pada jantung.
  • Kerusakan pada pankreas dan hati.
Penanganan terhadap keracunan ini biasanya dilakukan dengan menghentikan asupan zat besi untuk sementara. Pada kondisi tertentu pasien diharuskan untuk basuh darah atau menggunakan obat tertentu yang bisa membuang zat besi berlebih dalam darah.

Demikian manfaat zat besi bagi tubuh. Mineral ini harus dikonsumsi dalam jumlah yang proporsional. Pelajari juga: 5 Manfaat Vitamin B12 Bagi Kesehatan Tubuh. Makanan yang kaya akan zat besi menyerupai telur, sereal, bayam, kangkung, jagung, daging sapi, ikan, dan lainnya

foto via newsnish.com



Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "7 Fungsi Zat Besi Bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel