-->

13 Manfaat Daun Oregano Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Daun oregano merupakan tanaman obat yang umumnya digunakan sebagai bumbu kuliner di Italia, Spanyol, Mediterania, dan negara Eropa lainnya. Daun oregano sering digunakan sebagai tanaman hias, yang gotong royong memiliki segudang manfaat kesehatan. Apa saja manfaat daun oregano untuk badan kita?

13 Manfaat Daun Oregano Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Banyak orang mengetahui bahwa daun oregano sering ditambahkan pada pizza atau spaghetti. Tanaman herbal ini juga sering dimasak bersama sup, atau kuliner lain. Anda mungkin juga sering menemukan daun ini pada daging panggang dan lainnya. Bahkan, tidak jarang daun oregano diseduh bersama air panas sebagai minuman teh.

Fakta Nutrisi dalam Daun Oregano

Sejumlah nutrisi penting yang terdapat di dalam daun oregano (Pot Marjoram) ibarat kalsium, mangan, zat besi, vitamin A, vitamin K, dan serat. Di dalam daun ini juga terkandung senyawa penting ibarat carvacrol, asam rosmarinic, dan thymol


13 Manfaat Daun Oregano Bagi Kesehatan dan Kecantikan


Bukan hanya sebagai penyedap kuliner yang memiliki rasa tajam dan unik, ternyata daun oregano memiliki khasiat untuk mengobati sejumlah penyakit. Berikut ini ialah manfaat daun oregano yang luar biasa bagi badan kita:

1. Melawan radikal bebas

Daun oregano kaya akan thymol dan asam rosmarinic, di mana keduanya memiliki sifat antioksidan besar lengan berkuasa yang bisa mengurangi stres oksidatif di dalam tubuh. Stres oksidatif ialah kondisi di mana radikal bebas berlebih di dalam tubuh, sehingga badan tidak dapat menetralkannya. Stress oksidatif dapat menimbulkan kerusakan sel-sel dan DNA akhir produksi peroksida yang berlebihan.

2. Menguatkan imunitas

Daun oregano dilengkapi dengan vitamin A dan mangan, dimana keduanya bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan konsumsi daun ini, dapat memulihkan energi badan dan mencegah kelelahan kronis. Baca juga: 18 Penyebab Tubuh Mudah Lelah dan Solusinya.

3. Meredakan nyeri menstruasi

Zat tertentu di dalam daun oregano diyakini sebagai obat alami bagi wanita yang mengalami nyeri dikala haid. Manfaat ini akan diperoleh jikalau anda mengkonsumsi daunnya sebelum rasa sakit menyerang.


4. Melancarkan pencernaan

Meskipun ukurannya sangat kecil, daun oregano kaya akan serat pangan yang berkhasiat untuk melancarkan sistem cerna. Di samping itu, senyawa penting ibarat carvacrol dan thymol yang ada di dalam daun ini baik untuk pencernaan serta mencegah sembelit.

5. Meredakan demam

Minyak oregano memiliki sifat penyembuh alami. Kini anda dapat membeli minyak oregano yang telah beredar di banyak tempat. Campur dengan air secukupnya, dikala mengkonsumsi minyak alami ini.

6. Membersihkan racun dalam hati

Daun oregano juga diperkaya dengan senyawa esensial ibarat kalsium, mangan, vitamin K, zat besi, serat, dan sejumlah senyawa organik lainnya. Semua nutrisi ini berperan sebagai detoksifikasi tubuh, dan berkhasiat untuk mengeluarkan racun dari hati.


13 Manfaat Daun Oregano Bagi Kesehatan dan Kecantikan
7. Baik untuk kesehatan jantung

Oregano memiliki asam lemak omega-3 yang diketahui berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Omega 3 berkhasiat untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, dan mencegah inflamasi pada sistem kardiovaskular. Sehingga anda terhindar dari risiko penyakit jantung, aterosklerosis, dan stroke. Manfaat ini dikuatkan dengan adanya antioksidan di dalam daun ini.

8. Menyehatkan usus

Senyawa carvacrol dan timol yang terdapat di dalam daun oregano, memiliki sifat anti basil yang efektif dalam melawan basil patogen yang menyerang usus, kulit dan lainnya.

9. Mengobati sariawan dan luka

Daun oregano mengandung thymol yang memiliki sifat anti basil dan anti jamur, sehingga bisa untuk mengobati infeksi kulit. Oleskan daun oregano yang telah ditumbuk, pada kulit yang bermasalah. Obat luar ini dapat mengatasi sariawan, luka, bisul, dan sebagainya.

10. Mengatasi sulit tidur

Teh yang terbuat dari daun oregano juga berkhasiat untuk mengatasi gangguan tidur, ibarat insomnia. Teh herbal ini dapat menenangkan saraf dan membuat suasana hati menjadi lebih rileks sehingga terhindar dari stres.

11. Mencegah kanker

Disebabkan oleh adanya antioksidan besar lengan berkuasa di dalamnya, oregano merupakan makanan yang bisa mencegah aneka macam jenis kanker.


Manfaat Daun Oregano Untuk Kecantikan Kulit


12. Mencegah penuaan dini

Teh oregano kaya antioksidan yang berkhasiat untuk mencegah kerusakan sel dan munculnya tanda penuaan dini. Simak juga: 19 Kebiasaan Buruk yang Membuat Cepat Tua!

13. Menghilangkan jerawat

Untuk mengobati jerawat, cukup aplikasikan daun oregano yang telah dilumatkan pada kulit yang timbul jerawat.

Nah, itulah 13 manfaat daun oregano bagi kesehatan dan kecantikan. Jadi, selain lezat sebagai bumbu masakan, ternyata banyak manfaat kesehatan diperoleh dari tanaman ini.


Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "13 Manfaat Daun Oregano Bagi Kesehatan dan Kecantikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel