-->

13 Cara Menyembuhkan Flu Dan Pilek Secara Alami

Hidung tersumbat dan tenggorokan merasa gatal tentu membuat seseorang merasa tidak nyaman. Influensa atau flu merupakan gangguan pernafasan yang disebabkan oleh bisul virus. Gangguan yang sering terjadi pada tenggorokan dan hidung, juga paru-paru pada sebagian kasus flu.

13 Cara Menyembuhkan Flu Dan Pilek Secara Alami
Virus influenza mudah menyebar melalui kontak langsung, bersin, dan menggunakan alat makan secara bergantian.

Perbedaan antara pilek dengan flu dapat diketahui dari gejala yang muncul. Pilek memiliki gejala yang lebih ringan dari flu.

Penyebab pilek ialah ratusan kuman dan virus, sedangkan bisul virus RNA menimbulkan flu. Keduanya ialah cara badan kita untuk mengeluarkan racun dari tubuh.


13 Cara Menyembuhkan Flu Dan Pilek Secara Alami


Agar dilema pada terusan nafas ini dapat sembuh lebih cepat, ada beberapa cara alami untuk mengatasinya. Lakukan tips di bawah ini:

1. Terapi Uap

Metode tradisional ini efektif dalam mengatasi flu. Pertama, tuangkan air panas ke dalam bejana besar. Tambahkan potongan kunyit, jahe, dan minyak kayu putih. Posisikan diri Anda sehingga uap air mengenai wajah.


2. Perbanyak Minum Air

Dengan minum banyak air minimal 8 gelas akan membilas tenggorokan dari kuman penyebab flu.

3. Perbanyak istirahat

Ketika Anda mengalami kelelahan maka daya tahan badan menurun sehingga flu atau pilek mudah menyerang. Saat gejala awal influenza menyerang, lakukan istirahat secara total dan jangan melaksanakan acara berat untuk mengembalikan sistem kekebalan tubuh.

4. Minum Air Hangat

Minuman hangat akan membantu untuk mengencerkan dahak, meredakan hidung tersumbat, dan melegakan tenggorokan.

5. Banyak makan Buah-buahan dan Sayuran

Makanan yang mengandung banyak sekali vitamin dan mineral diharapkan untuk memulihkan stamina badan dan memperbaiki sistem imunitas tubuh.

6. Berkumur Dengan Air Hangat

Cara ini bertujuan untuk membersihkan mulut, sehingga kuman penyebab pilek tidak masuk ke dalam tenggorokan. Campur air hangat dengan cuka apel, garam, jahe, dan kunyit.

7. Gunakan Bawang Merah

Rempah ini memiliki aroma khas yang bisa mengatasi flu. Aroma bawang merah berkhasiat sebagai katalis dalam pengeluaran cairan dahak atau lendir dari hidung. Cukup dengan menghirup aromanya selama 5 menit, ulangi beberapa kali dalam sehari untuk meredakan gejala pilek. Baca: 13 Manfaat Kesehatan Di Balik Pedasnya Bawang Merah.

8. Gunakan Aroma Mint

Aroma mint dapat digunakan untuk meredakan flu dan pilek. Cukup dengan mengoleskan minyak kayu putih pada tenggorokan dan sekitar hidung.

9. Makan Cabai

Cabe mengandung senyawa capsaicin yang efektif untuk membersihkan rongga hidung. Dengan mengkonsumsi makanan pedas dapat meringankan gejala flu, namun hindari porsi berlebihan.

10. Mandi dengan Air Hangat

Jaga kondisi badan dikala pilek menyerang, dengan mandi menggunakan air hangat.

11. Bersihkan lendir pada hidung

Jangan biarkan cairan dahak atau lendir menyumbat hidung Anda. Jaga hidung tetap bersih semoga kuman tidak menetap.

12. Kayu manis

Seduh ¼ sdm bubuk kayu manis ke dalam segelas air hangat, tambahkan 1 sdm madu murni. Minum obat alami ini dengan rutin setiap hari.

13. Gunakan bantal yang lebih tebal

Tidur dengan menggunakan bantal tinggi akan membantu untuk melegakan rongga hidung dan sakit kepala. Cara ini bermanfaat untuk melonggarkan pernafasan dan mencegah tidur tidak nyaman.


Tips mencegah flu dan pilek



  • Jaga jarak dengan penderita.
  • Hindari penggunaan alat minum secara bergantian.
  • Cuci tangan dengan sabun kesehatan.
  • Tutup lisan Anda ketika bersin.
  • Olahraga secara teratur setiap hari.
  • Tidur malam tidak kurang dari 7 jam.
  • Hindari stres dan depresi untuk menjaga kekebalan tubuh.

Itulah 13 Cara Menyembuhkan Flu atau Pilek Secara Alami. Penting: 11 Makanan Super Yang Menguatkan Imunitas Tubuh. Gaya hidup sehat akan membuat seseorang lebih kebal terhadap banyak sekali serangan virus dan bakteri. Hindari begadang dan kebiasaan buruk lainnya.

foto via media2.onsugar.com


Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "13 Cara Menyembuhkan Flu Dan Pilek Secara Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel